1. Home
  2. »
  3. Film
19 September 2024 14:05

Jadi nomer 1 di Netflix, ini sinopsis film horor ‘Siksa Kubur’ yang bikin merinding

“Siksa Kubur” bertengger di peringkat pertama dalam jajaran Top 10 Movies in Indonesia. Brilio.net

Brilio.net - "Siksa Kubur" adalah film horor karya Joko Anwar yang tayang perdana pada 11 April 2024 lalu di bioskop. Jadi salah satu film yang dinanti usai Pengabdi Setan, film yang menggabungkan elemen budaya lokal dengan cerita yang menegangkan ini sukses menyedot perhatian publik.

Beda dari film lainnya, Siksa Kubur hadir dengan minim kemunculan hantu namun tetap menegangkan. Apalagi cerita yang disajikan cukup fresh dengan mengambil background cerita dari berita yang cukup menghebohkan Indonesia beberapa tahun silam.

BACA JUGA :
Film Lembayung segera tayang, kisah teror poliklinik gigi angker di pinggir Yogyakarta  


Nggak cuma jadi box office, Siksa Kubur yang baru saja tayang di Netflix sejak 16 September 2024 lalu juga menarik perhatian. Nggak salah, kalau film ini juga bertengger di peringkat pertama dalam jajaran Top 10 Movies in Indonesia.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut sinopsi dan ulasan singkat tentang film Siksa Kubur.

BACA JUGA :
Belum tayang sudah disomasi, ini sinopsis dan 3 fakta film Thaghut yang dicekal kelompok Dukun Putih

foto: Instagram/@siksakubur.movie

Sinopsis

Cerita berfokus pada Sita (diperankan oleh Faradina Mufti) dan Adil (diperankan oleh Reza Rahadian), sepasang kakak beradik yang kembali ke kabur dari pesantren setelah kehilangan orang tua yang meninggal karena bom bunuh diri. Mereka berdua harus menghadapi kenyataan pahit mengenai kematian orang tua mereka dan urusan warisan yang ditinggalkan.

Setibanya di rumah orang tuanya, Sita dan Adil merasakan atmosfer yang aneh dan menegangkan. Meski hidup normal dengan profesi sebagai suster di sebuah panti jompo dan pemandi jenazah, nyatanya hidup Sita dan Adi tak berjalan mulus. Dengan membawa dendam atas kematian orang tuanya, Sita dan Adil harus merasakan hidup yang tak pernah damai.

Meski tubuh di lingkungan pesantren, pasangan adik-kakak ini justru jauh dari Tuhan. Mereka bahkan mempertanyakan takdir dari Tuhan, hingga tak percaya adanya siksa kubur bagi mereka yang mengingkari perintah Tuhan. Seiring dengan terkuaknya kebenaran, Sita dan Adil harus menghadapi masa lalu mereka yang kelam, dan memahami bahwa ada harga yang harus dibayar untuk menuntut keadilan.

Tema dan Pesan

"Siksa Kubur" mengangkat tema tentang kehilangan, trauma, dan konsekuensi dari tindakan masa lalu. Joko Anwar berhasil menyampaikan pesan bahwa untuk mencapai penyembuhan, kita harus berani menghadapi kegelapan yang ada dalam diri kita dan di sekitar kita.

Kesimpulan

Dengan alur yang menarik dan karakter yang mendalam, "Siksa Kubur" menjadi salah satu film horor yang sangat dinantikan. Joko Anwar kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam menciptakan cerita yang memikat dan menggugah pemikiran, menjadikan film ini sebuah karya yang wajib ditonton.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags