1. Home
  2. »
  3. Film
23 September 2024 04:30

Film Women From Rote Island wakili Indonesia di Oscar 2025, film yang terinspirasi kisah nyata

Film tentang kekerasan seksual ini terinspirasi dari kisah nyata. Editor
foto: Istimewa

Film Women from Rote Islandtelah terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar ke-97 yang akan berlangsung pada tahun 2025 di Amerika Serikat. Karya sutradara Jeremias Nyangoeini berhasil meraih penghargaan Film Terbaikdi Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Pemilihan film ini dilakukan oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia yang dipimpin oleh aktor senior Deddy Mizwar.

Dalam pengumuman di Instagram @bintangcahayasinema pada 18 September 2024, dinyatakan bahwa "The film Women From Rote Island was selected to represent Indonesia at the 97th OSCARS event in the International Feature Film Category". Keputusan ini diambil setelah komite menonton beberapa film unggulan dan melakukan diskusi mendalam di bioskop MD Pictures, Kuningan, Jakarta.

BACA JUGA :
Review film Petualangan Sherina, nostalgia manis dari tahun 2000 yang tak terlupakan


Awalnya, ada sekitar 16 judul film Indonesia yang mendaftar untuk seleksi. Komite Seleksi Oscar Indonesia, yang terdiri dari sembilan profesional perfilman, telah diakreditasi oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS).

Indonesia telah berpartisipasi dalam ajang Oscar sejak tahun 1987, namun hingga kini belum berhasil meraih piala bergengsi tersebut. Film "Nagabonar" menjadi film pertama yang dikirim ke Academy Awards. Sejumlah film Indonesia lainnya yang pernah ikut serta antara lain "Surat dari Praha", "Turah", dan "Ngeri Ngeri Sedap".

Deddy Mizwar berharap agar semua pihak, termasuk pemerintah, memberikan dukungan untuk mempromosikan film ini di ajang Oscar. "Hasil evaluasi kami menunjukkan bahwa dukungan promosi film di Piala Oscars paling lemah," ungkapnya.

BACA JUGA :
Review film Catatan Si Boy", sebuah nostalgia yang tak terlupakan

Perhelatan Oscar ke-97 akan disiarkan langsung pada 2 Maret 2025 dari Dolby Theatre, Los Angeles. Film Women From Rote Island mengangkat tema kekerasan seksual yang diangkat dari kisah nyata dan menggambarkan realitas yang dihadapi korban di Indonesia Timur.

Film ini juga telah ditayangkan di berbagai festival film internasional, termasuk Busan International Film Festival 2023. Dengan durasi sekitar 1 jam 48 menit, film ini hanya diperuntukkan bagi penonton berusia 17 tahun ke atas karena beberapa adegan yang mungkin tidak nyaman untuk ditonton.

Menariknya, sekitar 90 persen pemain dalam film ini adalah pendatang baru yang belum memiliki pengalaman berakting. Meskipun demikian, mereka menjalani proses latihan yang panjang untuk mempersiapkan peran mereka dengan baik.

Source: liputan6.com / Henry
Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dengan bantuan Artificial Intelligence dengan pemeriksaan dan kurasi oleh Editorial.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags