false
  1. Home
  2. ยป
  3. Creator
5 Maret 2020 15:15

7 Faktor ini bisa menyebabkanmu memiliki panjang kaki yang berbeda

Mungkin ada banyak orang yang tidak menyadari penyebab mereka memiliki kaki dengan panjang yang berbeda. Peter Asher
Foto: Phil Riley dari Pixabay

Meskipun jarang terjadi, sangat mungkin seseorang memiliki panjang kaki yang berbeda.Selain bawaan sejak lahir, ada beberapa faktor yang terkadang sulit untuk dideteksi saat mereka tumbuh dewasa.Banyak orang memiliki masalah ini karena beberapa insiden yang jarang diketahui.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang memungkinkan seseorang memiliki panjang kaki berbeda.


1. Cedera tulang.

Patah kaki dapatmenyebabkan pertumbuhanke arah yang berbeda, terutama jika pecah di beberapa bagian atau jika jaringan otot yang dirugikan.Patah tulang tidak selalu membuat tulang pendek, ada kalanya proses penyembuhan malah membuat tulang tumbuh besar secara tidak normal.

2. Cedera terkait olahraga.

Anak-anak dapat mengalami risiko terhambatnya pertumbuhan anggota tubuh saat berolahraga.Anak-anak memiliki lempeng pertumbuhan yang menjadi tulang padat setelah mereka mencapai usia dewasa.Olahraga seperti sepak bola dan permainan rekreasi sederhana seperti skateboard dan ski bisa sangat berisiko.

3. Penggunaan ekstremitas yang berlebihan.

Saat bermain olahraga, menggunakan lengan dan kaki secara berlebihan dapat membuat stres kronis pada anggota tubuhmu.Melakukan gerakan dengan lengandapat menyebabkan 'Little League Shoulder',yaitu kondisi cedera berlebihan yang disebabkan oleh tekanan pada tulang lengan (humerus) terdekat dengan bahu.Stres menyebabkan pelebaran pelat pertumbuhan, mengakibatkan pembengkakan, dan rasa sakit di bahu.

4. Jatuh.

Kecelakaan umum seperti jatuh atau tabrakan dapat berdampak pada tulang dengan cara yang berbeda.Kondisi ini dapat melukai pelat pertumbuhan tulang pada anak-anak.Kecelakaan juga dapat melukai sumsum tulang belakang seseorang, yang dengan sendirinya dapat menyebabkan keropos tulang yang parah.

5. Aktivitas berisiko.

Banyak kegiatan masa kecil yang umum, bahkan kegiatan seperti melompat di atas karet atau trampolin bisa lebih berisiko daripada yang disadari.Permainan trampolin bisa menyebabkan jatuh, patah tulang, dan bahkan cedera tulang belakang yang serius.Selalu pastikan kegiatan anak-anakmu aman dan diawasi dengan baik.

6. Postur tubuh tidak rata.

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa postur yang buruk dapat menyebabkan kakimu tidak rata, tetapi hal tersebut hanya dalam penampilan.Terlepas dari kepercayaan di kalangan umum, postur yang tidak rata hanya dapat menyebabkan skoliosis postural yang sebenarnya tidak melukai atau merusak tulang seseorang.Kondisi ini sepenuhnya dapat dibalikkan dengan latihan dan olahraga yang tepat.

7. Penyakit.

Ada banyak kondisi dan penyakit yang memengaruhi pertumbuhan tulang, seperti tumor yang bisa tumbuh di lempeng tulang atau pertumbuhan tulang rawan pada tulang.Bahkan penyakit yang berdampak pada sistem saraf dapat menghambat pertumbuhan tulang.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags