1. Home
  2. ยป
  3. Creator
13 September 2017 10:22

Ikan ini mampu hidup puluhan tahun tanpa air

Sulit rasanya diterima dengan logika kita bagaimana seekor ikan bisa hidup tanpa air? Creator

Sejatinya Ikan merupakan hewan habitat air, artinya pada umumnya tinggal dan hidup di dalam air. Tanpa air ikan tidak akan mampu bertahan hidup. Hanya beberapa jenis ikan saja yang mampu bertahan di daerah-daerah ekstrim tertentu seperti lumpur dan daerah bersalju.

Namun, pernahkah Anda berfikir bagaimana jadinya jika ada ikan yang ternyata memiliki habitat di daratan dan bisa bertahan hidup di daerah yang paling kering atau tandus sekalipun.


Sulit rasanya diterima dengan logika kita bagaimana seekor ikan bisa hidup tanpa air? Namun fakta berkata lain bahwa ternyata ada ikan yang bisa hidup di darat, bahkan dalam kurun waktu yang lama mencapai hitungan tahun.

Yap, ini dia ikan yang diberi nama Lungfish, juga dikenal sebagai ikan salamander, adalah jenis ikan air tawar terkenal karena kemampuannya untuk hidup di darat, tanpa air, selama berbulan-bulan, dan terkadang bahkan bertahun-tahun. Ikan ini memiliki sistem pernapasan yang sangat berkembang yang dapat mengambil oksigen langsung dari udara, seperti yang hewan darat lakukan. Lungfish hanya dapat Anda temukan di Afrika, Amerika Selatan dan Australia.

Seperti yang dikutip dari laman arah.com, Rabu (02/08/2017), Ikan jenis Lungfish ini mampu mengerong masuk ke dalam tanah. Apa yang terjadi pada ikan ini adalah bukti bahwa Allah Maha besar dengan segala kuasa-Nya. Yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Lungfish memiliki tubuh memanjang, seperti belut, dengan dada seperti benang dan sirip perut yang mereka gunakan untuk berenang dan merangkak di sepanjang bagian dasar air.

Ketika musim kemarau datang, ikan ini akan berenang jauh ke lumpur, menggali untuk membuat jalan dengan mengambil lumpur ke dalam mulutnya dan memaksanya keluar melalui insang. Setelah mencapai kedalaman yang menurutnya nyaman, ia akan berhenti menggali dan mengeluarkan lendir yang keluar dari kulitnya, dan akan mengeras membentuk kepompong sebagai pelindung tubuhnya.

Kemampuan bertahan hidup Lungfish ini sangat luar biasa, Ikan Lungfish ini mampu bertahan hidup selama bertahun-tahun, meski berada di tempat yang kering tanpa air dan makanan yang seadanya, selama kepompongnya masih terjaga kelembapannya.

(brl/tis)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags