1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
18 Juni 2024 07:00

Dijamin mudah dan efektif, 7 kebiasaan sehari-hari yang bikin anak tumbuh tinggi serta tambah sehat

Masa kanak-kanak adalah momen tumbuh kembang yang harus dimaksimalkan. Brilio.net

Brilio.net - Proporsi tubuh yang tinggi dan ideal adalah hal yang selalu diidam-idamkan oleh para orang tua. Setiap orang tua pastinya berkeinginan, agar tumbuh kembang si kecil selalu optimal dan sesuai. Untuk menunjang keinginan tersebut, diperlukan peran orang tua serta anak dalam mewujudkan harapan bersama. Dalam upaya untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata sangat mudah dilakukan namun memiliki dampak besar bagi anak.

Beberapakebiasaan sehari-hari yang bikin anak tumbuh tinggi serta tambah sehat, seperti makan makanan bergizi, olahraga secara rutin, tidur yang berkualitas, dan masih banyak lagi. Kebiasaan sehari-hari ini tidak hanya memastikan anak tumbuh tinggi, tetapi juga dapat membuat si kecil lebih sehat secara keseluruhan. Jika kamu tertarik untuk memperoleh informasi, terkait kebiasaan sehari-hari yang bikin anak tumbuh tinggi serta tambah sehat lainnya. Kamu bisa membaca informasi tersebut dibawah ini.

BACA JUGA :
Jangan diabaikan, ini 7 ciri-ciri tubuh anak terjangkit cacingan, bisa ganggu tumbuh kembang


Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk simak artikel ini hingga habis. Berikut 7 kebiasaan sehari-hari yang bikin anak tumbuh tinggi serta tambah sehat. Seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (18/6).

7 Kebiasaan sehari-hari yang bikin anak tumbuh tinggi serta tambah sehat.

1. Makan makanan bergizi

BACA JUGA :
Bayi berusia 2 hari kena radang otak usai dicium, ini penjelasan medis dan cara mengantisipasinya

foto: freepik.com

Makanmakanan bergizi dan bernutrisi adalah kebiasaan sehari-hari yang paling utama diterapkan, supaya membantu anak tumbuh tinggi dan sehat. Anak-anak membutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Nutrisi tersebut diambil dari porsi makan yang seimbang meliputi, sayuran, buah-buahan, sumber protein, susu, dan biji-bijian.

Perlu diperhatikan juga porsi makan yang diberikan. Jumlah makanan yang dikonsumsi, harus mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi merekam agar dapat tumbuh dengan optimal. Selain itu, dalam menyiapkan asupan makanan untuk anak, hindarilah makanan-makanan yang mengandung tinggi gula, lemak jenuh, dan garam berlebihan. Makanan olahan yang diproses secara instan, memiliki gizi yang rendah, serta berpotensi memperlambat perkembangan si buah hati.

2. Tidur yang berkualitas

foto: freepik.com

Tidur yang berkualitas sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak-anak. Saat anak tidur, tubuh mereka melepaskan hormon pertumbuhan, yang membantu dalam proses pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, yang berguna dalam mendukung pertumbuhan tulang dan otot yang optimal. Selanjutnya, ketika mendapatkan sesi tidur yang berkualitas, anak-anak memiliki kesempatan untuk memulihkan diri dari aktivitas fisik dan stres harian. Hal ini berguna dalam metabolisme tubuh, serta pemulihan sistem kekebalan daya imun.

Selain itu, ketika anak mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Hal ini dapat membantu sang anak menghindari kelebihan berat badan, dan menjaga hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Tidur yang cukup, juga penting untuk perkembangan kognitif dan kemampuan belajar anak-anak. Ketika mereka tidur, otak akan kembali memproses segala informasi yang diterima sepanjang hari, hal ini bagus untuk perkembangan daya pikir anak.

3. Menjaga postur tubuh

foto: freepik.com

Menjaga postur tubuh yang baik merupakan faktor penting dalam mendukung pertumbuhan dan kesehatan anak-anak. Kegiatan ini perlu bimbingan orang tua, agar anak mengerti manfaat menjaga postur tubuh. Postur tubuh yang baik diawali dari posisi berdiri, duduk, dan tidur yang tepat. Hindari kebiasaan membungkuk atau terlalu condong ke satu arah, agar postur tubuh tidak mengikutinya.

Selain itu, peralatan ataupun perabotan rumah tangga perlu diperhatikan sedemikian rupa, agar anak tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang malah merusak postur tubuh mereka. Hindarilah membeli perabotan rumah yang terlalu rendah atau tinggi. Lalu, jangan lupa untuk memperhatikan beban yang dibawa sang anak. Jika anak-anak membawa tas, pastikan tasnya sesuai dengan ukuran dan berat badan mereka. Tas yang terlalu berat atau tidak dipakai dengan benar dapat menyebabkan tekanan berlebih pada punggung dan menyebabkan postur tubuh yang buruk.

4. Olahraga rutin

foto: freepik.com

Olahraga rutin memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan anak-anak. Melalui latihan fisik yang teratur, seperti lari, berenang, atau bersepeda, anak-anak dapat memperkuat tulang dan otot mereka. Latihan-latihan ini membantu mendorong pertumbuhan tulang yang sehat dan meningkatkan kekuatan otot. Lalu, berolahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi, dapat merangsang pelepasan hormon pertumbuhan dalam tubuh anak-anak. Hormon pertumbuhan ini, membantu mempertahankan kesehatan tulang, memperbaiki jaringan, dan merangsang pertumbuhan.

Selain itu, dengan melakukan latihan olahraga secara rutin, anak-anak akan belajar untuk mengendalikan tubuh mereka dengan lebih baik. Seperti halnya, meningkatkan keseimbangan, dan koordinasi gerakan, dan menjaga ritme pernapasan mereka. Ini membantu dalam mencegah cedera dan meningkatkan keterampilan motorik mereka. Manfaat lainnya dari sering berolahraga secara rutin, yakni dapat membakar kalori dan mempercepat metabolisme tubuh. Hal Ini penting, karena faktor kelebihan berat badan, dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

5. Latihan peregangan

foto: freepik.com

Latihan peregangan memiliki manfaat penting bagi anak-anak. Latihan peregangan secara rutin dapat membantu mempertahankan fleksibilitas tubuh dan mencegah cedera fatal, hal ini penting dalam mendukung kesehatan secara keseluruhan. Melalui latihan peregangan, anak-anak dapat mempertahankan dan meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi mereka. Dengan peregangan, membantu tubuh mereka dalam beradaptasi dengan berbagai gerakan dan aktivitas fisik dengan lebih baik.

Latihan peregangan yang teratur, dapat membantu memperbaiki postur tubuh anak-anak dengan merilekskan otot-otot yang tegang dan memperpanjang otot-otot yang mungkin menjadi pendek atau kaku karena posisi duduk yang buruk atau kebiasaan lainnya. Selain itu, dengan meningkatkan fleksibilitas dan gerakan anggota badan, latihan peregangan dapat membantu anak-anak melakukan gerakan dengan lebih leluasa dan efisien. Aktivitas ini sangat berguna dalam menunjang aktivitas sehari-hari, seperti bermain, berolahraga, atau bahkan melakukan kegiatan harian yang sering mereka lakukan.

6. Cukupi asupan minum harian

foto: freepik.com

Mencukupi asupan air harian sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak-anak. Dengan mencukupi asupan minum harian, air akan membantu tubuh memproses biologis dan metabolisme secara keseluruhan. Air membantu mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh dan mengeluarkan zat-zat sisa. Dengan mencukupi asupan air pada anak-anak, dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan lebih optimal.

7. Menjaga berat badan ideal

foto: freepik.com

Menjaga berat badan ideal sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak-anak. Anak-anak dengan berat badan ideal, cenderung memiliki asupan nutrisi yang seimbang, yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan otot. Nutrisi yang cukup dan tepat memungkinkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Lalu, berat badan ideal mampu membantu anak-anak memiliki energi yang cukup dalam aktivitas fisik dan mental. Anak-anak yang terlalu kurus atau terlalu gemuk mungkin merasa cepat lelah atau lesu, yang dapat menghambat partisipasi mereka dalam kegiatan sehari-hari.


Itulah 7 kebiasaan sehari-hari yang bikin anak tumbuh tinggi serta tambah sehat. Harapannya, setelah kamu membaca informasi diatas, kamu dapat memperoleh informasi mengenai kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu anak tumbuh lebih tinggi dan sehat. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak, agar porsi nutrisi dan latihannya tetap sesuai dengan tumbuh kembangnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

(Magang/Zidan Fajri)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags