1. Home
  2. ยป
  3. Kesehatan
22 Mei 2024 09:25

Waspada diabetes pada anak, kenali gejala, penyebab, dan cara mengatasinya

Diabetes disebabkan adanya gangguan hormon insulin yang dihasilkan dari kelenjar pankreas. Niko Sulpriyono
Cara mengatasi anak yang terkena diabetes

Cara mengatasi anak yang terkena diabetes.

Mengatasi diabetes tipe 1 pada anak.

Jika anak terkena penyakit diabetes tipe 1, maka harus cepat diobati. Mengobati diabetes berarti menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Adapun cara mengatasi anak yang terkena diabetes tipe 1 sebagai berikut.

BACA JUGA :
Sering disalahgunakan, 10 jenis obat-obatan ini ternyata bahaya jika dikonsumsi tanpa resep dokter


Memeriksa kadar gula darah.

1. Meteran glukosa darah.

Kebanyakan anak dengan diabetes tipe 1 perlu memeriksa gula darahnya sebelum makan dan sebelum tidur. Ini terjadi sekitar empat kali sehari, dan terkadang lebih sering. Pemeriksaan diabetes bisa menggunakan Meteran glukosa darah.

BACA JUGA :
11 Kebiasaan sederhana sebelum tidur ini ternyata dapat menurunkan berat badan, minum secangkir teh

2. Monitor glukosa berkelanjutan (CGM).

Monitor glukosa berkelanjutan merupakan perangkat yang dapat mengukur kadar gula. Alat ini menggunakan sensor seperti benang yang diletakkan di bawah kulit.

Mengonsumsi insulin.

Anak-anak yang terkena penyakit diabetes tipe 1 harus mengonsumsi insulin agar glukosa dapat berpindah dari darah ke sel untuk dijadikan energi. Ada dua jenis insulin yaitu suntikan dan pompa. Suntikan ini akan diberikan sebanyak 4 kali suntikan atau lebih setiap hari. Jarum insulin sangat kecil sehingga tidak menyakitkan, sedangkan pompa insulin menggunakan tabung kecil yang ditempatkan tepat di bawah kulit.

Makan makanan bergizi dan seimbang.

Anak yang mengidap penyakit diabetes tipe 1 harus menjaga makanannya. Selain itu, anak yang mengidap penyakit ini harus menjaga keseimbangan yang tepat antara makanan, insulin, dan olahraga untuk menjaga gula darah mereka dalam kisaran yang sehat. Menghitung karbohidrat dalam makanan dan camilan menjadi perhatian yang serius untuk menjaga kadar gula di dalam tubuh.

Mengatasi diabetes tipe 2 pada anak.

foto: freepik.com

Jika anak telah didiagnosa terkena penyakit diabetes tipe 2, maka harus mendapatkan perawatan serius demi menjaga kesehatan. Berikut cara mengatasi diabetes tipe 2 pada anak.

1. Makan diet sehat.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diabetes tipe 2 adalah dengan mengonsumsi makanan diet sehat. Makanan diet sehat meliputi sayuran segar, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan seimbang dengan jumlah karbohidrat protein dan lemak yang tepat.

2. Mendapatkan aktivitas fisik (berolahraga).

Berolahraga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Anak penderita diabetes tipe 2 membutuhkan aktivitas fisik setiap hari. Jika anak belum terbiasa aktif, mulailah secara perlahan dan tetapkan tujuan yang jelas. Mereka dapat memulai setidaknya 15 menit setiap hari dan meningkatkan jumlahnya sesuai kemampuan. Sertakan juga waktu pemulihan.

3. Mengelola berat badan.

Banyak anak penderita diabetes tipe 2 memiliki berat badan berlebih. Menjalani gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk membantu anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Makan dengan baik dan tetap aktif dapat memperlambat penambahan berat badan dan bahkan menyebabkan penurunan berat badan. Manfaat dari penurunan berat badan berdampak pada anak diabetes tipe 2 meski hanya sedikit.

4. Mengonsumsi obat diabetes tipe 2.

Jika menjalani gaya hidup sehat tidak cukup untuk menjaga kadar glukosa dalam kisaran sehat, anak-anak penderita diabetes tipe 2 mungkin memerlukan mengonsumsi satu atau beberapa obat. Berikut obat-obatan yang dapat membantu penderita diabetes tipe 2.

- Metformin

Metformin membantu insulin tubuh bekerja lebih baik dengan membawa gula darah ke kisaran yang sehat. Obat ini juga dapat membantu menghentikan penambahan berat badan.

- Agonis reseptor Glucagon-Like Peptide 1 (GLP-1)

Agonis reseptor Glucagon-Like Peptide 1 (GLP-1) bekerja menurunkan gula darah dan membantu insulin tubuh bekerja lebih baik. Obat ini juga menurunkan nafsu makan yang bisa berdampak pada penurunan berat badan.

- Inhibitor natrium-glukosa cotrasporter-2 (SGLT-2)

Inhibitor natrium-glukosa cotrasporter-2 (SGLT-2) membantu menurunkan gula darah dengan mengirimkan lebih banyak glukosa keluar dari tubuh melalui urine.

- Insulin

Insulin membantu gula masuk ke dalam sel untuk menghasilkan energi. Dokter sering kali meresepkannya untuk orang-orang ketika mereka pertama kali didiagnosis menderita diabetes tipe 2. Obat ini juga direkomendasikan jika penderita memiliki kadar gula darah dan HbA1c yang sangat tinggi, atau di kemudian hari jika pengobatan lain tidak dapat mengendalikan kadar gula darah. Beberapa anak membutuhkannya hanya untuk waktu singkat.

- Memeriksa kadar glukosa

Ketika anak terkena penyakit diabetes tipe 2 bisa mengontrol dengan memeriksa kadar glukosa. Tujuannya adalah untuk menjaga gula dalam kisaran ini sebanyak mungkin.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags