1. Home
  2. »
  3. Duh!
30 September 2024 16:10

TKW Ponorogo huniannya reyot, usai 1,5 tahun kerja di Taiwan bisa bangun rumah, jerih payah diragukan

Rumah tersebut tampak sederhana, dengan dinding yang terbuat dari kayu dan bambu, serta lantai tanah. Syeny Wulandari

Brilio.net - Banyak orang Indonesia yang memilih menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri, terutama di negara-negara Asia seperti Taiwan. Keputusan ini diambil karena faktor ekonomi, dengan gaji yang lebih tinggi dibandingkan di Tanah Air.

Mereka rela merantau, meninggalkan keluarga dan kampung halaman, demi meraih impian tersebut. Gaji yang mereka dapatkan di luar negeri sering kali dianggap sebagai peluang untuk mengumpulkan aset, termasuk membangun rumah yang lebih layak.

BACA JUGA :
Bukti susahnya cari uang, momen TKW tunjukkan tempat tidurnya saat kerja di Taiwan ini bikin miris


Hal tersebut juga yang dirasakan oleh seorang TKW asal Ponorogo bernama Indah. Dalam unggahannya melalui akun TikTok @indah.gustavos, Indah menunjukkan kondisi rumahnya yang reyot sebelum ia berangkat bekerja ke Taiwan.

foto: TikTok/@indah.gustavos

BACA JUGA :
9 Potret rumah gedong dan minimarket hasil TKI kerja 2 tahun di Jepang, jerih payahnya tuai perdebatan

Rumah tersebut tampak sederhana, dengan dinding yang terbuat dari kayu dan bambu, serta lantai tanah. Meski terlihat sederhana dan tidak layak huni, rumah itu adalah tempat tinggal keluarganya sebelum ia memutuskan untuk pergi bekerja di luar negeri.

"Buk, aku kerja dulu di Taiwan, kalau sudah terkumpul uangnya, aku janji bikin rumah baru. Doakan aku yah biar bisa kaya orang lain," tulisnya dalam keterangan di video yang dikutip brilio.net dari TikTok @indah.gustavos, Senin (30/9).

Indah merantau jauh ke Taiwan dengan tekad kuat untuk mengubah hidupnya dan keluarga. Selama bekerja di sana, ia menjalani perannya sebagai TKW dengan penuh dedikasi dan kerja keras.

Setiap bulannya, ia menyisihkan sebagian besar gajinya untuk ditabung, dengan harapan suatu saat bisa membangun rumah impian yang lebih nyaman dan layak huni. Kesabaran dan ketekunannya akhirnya membuahkan hasil.

Setelah 1,5 tahun bekerja di Taiwan, Indah membagikan perkembangan proyek pembangunan rumahnya. Dalam video tersebut, ia menunjukkan tahap awal pembangunan rumahnya yang baru, dengan dinding batu bata yang masih dalam proses dan rangka yang belum selesai.

foto: TikTok/@indah.gustavos

Meskipun desain rumahnya belum sepenuhnya terlihat, Indah merasa bangga dengan progres yang sudah dicapai. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata dari jerih payahnya selama bekerja di Taiwan.

Namun, meskipun pencapaiannya patut diacungi jempol, tak sedikit netizen yang justru meragukan kecepatan Indah dalam membangun rumah tersebut. Berbagai komentar skeptis muncul di unggahan TikTok-nya, mempertanyakan bagaimana ia bisa membangun rumah dalam waktu 1,5 tahun.

"lah mosok se," ujar @modalniatbismillah

"aq kok gk percya 1.5 th, aa loh 3 th br bs bikin itupun rumah bekas 180 juta ku beli," tulis @idaformosa5.

"masih potongan kok iso gwe omh," sahut @Adinda_aulia_putri.

"gimna caranya, sedangkan d Taiwan apa" beli sendiri," tanya @tth_tuaah96.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags