1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
5 Juni 2024 18:25

Cegah demam berdarah, ini 7 cara ampuh usir nyamuk di rumah tanpa bahan kimia

Terserang DBD dapat menyebabkan demam tinggi, sakit kepala, dan pendarahan berat. Pada tingkat lebih tinggi dapat menyebabkan kematian. Sri Jumiyarti Risno
foto: freepik.com

Brilio.net - Demam berdarah atau penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan nyamuk aedes aegypti ini semakin mengancam masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, tercatat sebanyak 27.852 kasus DBD di Indonesia sejak awal tahun hingga 11 Maret 2024. Dari jumlah ini, 250 korban telah meninggal dunia

Ketika terserang DBD dapat menyebabkan demam tinggi, sakit kepala, dan pendarahan yang berat. Pada tingkat yang lebih parah, DBD dapat menyebabkan kematian pada penderita. Nah, sebelum keluarga kamu terserang penyakit DBD sebaiknya lakukan langkah pencegahan DBD, salah satunya mengusir nyamuk di rumah tanpa bahan Kimia.

BACA JUGA :
Kerap dianggap membahayakan, ternyata ini 7 manfaat mengonsumsi es batu bagi kesehatan


Mengusir nyamuk dari rumah nggak sulit, kamu bisa bekerja sama dengan anggota keluarga maupun warga desa untuk memberantas area-area kembang biak nyamuk aedes aegypti. Selain itu, ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk usir nyamuk di rumah tanpa bahan kimia.

Langsung saja, berikut ini ulasan 7 cara ampuh usir nyamuk di rumah tanpa bahan kimia dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (5/4).

Cara ampuh usir nyamuk di rumah tanpa bahan Kimia.

BACA JUGA :
9 Komplikasi yang disebabkan karena asam lambung, ubah gaya hidup demi kesehatan jangka panjang

Cara ampuh usir nyamuk di rumah tanpa bahan kimia
freepik.com

1. Menjaga kebersihan lingkungan.

Nyamuk aedes aegypti sangat suka tempat-tempat yang kotor dan ada genangan air seperti genangan di halaman rumah, selokan, vas bunga, tempat minum hewan peliharaan, maupun tempat sampah.

Nggak cuma di tempat kotor, nyamuk juga suka berkembang biak di area bak mandi. Jadi, supaya terhindar dari serangan virus DBD ini sebaiknya jaga kebersihan rumah.

Bersihkan lingkungan sekitar rumah hingga dalam rumah. Bersihkan kamar dari debu, pakaian kotor yang menumpuk, dan setiap sudut rumah lainnya yang berpotensi bersarangnya nyamuk. Cara ini jadi langkah efektif untuk mengusir nyamuk.

2. Jangan lupa pasang kelambu anti nyamuk.

Nyamuk bisa masuk dari mana saja termasuk dari jendela, pintu, hingga ventilasi rumah. Supaya bisa menghalau nyamuk masuk ke rumah sebaiknya memasang kelambu di area ventilasi. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kelambu di sekeliling tempat tidur. Cara lebih aman terhindar dari nyamuk saat kamu tertidur.

3. Tanam tanaman pengusir nyamuk.

Selain membersihkan rumah, kamu juga bisa lho cegah nyamuk dengan menanam tanaman anti nyamuk. Melansir dari Healthline nyamuk tidak menyukai aroma kayu putih, mint, lavender, eukaliptus, geranium, dan melati.

Untuk mengusir nyamuk tanpa bahan Kimia, kamu bisa menanam tanaman jenis tersebut di sekitar pekarangan rumah. Walau tanaman ini tidak bisa membunuh nyamuk, namun setidaknya bisa mencegah kamu dan keluarga dari gigitan nyamuk.

4. Kenakan pakaian berwarna terang.

Melansir dari Healthline, nyamuk tertarik pada warna-warna gelap seperti hitam dan cenderung tidak tertarik dengan warna terang seperti putih atau kuning. Nah, kamu bisa kenakan pakaian lengan panjang dengan warna terang supaya meminimalisir dari gigitan nyamuk.

5. Menyalakan kipas angin.

Selanjutnya cara usir nyamuk tanpa bahan kimia menggunakan kipas angin. Angin yang dihasilkan oleh kipas angin membuat nyamuk sulit bergerak apalagi terbang di udara. Nggak heran bila cara ini efektif untuk mengusir dan mencegah dari gigitan nyamuk.

6. Letakkan irisan lemon dan cengkeh di sekitar rumah.

Untuk mengusir nyamuk tanpa bahan Kimia kamu bisa membuat obat nyamuk sendiri dengan menggunakan irisan lemon serta cengkeh. Caranya cukup mudah, kamu cukup belah lemon jadi dua lalu isikan cengkeh pada masing-masing bagian lemon.

Masukkan irisan lemon dan cengkeh tadi di piring lalu letakkan di area yang memiliki banyak nyamuk. Aroma dari lemon dan cengkeh ini terbukti dapat mengusir nyamuk dari rumah.

7. Pakai semprotan bawang putih.

Bawang putih mengandung belerang, kandungan belerang ini sangat tidak disukai nyamuk. Nggak heran bila bawang putih sering digunakan untuk mengusir nyamuk di rumah.

Caranya cukup mudah, kamu bisa geprek beberapa siung bawang putih lalu rebus dengan sedikit air. Setelah air rebusan bawang putih dingin, masukkan ke dalam botol. Pakai semprotan cairan bawang putih tadi di area sekitar garasi, kamar, dapur, kamar mandi, dan berbagai tempat lainnya di rumah.

Larutan bawang putih ini dipercaya bisa mematikan nyamuk. Walau sedikit bau bawang, namun nggak perlu khawatir bau larutan bawang putih ini nggak bertahan lama.

Gejala dan dampak jika terserang virus demam berdarah dengue (DBD).

Cara ampuh usir nyamuk di rumah tanpa bahan kimia
freepik.com

Demam berdarah dengue (DBD) dapat menyebabkan beberapa dampak pada tubuh, meliputi:

1. Sakit kepala yang dialami menjadi gejala paling umum ketika terkena DBD. Sakit kepala yang dialami bisa sakit ringan hingga parah sehingga menyebabkan mual dan muntah.

2. Nyeri otot, tulang, atau sendi bisa terjadi saat suhu tubuh kamu mulai naik.

3. Mual dan muntah ini dapat disebabkan oleh dehidrasi yang terjadi akibat demam tinggi.

4. Sakit di belakang mata.

5. Ruam.

7. Suhu tubuh meningkat.

8. Ketika demam tinggi tubuh kamu kehilangan cairan secara berlebihan sehingga menyebabkan dehidrasi.

9. Pada kasus yang lebih parah dan tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan komplikasi seperti mimisan, sesak napas, pingsan, hingga dengue shock syndrome (DSS) yang mengakibatkan kematian.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags