1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
22 Mei 2024 06:25

Hindari kerusakan ginjal, 6 makanan dan minuman ini harus dikurangi

Ginjal bertindak sebagai filter alami tubuh, menyaring darah untuk membuang limbah, racun, dan kelebihan cairan. Sri Jumiyarti Risno
foto: freepik.com

Brilio.net - Pernah dengar kalimat 'apa yang kamu makan dan minum menentukan kualitas kesehatan di masa depan?' Hal ini dikarenakan tubuh manusia membutuhkan berbagai macam nutrisi agar tubuh menjalankan fungsinya dengan optimal. Nutrisi ini diperoleh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga apa yang kamu konsumsi.

Pasalnya, asupan makanan dan minuman yang tidak sehat dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan. Misalnya obesitas, malnutrisi, penyakit pencernaan, hingga kerusakan organ tubuh, termasuk ginjal.

BACA JUGA :
Sering disalahgunakan, 10 jenis obat-obatan ini ternyata bahaya jika dikonsumsi tanpa resep dokter


Ginjal adalah organ vital yang memiliki bentuk seperti kacang yang terletak di bagian belakang perut, tepat di bawah tulang rusuk. Meskipun ukurannya kecil, ginjal memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Ginjal bertindak sebagai filter alami tubuh, menyaring darah untuk membuang limbah, racun, dan kelebihan cairan. Limbah dan racun ini dihasilkan dari metabolisme tubuh, seperti urea dan kreatinin.

Selain itu, ginjal membantu mengatur keseimbangan air dan elektrolit (seperti natrium, kalium, dan fosfor) dalam tubuh. Keseimbangan ini penting untuk fungsi tubuh yang optimal, seperti mengatur tekanan darah, mengontrol kontraksi otot, hingga menjaga elektrolit tubuh yang penting untuk saraf.

BACA JUGA :
11 Kebiasaan sederhana sebelum tidur ini ternyata dapat menurunkan berat badan, minum secangkir teh

Apabila ginjal mengalami kerusakan, ada berbagai masalah kesehatan yang mengintai. Misalnya penyakit ginjal kronis, anemia, hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit tulang, gangguan keseimbangan elektrolit hingga beragam komplikasi lainya.

Lantas apa saja makanan dan minuman yang berpotensi merusak kesehatan ginjal?

1. Makanan tinggi garam.

Hindari kerusakan ginjal, ini makanan dan minuman yang harus dikurangi
freepik.com

Sah-sah saja mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Namun, tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Makanan yang mengandung tinggi garam atau sodium tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan sebab dapat merusak ginjal.

Melansir dari Journal of the American Society of Nephrology menemukan bahwa konsumsi garam yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis (PGK) pada orang dewasa.

Pasalnya, garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan beban kerja ginjal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

2. Mengkonsumsi daging merah dan daging olahan secara berlebihan.

Hindari kerusakan ginjal, ini makanan dan minuman yang harus dikurangi
freepik.com

Daging merah dan daging olahan kaya akan protein serta zat besi. Saat tubuh mencerna protein, menghasilkan asam sulfat maupun asam fosfat sebagai produk sampingan. Asam-asam ini harus dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal. Konsumsi daging merah dan daging olahan yang berlebihan dapat meningkatkan beban asam pada ginjal, yang dapat menyebabkan asidosis tubulus ginjal serta kerusakan ginjal.

Hal ini pun dilihat dari penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi daging merah olahan sebanyak 1 porsi per hari memiliki risiko 20% lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsinya.

Contoh makanan daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba. Kemudian daging olahan seperti makanan kalengan, sosis, dan sebagainya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags