1. Home
  2. »
  3. Duh!
28 Oktober 2024 14:10

Viral warga sekampung live TikTok joget Sadbor raih Rp21 juta/bulan, kenali Gunawan sosok pencetusnya

Aksi ini menuai pro dan kontra Sri Jumiyarti Risno
foto: TikTok/@sadbor86

Brilio.net - Warga kampung di Sukabumi, Jawa Barat tengah menjadi perhatian publik. Pasalnya satu kampung mendadak viral lantaran beralih pekerjaan dari petani menjadi konten kreator dan TikTokers. Konten yang dibuat pun cukup sederhana, di mana sekelompok warga berkumpul lalu berjoget bersama yang ditampilkan dalam live streaming.

Tak tanggung-tanggung, dari hasil live streaming tersebut mereka memperoleh saweran yang cukup fantastis, ditaksir Rp21 juta per bulannya. Usut punya usut, ide joget tersebut pertama kali diperkenalkan oleh akun TikTok @sadbor86. Aksinya pun menyita perhatian publik. Tak sedikit yang merasa terhibur dengan konten yang mereka buat, nggak heran bila banyak saweran yang bermunculan.

BACA JUGA :
Sempat diincar anak konglomerat, 9 potret Kamila Asy Syifa yang dinikahi Gus Zizan di usia 17 tahun


Menilik potensi keuntungan besar dengan modal kuota internet tentu aksi ini jadi solusi terbaik untuk memperoleh penghasilan. Pada akun tersebut menyebutkan mayoritas warga kampung di Sukabumi awalnya bekerja sebagai petani namun berkat aksi joget di live streaming TikTok banyak yang beralih menjadi konten kreator.

Melansir dari akun @sadbor86 menampilkan berbagai konten joget menggunakan lagu-lagu yang viral di media sosial. Mayoritas yang berjoget dari berbagai kalangan usia, mulai anak muda hingga orang tua dengan pakaian yang sederhana ala orang kampung biasa. Uniknya aksi tarian mereka berhasil menarik atensi netizen hingga viral di berbagai platform.

Apa itu joget Sadbor?

BACA JUGA :
Dikira anak orang biasa, wanita ini syok lihat rumah teman kosnya yang mewah abis

foto: TikTok/@sadbor86

Joget Sadbor dipopularkan oleh pengguna akun TikTok @sadbor86. Ditelusuri, pemilik akun Sadbor ternyata bernama Gunawan atau akrab disapa bang Bor. Awal kemunculannya ia menampilkan joget patuk ayam lalu ramai dibahas sehingga namanya pun diubah menjadi joget sadbor.

Sadbor sendiri merupakan kependekan dari "Saudara Bor". Salah satu alasan joget mereka viral lantaran seringkali memadukan lagu-lagu dengan beat hingga gerakan yang memicu semangat para penonton. Tak heran bila, aksi mereka mengundang orang lain untuk ikut joget bersama.

Tak hanya joget sekampung yang ikonik, namun mereka pun membawa yel-yel yang jadi ciri khas warga kampung Sukabumi tersebut, misalnya "Eksen, bor bor besar habis bor, joget lah" ataupun "beras habis joget lah,".

Nampaknya aksi sederhana itu ternyata menghadirkan gelak tawa dari penonton hingga beberapa secara sukarela memberikan gift. Diperkirakan saweran atau hadiah yang diraup akun Sadbor berkisar Rp200 ribu - Rp 700 ribu per harinya, bahkan per bulannya bisa menyentuh angka Rp21 juta.

Nggak heran bila hasil gift tersebut menjadi salah satu sumber penghasilan mereka. Aksi-aksi joget warga kampung Sukabumi dilakukan di berbagai tempat, mulai dari area perkebunan, jalanan kampung, ataupun teras rumah tertentu. Ketika lagu sudah diputar, mereka secara kompak akan berjoget bersama yang terkesan menghibur pada penonton.

Siapa pemilik akun Sadbor?

foto: TikTok/@sadbor86

Usut punya usut, Gunawan sendiri warga Kampung Margasari, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sebelum viral menjadi TikTokers nampaknya ia bekerja sebagai penjahit keliling di Jakarta. Kala itu, ia sempat melakukan live streaming di media sosial namun sayangnya, keberuntungan belum memihaknya sehingga ia belum mendapat banyak perhatian.

Alhasil, pada 2020-2021 Gunawan pun putuskan untuk kembali ke Sukabumi lalu beralih ke TikTok untuk mencari penghasilan. Awalnya ia hanya live streaming menari tanpa pola tertentu lalu berjalannya waktu ia menemukan gerakan ayam patuk lalu viral di media sosial.

Awal membangun akun TikTok pun nggak mudah, pasalnya ia harus melakukan live streaming sejak jam 09.00 WIB sampai menjelang Magrib. Setelah itu, lanjut lagi live streaming yang digantikan oleh rekannya. Untungnya, semangat perjuangan Gunawan bersama rekan-rekannya tak pudar hingga mereka berhasil memperoleh penghasilan pertama mereka.

Hasil gift saweran pun dibagikan kepada teman-teman yang lakukan live streaming bersama. Lama-kelamaan akun semakin berkembang hingga dua tahun terakhir ini, tak sedikit warga kampung yang terbantu dengan aksi-aksi joget sadbor. Tak heran bila banyak yang ikut gabung bersama Sadbor untuk mencari peruntungan melalui live streaming.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags