1. Home
  2. ยป
  3. Creator
19 September 2018 20:48

8 Hal yang perlu kamu perhatikan dalam merawat sukulen

Sukulen untuk dekorasi hidup rumahmu! Reny Hardianti

Ketika ruang untuk berkebun semakin sempit, memelihara sukulen dapat dijadikan opsi untuk menghadirkan kesan natural di rumah. Sukulen merupakan tanaman yang mungil dan cantik, sehingga dapat dijadikan dekorasi hidup. Tapi sebelum itu perhatikan beberapa cara merawat sukulen berikut agar tanamanmu tumbuh dengan baik.


1. Pastikan sukulen mendapat cahaya yang cukup.
Sukulen menyukai cahaya dan rata-rata membutuhkan sekitar enam jam matahari per hari. Sukulen yang baru ditanam dapat hangus di bawah sinar matahari langsung, jadi perlu secara bertahap memperkenalkannya pada paparan sinar matahari penuh atau memberikan keteduhan dengan tirai tipis.

2. Lakukan rotasi pada penempatan sukulen.
Sukulen menyukai sinar matahari langsung, tetapi buti dirotasi agar tidak hanya satu sisi yang mendapatkan cukup cahaya. Sukulen akan tumbuh condong ke arah matahari, sehingga memutar mereka akan membantu mereka berdiri tegak.

3. Perhatikan kebutuhan air menurut musim.
Sama seperti kita, sukulen membutuhkan lebih banyak energi ketika sedang dalam masa pertumbuhan. Selama musim kemarau, tanaman tumbuh subur dan meminum lebih banyak air daripada ketika mereka beristirahat di musim hujan.

4. Air tanah langsung.
Cara menyiram sukulen yaitu dengan merendam pot dalam wadah air besar hingga bagian atas tanah lembab, lalu diangkat. Jangan gunakan botol semprot untuk menyirami sukulen karena gerimis dapat menyebabkan akar rapuh dan daun berjamur.

5. Jaga kebersihan sukulen.
Tidak dapat dipungkiri, tanaman dalam ruangan lambat laun akan berdebu sehingga dapat menghambat pertumbuhan mereka. Bersihkan dedaunan dan duri kuas lembut untuk mendapatkan titik-titik yang sulit dijangkau.

6. Pilih pot dengan lubang drainase.
Sukulen tidak suka tanah yang tergenang air, jadi drainase penting untuk mencegah tanaman membusuk. Pot harus memiliki lubang drainase untuk memungkinkan air berlebih keluar.

7. Pembasmian hama.
Sukulen yang diletakkan di dalam ruang seharusnya aman dari hama. Namun tidak ada salahnya melakukan tindakan pencegahan. Semprot sukulen menggunakan alkohol 70% secukupnya dan dengan hati-hati.

8. Pemberian pupuk.
Sukulen tidak membutuhkan banyak pupuk, tetapi mereka dapat diberi pupuk ringan selama musim kemarau. Berhati-hatilah untuk tidak memberinya pupuk terlalu banyak yang dapat menyebabkan sukulen tumbuh terlalu cepat dan menjadi lemah.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags