1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
18 Mei 2024 23:57

5 Makanan yang harus dihindari di usia 50 tahun agar tetap sehat, awet muda, dan panjang umur

Pola makan yang sehat bisa membantu untuk menguatkan metabolisme secara aktif Niko Sulpriyono
Makanan yang harus dihindari di usia 50 tahun.

2. Minuman manis.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Bukan cuma bikin pusing, ini 10 dampak cuaca panas ekstrem terhadap kesehatan tubuh


Minuman manis diketahui tinggi gula tambahan, kalori, dan kurang nutrisi esensial, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Minuman manis dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit terkaitnya seperti diabetes tipe 2. Konsumsi gula berlebihan dari minuman manis dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang berlebihan, karena kalori tambahan yang tidak disertai dengan nutrisi. Obesitas merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, di mana tubuh menjadi resisten terhadap insulin, menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Selain itu, minuman manis juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peningkatan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner.

3. Gorengan.

BACA JUGA :
15 Penyebab kelemahan otot dan tips untuk menjaganya, agar aktivitas berjalan lancar

foto: freepik.com

Mengkonsumsi gorengan secara berlebihan dapat memiliki dampak negatif yang signifikan pada kesehatan. Gorengan tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan kalori, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti risiko obesitas atau peningkatan berat badan, kurang serat, dan radang tenggorokan.

4. Produk susu tinggi lemak.

foto: freepik.com

Mengonsumsi produk susu tinggi lemak bisa berdampak negatif pada kesehatan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Produk susu tinggi lemak seperti susu full cream, keju, dan mentega mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Konsumsi lemak jenuh dan kolesterol berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke karena dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Selain itu, mengonsumsi produk susu tinggi lemak yang kaya kalori dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko obesitas. Obesitas merupakan faktor risiko untuk berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Pada usia 50 tahun, di mana metabolisme cenderung melambat, mengkonsumsi produk susu tinggi lemak secara berlebihan dapat mengakibatkan penumpukan lemak tubuh yang lebih cepat.

5. Daging merah.

foto: freepik.com

Konsumsi daging merah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Selain penyakit jantung, daging merah bisa menyebabkan kanker. Zat-zat karsinogenik yang terbentuk selama proses pengolahan daging merah, seperti proses pengasapan, pemanggangan, atau pemanggangan pada suhu tinggi, dapat meningkatkan risiko kanker.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags