1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
30 Mei 2024 07:00

5 Bahaya mengucek mata secara berlebihan, lengkap dengan gejala dan cara mengobatinya

Seringkali diabaikan, ternyata mengucek mata bisa berakibat iritasi hingga paling fatal mengalami kebutaan. Brilio.net
Cara mengobati mata iritasi

Cara mengobati mata iritasi.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Ngaku tak bisa tidur selama 4 tahun, kisah pria paruh baya asal Garut ini penyebabnya bikin penasaran


Apabila kamu mengalami beberapa gejala di atas, segera lakukan langkah-langkah pengobatan yang tepat. Mata iritasi dapat kamu obati dengan beberapa cara, antara lain sebagai berikut:

1. Segera bilas mata dengan air bersih.

Bilas mata dengan hati-hati menggunakan air bersih atau larutan mata steril yang dapat membersihkan iritan atau benda asing yang mungkin masuk ke mata. Ini adalah langkah pertama yang sebaiknya dilakukan saat mata terasa iritasi.

BACA JUGA :
10 Risiko penyakit akibat penggunaan tato abal-abal, bisa berefek jangka panjang

2. Kompres dingin.

Gunakan kompres dingin dengan kain bersih atau kantong es yang dibungkus handuk tipis. Tempelkan kompres dingin ini di atas mata tertutup selama beberapa menit untuk meredakan pembengkakan dan mengurangi iritasi.

3. Teteskan obat tetes mata.

Gunakan obat tetes mata buatan untuk membantu melembapkan dan meredakan iritasi pada mata. Pastikan tetes mata tersebut tidak mengandung bahan kimia yang dapat memperparah iritasi.

4. Hindari mengucek mata.

Meskipun mengucek mata mungkin memberikan sedikit rasa lega sesaat, itu bisa memperburuk iritasi dan memperkenalkan lebih banyak kuman ke mata. Hindari mengucek atau menggosok mata.

5. Hindari faktor pemicu iritasi.

Jika kamu mengetahui apa yang menyebabkan iritasi mata, hindari faktor pemicu tersebut sebisa mungkin. Misalnya, hindari kontak dengan debu atau serbuk sari jika kamu alergi terhadapnya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags