1. Home
  2. ยป
  3. Duh!
3 September 2024 18:02

Semangat tak luntur tempuh pendidikan sebelum tutup usia, wanita usia 71 tahun ini berhasil lulus S3

Kisah inspiratif~ Devi Aristyaputri
TikTok/@yoenseeyoen

Brilio.net - Mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi tak pandang usia. Siapa pun bisa menempuh pendidikan setinggi-tingginya, termasuk bagi orang yang sudah berusia lanjut. Kisah inspiratif ini bisa diambil dari ibunda pemilik akun TikTok @yoenseeyoen.

Lewat unggahan video yang viral di TikTok pada beberapa waktu lalu. Pemilik akun yang tidak diketahui namanya itu menceritakan kisah perjuangan sang ibunda yang berhasil lulus S3.

BACA JUGA :
Acara wisuda tak dihadiri sang ayah, aksi wisudawan bentangkan banner ini bikin terenyuh


foto: TikTok/@yoenseeyoen

Mungkin terkesan biasa, seseorang berhasil lulus S3, namun menariknya dari kisah ini sang ibunda mengejar pendidikannya pada usia 71 tahun. Tampak dalam beberapa unggahan foto, meski duduk di kursi roda, sang ibunda yang mengenakan setelan jas berkemeja putih tersenyum semringah bersama dengan kerabat dan keluarga.

BACA JUGA :
LDR Jepang-Indonesia, momen cewek dapat kejutan dari pacar saat wisuda definisi dicintai ugal-ugalan

Sang anak pun bersemangat mengambil potret ibunda yang cantik dengan balutan baju wisuda di depan panggung wisuda tersebut.

"Ibu ku bisa Yura, memenuhi keinginan terakhirnya bisa lulus S3 di usia 71 tahun dg perjuangan yg sangat luar biasa," keterangan dalam video tersebut, dikutip brilio.net dari TiKTok @yoenseeyoen pada Selasa (3/9).

foto: TikTok/@yoenseeyoen

Sayangnya, kebahagian tak berlangsung lama. Seminggu setelah wisuda dari Universitas Islam Negeri Walisongo, sang ibu meninggal dunia.

"Pada akhirnya seminggu setelah beliau wisuda, Allah memanggil beliau dengan cara yang indah," imbuhnya.

foto: TikTok/@yoenseeyoen

Memang ditinggal sang ibunda selama-lamanya membuat @yoenseeyoen dan keluarga sedih dan terpukul. Namun di sisi lain, keberhasilan dan semangat yang membara untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya membuat sang anak merasa bangga.

"Dari dulu memang ibu selalu bersemangat dalam menuntut ilmu, benar2 ilallahdi.. Husnul Khotimah ibu ku Sayang ," keterangan dalam unggahan video.

foto: TikTok/@yoenseeyoen

Sementara itu, unggahan video yang mendapatkan like hingga 134k dan telah dibagikan kurang lebih 5k, dibanjiri beragam komentar dari netizen.

"the real "menuntut ilmu dari buaian hingga ke liang lahat"" ujar akun @zyiee.

"Ibunya ditugaskan untuk mengajari Rakyat Indonesia untuk menunjukkan bahwa ilmu itu harus diperjuangkan seumur hidup, dan bahwa wanita juga berhak untuk cerdas, dan tugas Beliau sudah selesai ," komentar akun @Andreas W.

"kak ibunya wisuda bareng aku," komentar akun @mael.bntfa.

'Selamat ya kak," jawab pemilik video.

"mbakk kayaknya saya tau beliau, tadi di ceritain dosen saya kampus unimma Magelang " imbuh komentar akun @bubblegum.

"ya Allah sampai kampus Magelang juga y kak " timpa komentar pemilik video.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags