false
  1. Home
  2. ยป
  3. Creator
23 Agustus 2017 15:01

Kamu nggak akan nyangka kalau alat musik modern ini terbuat dari bambu

Sudah sampai mancanegara lho. Teddy Rustandi

Hai sobat udah pernah denger kalau bambu menjadi alat musik modern. Pasti tahu dong, suling dan angklung yang berasal dari Jawa barat merupakan alat musik yang terbuat dari bambu.

Nah, ternyata bambu bisa dibuat menjadi alat musik modern lainnya. Salah satu komunitas bambu Indonesia yang bernama Virageawie menyulap menjadi alat musik modern yang lebih bernilai jual seperti gitar, biola hingga drum.


Virageawie yang tergabung dalam Indonesia Bamboo Community (IBC) asal Cimahi, Bandung yang dibentuk oleh Kang Hafid Fadilah. Virageawie merupakan anak-anak muda yang mempopulerkan musik dari bambu dan memperdakan anak-anak muda di lingkungan sekitar yang belum memiliki pekerjaan. Selain itu Varageawie ternyata sudah terkenal hingga mancanegara loh.

Kalo dalam bahasa sundanya "pira ge awi" (cuma terbuat dari bambu) Karena bahan baku yang mudah didapatkan di Jawa barat, akhirnya komunitas tersebut mengembangkan kreatif di masyarakat dengan memanfaatkan bambu jadi alat musik modern seperti Gitar, Biola dan drum. Satu gitar bambu bisa dibandrol seharga Rp 9 juta, Biola Rp 2 juta sedangkan drum mulai dari Rp 20 juta.

Selain itu baru-baru ini Virageawie mendapatkan Penghargaan Trubus Kusala Swadaya 2017 dengan kategori kewirausahaan sosial.

Selamat buat Virageawie atas Ide kreatif dan memberdayakan masyarakat khususnya anak-anak muda di lingkungan sekitarnya, semoga terus berkembang dan makin dikenal lagi.

(brl/del)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags