false
  1. Home
  2. ยป
  3. Creator
24 Juli 2018 21:51

HTC Charger SOO, helm charging yang dibuat oleh mahasiswa PENS

Hemat energi dan berguna ketika bateraimu habis saat sedang berkendara. Yusita Heriani

Ojek online merupakan transportasi yang saat ini sangat digemari masyarakat Indonesia. Dengan pelayanan yang baik dan cara pemakaian yang mudah, membuatnya banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantor, hingga ibu-ibu yang ingin bepergian. Seperti dihimpun KompasTekno (Kompas, 2017), setiap bulannya, lebih dari 100 juta transaksi terjadi di platform Go-Jek.

Dalam beroperasi, layanan ojek online sangat bergantung pada smartphone, baik bagi driver maupun calon penumpang. Smartphone digunakan untuk komunikasi di antara keduanya.Maka dari itu,smartphone harus selalu dalam keadaan aktif, terutama bagi driver untuk mendapatkan order dari penumpang.


Untuk menjaga kondisi ini, driver biasanya menggunakan powerbank atau berhenti untuk melakukan pengisian baterai. Namun penggunaan powerbank bukanlah cara yang efisien karena powerbank pun juga dapat habis dan butuh pengisian. Proses pengisian baterai sangat memotong jam kerja bagi driver karena dilakukan selama 2-3 jam. Padahal rentang waktu ini bisa digunakan untuk mendapatkan 5 sampai 10 orderan.

Cara kerjahelm charging.

Dibutuhkan alat yang mampu menyediakan sumber listrik dengan praktis dan efisien sehingga driver tidak perlu lagi berhenti untuk proses melakukan pengisian baterai smartphone. Pemanfaatan energi matahari merupakan sumber tenaga yang saat ini potensial untuk diusahakan. Mengingat potensinya melimpah di Indonesia, yaitu sebesar 4kW/m2 per hari. Selain itu, dengan teknologi sel surya proses konversi energi cahaya matahari menjadi energi listrik tidak menghasilkan gas rumah kaca sehingga sangat ramah lingkungan.

Dari permasalahan dan pertimbangan potensi serta aspek lingkungan, 3 mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, yaitu Rizky Fatur, Yusita Heriani dan Ragil Putri yang dibimbing oleh Ir. Yahya Chusna Arif MT., membuat HTC Charger SOO (Helm Tas Cerdas Charger Smartphone Ojek Online) yaitu helm yang mampu menyediakan sumber listrik untuk charging smartphone.

Helm ini terlapisi panel surya sebagai alat konversi energi matahari matahari menjadi energi listrik. Energi listrik akan disimpan di powerbank yang telah didesain menjadi tas sehingga dapat dibawa dengan mudah oleh driver. Tas powerbank ini terdapat 2 port USB yang bisa digunakan oleh driver dan penumpang. Alat buatan 3 mahasiswa PENS ini dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kinerja dari ojek online yang akan berpengaruh pada peningkatan gajinya. Serta jika alat ini dikomersilkan kepada masyarakat umum akan sangat menghemat energi listrik di Indonesia.

(brl/red)

Source:

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags