1. Home
  2. ยป
  3. Creator
26 Maret 2019 10:01

Ini 10 manfaat lidah buaya dan nutrisi yang terkandung di dalamnya

Lidah buaya merupakan tanaman dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Prihatin Thepein

Aloe vera atau yang kita kenal sebagai lidah buaya dikenal dengan berbagai nama yang berbeda seperti gaharu medis, tanaman bakar, bunga bakung, makanan penutup, dan empedu gajah. Berasal dari keluarga succulents, lidah buaya diyakini sudah lebih dari 6000 tahun yang lalu di negara Sudan.

Tanaman ini tumbuh secara alami di daerah beriklim kering dan hangat seperti di negara-negara Afrika, India, Timur Tengah, Asia seperti Indonesia, dan masih banyak lagi dijumpai. Lidah buaya telah digunakan sebagai tanaman obat selama ratusan tahun di berbagai negara seperti Yunani, Mesir, Cina, Filipina, Jepang, dan banyak negara yang lain. Berikut ini berbagai manfaat kesehatan yang bisa diambil dari tanaman lidah buaya.


1. Membantu sistem pencernaan.

Mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur akan menjaga kesehatan pencernaan kamu karena mineralnya membantu memperlancar organ pencernaan untuk bekerja secara optimal. Lidah buaya digunakan untuk menghaluskan dan mebersihkan saluran pencernaan dan membantu meningkatkan pencernaan. Lidah buaya membantu mengatur siklus pembuanganmu dengan berbagai cara yang mungkin kamu perlukan.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya terbukti memiliki sifat anti-parasit dan anti-mikroba. Itu dianggap sebagai pencahar pada parasit karena berbagai kandungan nutrisi dan komponen yang terdapat dalam lidah buaya. Jadi jika kamu memiliki masalah dalam buang air besar, diare, atau parasit dalam usus, lidah buaya dapat membantu kamu menyingkirkan masalah kamu. Lidah buaya mengandung komponen dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan usus.

2. Penyembuhan luka.

Lidah buaya telah digunakan oleh dokter kuno, terutama Cina, dalam mengobati berbagai macam penyakit. Lidah buaya telah lama digunakan untuk pengobatan luka bakar, termasuk terbakar sinar matahari. Pada tahun 1959, Badan Obat Federal Amerika Serikat menyetujui lidah buaya sebagai obat bebas atau obat alami untuk luka bakar kulit untuk tingkat pertama dan kedua. Berbagai penelitian tentang lidah buaya telah menemukan bahwaa aplikasi lidah buaya pada luka dapat mempercepat proses penyembuhan selama 9 hari, lebih tinggi daripada obat konvensional lainnya.

3. Mencegah penumpukan plak gigi.

Bagi kamu yang mempunyai pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk bertemu, berkomunikasi dengan orang lain, atau sedang berhadapan dengan bos, tentu kamu akan memperhatikan setiap aspek penampilan, bukan hanya dari luar, tapi dari dalam. Termasuk plak gigi. Kebersihan mulut yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai penyakit gigi dan gusi. Mengurangi penumpukan plak gigi adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah hal itu. Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya mampu meningkatkan kesehatan mulut yang baik dan mencegah penumpukan plak pada gigimu, cobalah dan rasakan.

4. Mengobati sembelit.

Lidah buaya sering dipercaya oleh generasi yang lebih tua untuk melawan sembelit. Barbaloin ditemukan sebagian besar di daun lidah buaya yang masih muda. Barbaloin telah ditemukan oleh para peneliti untuk membantu meringankan fungsi ekresi sistem pencernaan. Barbaloin juga dikenal sebagai aloin yang memiliki sifat obat pencahar alami yang mempunyai kemampuan untuk membantu otot-otot usus berkontraksi sehingga menghasilkan pergerakan usus yang lebih luas. Jadi dika kamu mengalami sembelit atau kesulitan mengeluarkan kotoran, barbaloin atau aloin yang dapat diekstrasi dari daun lidah buaya yang lebih mudah untuk dapat menjadi perawatan yang bermanfaat dan efektif.

5. Mencegah keriput dan penuaan dini.

Salah satu penyebab utama mengapa kulit mengalami penuaan dengan cepat adalah karena jatuhnya elastisitas sel dan serat kulit. Salah satu alasan adalah karena kurangnya kolagen dan kelembapan di kulit. Untungnya, penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki khasiat untuk membantu mencegah timbulnya penuaan dini pada kulit. Ada bukti yang menunjukkan bahwa lidah buaya yang dioleskan ke kulit dapat memperlambat penuaan dini.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Soyun Cho pada tahun 2009, 30 wanita yang berusia 45 tahun ke atas diminta untuk mengoleskan gel lidah buaya pada kulit mereka. Setelah percobaan selama 90 hari, terlihat bahwa gel lidah buaya meningkatkan produksi kolagen kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Dan hal ini menghasilkan kulit yang terlihat lebih muda dan lebih sedikit keriput.

6. Menurunkan gula darah dan mencegah diabetes.

Lidah buaya telah digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit dalam waktu yang sangat lama. Masyarakat adat percaya bahwa lidah buaya dapat menakuti roh jahat yang tinggal dalam tubuh manusia dan menyembuhkan orang yang terserang berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit tersebut adalah diabetes yang mematikan. Diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin dan pada saat yang sama meningkatkan kadar gula darah yang mengalir dalam aliran darah. Beberapa jenis penelitian telah menunjuukan bahwa mengkonsumsi suplemen lidah buaya telah membantu menggunakan insulin pada saat yang sama yaitu meningkatkan kadar gula darah dalam aliran darah.

7. Menjaga kekebalan tubuh.

Minuman yang terbuat dari jus lidah buaya memiliki komponen detoksifikasi alami yang secara efektif membersihkan sistem peredaran darah dan pencernaan. Lidah buaya mampu mempercepat tingkat penyerapan nutrisi oleh tubuh, menghasilkan sirkulasi darah yang lebih baik,dan juga meningkatkan tingkat nutrisi tubuh di dalam sel. Lidah buaya mampu menetralkan bakteri berbahaya dengan menggunakan kompnen antibakterinya juga membantu melindungi tubuh oleh faktor lingkungan lain seperti stres, polusi, dan lain-lain. Mencegah infeksi yang menyerang pada tubuh kita.

8. Mencegah kanker payudara.

Kanker payudara adalah sejenis kanker ganas yang berasal dari sel payudara. Di tahun 2012 yang lalu, 1,7 juta wanita di seluruh dunia telah terjangkit penyakit mematikan ini. Lidah buaya telah dikatakan mengurangi kemungkinan kanker payudara. Adanya emodin dan resin pencahar yang ada dalam kandungan lidah buaya mampu mengurangi kanker payudara.

9. Mencegah rambut rontok.

Alopecia atau yang kita kenal sebagai rambut rontok adalah masalah umun namun memalukan. Ini terjadi karena ketidakmampuan kulit kepala untuk menangani keberadaan dihidrotestosteron atau bentuk testosteron yang rusak. Lidah buaya telah dikenal oleh budaya dan dokter asli sebagai solusi efektif melawan kerontokan rambut. Manfaat tersebut sangat dikenal sehingga banyak perusaahn produk shampo multinasional telah mengintegrasikan ekstrak lidah buaya ke dalam produk shampo.

10. Membantu menyembuhkan psoriasis.

Psoriasis ditandai dengan bercak kering, gatal, dan sensitif pada kulit. Ini adalah kondisi kekebalan yang sangat serius. Sebuah uji klinis menunjukkan bahwa ekstrak etanol lidah buaya memiliki 81% sifat antipsoriatik. Studi lain menemukan bahwa ekstrak lidah buaya yang diaplikasikan pada kulit menunjukkan sifat antitoksik dan antipsoriatik dalam penyembuhan kondisi kulit ini. Ekstrak lidah buaya sama sekali tidak memiliki efek samping, sehingga dapat dianggap sebagai alternatif yang lebih aman dan lebih alami untuk menyembuhkan psoriasis.

Lidah buaya dikenal memiliki lebih dari 75 nutrisi aktif yang membuatnya sangat unik. Sangat jarang satu tanaman memiliki banyak nutrisi. Lidah buaya memiliki vitamin, mineral, asam amino, gula, enzim, dll. Yang membuatnya menjadi pembangkit tenaga listrik. Dan berikut ini beberapa detail mode tentang nutrisi yang ada di lidah buaya.

1. Vitamin.

Vitamin adalah zat organik yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk berfungsi dengan baik.Ada beberapa jenis vitamin dan masing-masing memiliki peran.Lidah buaya kaya akan banyak vitamin, termasuk Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E di mana semua ini adalah anti-oksidan.

Lidah buayajuga memiliki vitamin lain seperti Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin 6, asam folat dan kolin. Studi juga menunjukkan bahwa lidah buaya juga meningkatkan bioavailabilitas vitamin C dan B (12).

2. Mineral.

Karena vitamin adalah zat organik yang dibutuhkan oleh tubuh kita, mineral adalah mineral anorganik. Lidah buaya kaya akan beberapa mineral yang membuatnya unik.Mineralnya adalah kalsium, kromium, magnesium, mangan, kalium, seng, natrium, klor, dll.

3. Enzim.

Tanpa enzim, sel kita akan berhenti bekerja. Enzim bertindak sebagai katalis dan meningkatkan laju reaksi sel yang mungkin memerlukan waktu puluhan tahun atau lebih untuk menyelesaikannya. Lidah buaya kaya akan beberapa enzim seperti Oxidase, Amylase, Catalase, Lipase, Bradykininase, Alkaline Phosphatase, carboxypeptidase, aliiase, selulosa, peroksidase.

4. Anthraquinone.

Ini adalah senyawa organik aromatik alami yang membantu pencernaan dan juga dikenal memiliki sifat antibakteri dan antivirus.Lidah buaya memiliki 12 Anthraquinones, termasuk Emodin, aloin, Resistannol, Anthranol, Aloetic Acid, Isobarbaloin, dll.

5. Gula.

Lidah buaya kaya akan monosakarida dan polisakarida. Ini berasal dari lapisan lendir daun lidah buaya. Ini termasuk - mannose-6-fosfat, Acemannan, alprogen, Aldopentose, dll.

6. Asam lemak.

Asam lemak yang ada di lidah buaya adalah kolesterol, kolesterol, -sisosterol dan lupeol. Ini dikenal memiliki manfaat anti-inflamasi.

7. Hormon.

Hormon adalah bahan kimia yang dilepaskan oleh sel untuk merangsang bagian tubuh lainnya, misalnya kelenjar tiroid menghasilkan hormon pertumbuhan.Hormon tanaman dikenal untuk merangsang sel manusia dan dengan demikian dapat terbukti bermanfaat. Hormon tanaman Auksin dan giberelin yang ditemukan dalam lidah buaya dipercaya memberikan manfaat anti-inflamasi.

8. Asam amino.

Lidah buaya sangat kaya akan beragam asam amino. Itu sebenarnya memiliki 20 dari 22 asam amino yang diperlukan di dalamnya. Lebih penting lagi ia memiliki 7 dari 8 asam amino esensial. Asam amino yang ada di lidah buaya meliputi - Lisin , Valin, Leusin , Prolin, Alanin, Histidin, Isoleusin, Tirosin, Threonine, Glycine, Fenilalanin , Metionin, Histidin, Arginin, asam Aspartat, asam glutamat, dll.

9. Konstituen penting lainnya.

Lidah buaya juga memiliki asam salisilat (anti-inflamasi dan anti-bakteri), Lignin, Beta-sitosterol, dll.

Demikian segudang manfaat lidah buaya. Jangan pernah menganggap tanaman ini sebagai tanaman pengganggu di sekitar halaman rumah kamu. Jika tanaman ini tumbuh, maka rawatlah karena banyak manfaat untuk kesehatan bagi tubuh kita. Salam sehat. Tuhan memberkati.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags