1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
30 Mei 2024 23:25

Sering diabaikan, 11 lokasi di rumah ini jadi tempat strategis nyamuk penyebab DBD berkembang biak

Tanpa disadari, beberapa sudut rumah justru bisa jadi sarang nyamuk, lho. Niko Sulpriyono
Cara mengatasi agar terhindar dari DBD

6. Alas pot tanaman.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
6 Tanda peringatan obesitas yang sering terabaikan, kenali ciri-ciri dan cara mengatasinya


Alas pot tanaman menjadi spot untuk berkembang biakan nyamuk. Alas pot menjadi tempat favorit nyamuk, karena tanpa disadari ada air genangan yang biasa luput dari pengawasan. Apalagi jika pot tanaman di luar rumah, maka lebih berbahaya karena air hujan turun akan dapat menggenang pot tersebut.

7. Terpal plastik.

Air hujan biasanya akan menggenang pada sudut atau lipatan terpal yang jarang dilihat. Terpal yang biasanya dipakai untuk keperluan seperti terpal mobil dan sejenisnya. Jika dibiarkan begitu saja maka genangan air akan menjadi sarang nyamuk untuk bertelur.

8. Tong sampah.

BACA JUGA :
5 Bahaya mengucek mata secara berlebihan, lengkap dengan gejala dan cara mengobatinya

foto: freepik.com

Tong sampah menjadi tempat favorit nyamuk karena habitat nyamuk di sana. Jadi pastikan tong sampah selalu dibersihkan rutin.

9. Ember bekas.

Ember bekas merupakan tempat strategis bagi nyamuk untuk berkembang biak. Air yang menggenangi ember bekas menjadi habitat alami bagi para nyamuk untuk bertelur dan menghasilkan nyamuk yang mengancam kehidupan sekitarnya.

10. Kano, rakit, dan kayak.

Air yang menggenang kano, rakit, dan kayak bisa menjadi spot nyamuk untuk berkembang biak. Pastikan selalu mengecek dan membersihkan bagian tersebut, sehingga nyamuk tidak memiliki kesempatan untuk berkembang biak.

11. Tempat makan hewan peliharaan.

Jika tidak dirawat, tempat makan hewan peliharaan menjadi spot strategis bagi nyamuk untuk berkembang biak, lho. Pastikan untuk selalu membersihkan dan selalu jaga kebersihan supaya terhindar dari serangan nyamuk yang berbahaya.

Cara mengatasi agar terhindar dari DBD

foto: freepik.com

Ada beberapa hal yang bisa diupayakan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk di rumahmu. Berikut cara mengatas agar terhindar dari DBD:

1. Gunakan lotion atau krim anti nyamuk.

Menggunakan lotion atau krim antinyamuk bisa meminimalisir kamu dari gigitan nyamuk yang berbahaya. Jadi menggunakan lotion antinyamuk sangat berguna untuk menghindari dan mengatasi gigitan nyamuk penyebab DBD.

2. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama.

Membiarkan baju menumpuk adalah alasan nyamuk senang di rumah. Usahakan pakaian selalu ditempatkan di lemari yang tertutup agar mencegah nyamuk berkembang biak.

3. Pasang kasa dan kelambu nyamuk.

Memasang kelambu menjadi cara yang efektif untuk mencegah serangan nyamuk penyebab DBD. Pasang kelambu ketika hendak tidur, sehingga aman dari gigitan nyamuk berbahaya.

4. Bersihkan wadah penampung air.

Biasakan untuk selalu menguras wadah yang tergenang oleh air. Menguras wadah penampung air berfungsi untuk menghadang perkembang biakan nyamuk untuk bertelur dan memperbanyak populasinya. Jadi, pastikan selalu menguras wadah penampung air ya.

5. Menguras bak mandi seminggu sekali.

Menguras bak mandi sangat penting karena upaya untuk memutus perkembang biakan nyamuk DBD. Usahakan minimal seminggu 1 kali agar meminimalisir nyamuk bebas bertelur.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags