Brilio.net - Bulan suci Ramadhan menjadi salah satu momen yang ditunggu bagi umat muslim. Selain memberikan banyak keberkahan, momen bulan Ramadhan juga membuka banyak peluang ibadah yang menjanjikan pahala yang berlipatganda. Mulai dari menjalankan puasa dari waktu subuh hingga maghrib, bersedekah, mengaji, sampai dengan pahala dalam menjalankan sholat tarawih.

Sholat tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang dikerjakan setelah menjalankan sholat Isya selama bulan Ramadhan. Sholat yang pada umumnya dikerjakan secara berjamaah di masjid ini hanya kita rasakan selama bulan suci Ramadhan saja.

Meski bersifat sunnah, namun jika dilakukan akan memberikan banyak manfaat untuk kehidupan di dunia dan akhirat. Maka akan sayang jika kamu melewatkan ibadah ini.

Berbeda dari sholat fardhu, sholat tarawih memiliki tata cara tersendiri dalam melaksanakannya. Baik saat dilakukan berjamaah ataupun sendirian.

Ya, jika tidak bisa berjamaah di masjid, kamu bisa melakukannya di rumah. Maka sebaiknya pahami bagaimana tata cara ketika melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah maupun sendirian. Pasalnya, ada beberapa keutamaan yang bisa kamu dapatkan dari ibadah ini.

Simak uraian selengkapnya dalam brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (12/4).

Niat sholat tarawih.

Tata cara sholat tarawih berjamaah, sendiri, dzikir dan keutamaannya © freepik.com

foto: freepik.com

Niat menjadi langkah awal dalam melakukan segala hal. Dari niat yang baik akan menghasilkan nilai yang baik pula.

Begitu juga dalam melaksanakan ibadah sholat tarawih, selain menanamkan niat di hati, kamu juga bisa melafalkan bacaan niat sebelum melakukannya.

Bacaan niat sholat tarawih berjamaah.

"USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALAA."

Artinya:
"Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

Niat sholat tarawih sebagai imam.

Menjadi seorang imam, maka kamu menjadi pemimpin dalam jamaahmu. Maka ketika kamu diminta menjadi imam dalam menjalankan sholat tarawih, kamu bisa membaca niat sebagai berikut.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'ALAA.

Artinya:
"Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala."

Niat sholat tarawih sendiri.

Ketika kamu harus menjalankan ibadah sholat tarawih sendiri, maka niat yang kamu bacakan akan berbeda ketika berjamaah. Berikut niat sholat tarawih sendiri yang bisa kamu lakukan.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA.

Artinya:
Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

Bacalah niat sholat tarawih di atas dalam hati bersamaan dengan takbir pertama yang menandai dimulainya ibadah sholat.

Niat sholat tarawih 4 rakaat.

Sebagian orang melakukan sholat tarawih sebanyak 4 rakaat dengan 1 kali salam. Dalil untuk jumlah rakaat ini berasal dari perkataan Aisyah radhiyallahu 'anha.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan sholat 4 rakaat, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya. Kemudian beliau melaksanakan sholat 4 rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya."

Pernyataan ini memiliki kemungkinan 4 rakaat dilakukan sekaligus dengan 1 salam atau bisa juga 4 rakaat yang dilaksanakan dengan 2 rakaat sebanyak 2 kali.

Menurut Imam Syafii, penafsiran pertama termasuk zhahir (umum), tetapi Rasulullah SAW sudah memberikan pernyataan langsung mengenai sholat malam.

"Sholat malam adalah dua rakaat dua rakaat."

Karena sholat tarawih termasuk ibadah sholat malam yang diperkuat dengan hadits qauliy (perkataan Nabi), maka penafsiran sholat tarawih 4 rakaat yang dikerjakan 2 rakaat 2 rakaat lebih kuat dasar hukumnya.

Meski begitu, jika ada pihak yang menganggap sholat tarawih 4 rakaat dengan 1 kali salam, sah dan tidak perlu dijadikan perdebatan. Ibadah akan kembali pada keimanan masing-masing individu.

Niat sholat witir.

Tata cara sholat tarawih berjamaah, sendiri, dzikir dan keutamaannya © freepik.com

foto: freepik.com

Selesai melaksanakan tarawih, ada rangkaian sholat witir yang memiliki jumlah rakaat ganjil. Niat sholat witir bervariasi, umumnya 1 rakaat atau 3 rakaat. Berikut bacaan yang bisa kamu lafalkan.

Niat sholat witir 1 rakaat salam.

Untuk kamu yang ingin mengerjakan sholat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat sholat yang bisa dilafalkan.

Ushallii sunnatal witri rok'atan mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman/imaman) lillaahi ta'alaa.

Artinya:
"Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap qiblat menjadi (ma'muman/imaman) karena Allah ta'alaa."

Niat sholat witir 3 rakaat 1 kali salam.

Berikut ini bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam.

Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman/imaman) lillaahi ta'alaa.

Artinya:
"Saya berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat menjadi (ma'muman/imaman) karena Allah ta'alaa".

Tata cara melaksanakan sholat tarawih.

Tata cara sholat tarawih berjamaah, sendiri, dzikir dan keutamaannya © freepik.com

foto: freepik.com

Setelah memahami niat dalam melaksanakan sholat tarawih, selanjutnya kamu bisa melaksanakan sholat tarawih dengan urutan sebagai berikut.

1. Mengucap niat sholat tarawih.
2. Niat di dalam hati saat takbiratul ihram.
3. Mengucap takbir saat takbiratul ihram sambil niat di dalam hati.
4. Membaca ta'awuz dan surah Al-Fatihah, kemudian diikuti salah satu surah dalam Alquran.
5. Rukuk.
6. I'tidal.
7. Sujud pertama.
8. Duduk di antara dua sujud.
9. Bangkit dari duduk, kemudian mengerjakan rakaat yang kedua dengan gerakan yang sama.
10. Salam pada rakaat kedua.
11. Istighfar.

Setelah selesai menjalankan sholat tarawih, maka silahkan melanjutkan sholat witir 3 rakaat yang diikuti 1 salam.

Bacaan dzikir setelah sholat.

Tata cara sholat tarawih berjamaah, sendiri, dzikir dan keutamaannya © freepik.com

foto: freepik.com

a. Membaca istighfar.

"Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih." (3x)

Artinya:
"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

b. Membaca kalimat tauhid.

"Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir.

Allahumma laa maani'a limaa a'thoyta wa laa mu'thiya limaa mana'ta wa laa yanfa'u dzal jaddi minkal jaddu."

Artinya:
"Tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemulian itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya yang menyelamatkan dari siksaan). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan."

c. Doa memohon perlindungan dari siksa neraka.

Baca doa berikut ini sebanyak tiga kali.

"Allahumma ajirni minan-naar."

Artinya:
"Ya Allah lindungilah aku dari api neraka"

d. Membaca doa keselamatan.

"Allahumma antassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam."

Artinya:
"Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik."

Keutamaan sholat tarawih.

Tata cara sholat tarawih berjamaah, sendiri, dzikir dan keutamaannya © freepik.com

foto: freepik.com

Melaksanakan sholat tarawih akan memberikanmu banyak manfaat. Pasalnya ada keutamaan yang diberikan dari sholat sunah ini. Nah simak yuk apa saja keutamaan dari sholat tarawih dalam ulasan berikut ini.

1. Pengampunan dosa.

Salah satu keutamaan sholat tarawih adalah diampuni dosa-dosanya, sebagai sabda Rasulullah dalam hadits:

"Sungguh, Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan Allah puasanya dan kusunnahkan shalat malamnya. Maka barang siapa menjalankan puasa dan shalat malam pada bulan itu karena iman dan mengharap pahala, niscaya bebas dari dosa-dosa seperti saat ketika dilahirkan ibunya."

Kemudian dalam riwayat lain disebutkan:

"Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR Bukhari Muslim)

Dalam hadits lain yang diriwayatkan Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

Dalam hadits tersebut, An Nawawi menjelaskan bahwa yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah sholat tarawih. Sedangkan yang dimaksudkan dengan diampuni dosanya adalah dosa yang kecil maupun dosa besar.

2. Seperti qiyamul lail semalam penuh.

Inilah salah satu keistimewaan dari sholat tarawih yang sayang untuk dilewatkan. Jika dilakukan berjamaah dan bersama imam, maka akan mendapatkan pahala sholat qiyamul lail satu malam penuh, sebagaimana dalam hadits:

Dari Abu Dzar, Nabi SAW pernah mengumpul kan keluarga dan para sahabatnya, lalu bersabda "Siapa yang sholat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh" (HR Ahmad)

Disebutkan pula dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi:

"Sesungguhnya siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk (semalam penuh)." (HR Tirmidzi)

Selain itu, melaksanakan sholat berjamaah sudah memiliki keutamaan yakni lebih utama 27 derajat dari sholat sendiri sebagaimana dalam hadits:

"Sholat berjamaah lebih utama dibanding sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat." (HR Bukhari)

3. Mempererat silaturahmi.

Menjalankan sholat tarawih sekaligus membuka kesempatan dalam menyambung persaudaraan. Dalam hadits dijelaskan bagaimana konsep silaturahmi dalam Islam.

"Seorang yang menyambung silaturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silaturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain." (HR Bukhari)

4. Menyehatkan jasmani dan rohani.

Sholat tarawih juga bisa menyehatkan jasmani dan rohani. Kesehatan rohani adalah mempertebal keimanan dan beberapa keutamaan yang telah disebutkan di atas.

Sedangkan dari kesehatan jasmani, beberapa manfaatnya yaitu menyehatkan tulang dan persendian, menurunkan kadar gula darah dan membakar kalori, meningkatkan fungsi otak, dan menghilangkan stres.