1. Home
  2. ยป
  3. Olahraga
11 Oktober 2024 06:23

Daftar kontroversi wasit Ahmed Al-Kaf saat memimpin laga Indonesia vs Bahrain

Senggol dikit, pemain Bahrain jatuh, wasit tiup peluit. Annisa Endriyati Utami

Brilio.net - Nama Ahmed Al-Kaf mendadak ramai dibicarakan di jagad media sosial. Wasit asal Oman itu mendapatkan banyak cacian terutama dari warganet Indonesia.

Timnas Indonesia baru saja bertandang ke markas Bahrain National Stadium. Mereka berhadapan dengan Timnas Bahrain di pertandingan ketiga grup C Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Al Kaf ditunjuk sebagai pengadil di pertandingan ini. Wasit asal Oman itu dipercaya memimpin pertandingan yang menegangkan tersebut. Di laga ini, Timnas Indonesia sebenarnya nyaris menang dengan skor 2-1. Namun sayang Bahrain mampu menyamakan kedudukan beberapa detik jelang berakhirnya laga.

Namun di pertandingan ini, Al Kaf dinilai membuat sejumlah keputusan yang merugikan Timnas Indonesia. Apa saja itu?

Dikutip dari Bola.net, berikut adalah daftar keputusan kontroversial Ahmed Al Kaf di laga Bahrain vs Indonesia.

Gampang Beri Pelanggaran Bagi Indonesia

Keputusan kontroversial pertama Al Kaf di laga ini karena ia dengan mudah memberikan pelanggaran kepada Timnas Indonesia.

Sepanjang laga tersebut, Indonesia tercatat membuat 27 pelanggaran kepada pemain Bahrain. Namun Al Kaf banyak memberikan pelanggaran yang terlalu ringan bagi Indonesia.

Pasalnya banyak kontak fisik yang dilakukan pemain Timnas Indonesia kepada pemain Bahrain itu tergolong minim, namun sang wasit dengan mudah meniup peluit untuk memberikan tendangan bebas kepada Bahrain.
Fakta-Fakta yang Dibongkar Netizen: Presiden AFC Orang Bahrain, Wasit Ahmed Al-Kaf Berasal dari Federasi yang Sama

Minim Beri Pelanggaran Bagi Bahrain

Ketika Indonesia kerap diberikan pelanggaran, Al Kaf tidak melakukan hal yang sama kepada Bahrain.

Padahal di laga ini, Bahrain juga bermain tidak kalah keras ke Indonesia. Beberapa tekel dan kontak fisik dilakukan kepada pemain Indonesia, namun Bahrain hanya mendapatkan 10 pelanggaran di laga ini.

Yang paling mengejutkan adalah bagaimana Al Kaf tidak menghentikan laga saat Marselino Ferdinan terjatuh dan tidak memberikan pelanggaran kala Rafael Struick dilanggar dua kali oleh pemain Bahrain.

Tambahan Waktu Melebihi Ketentuan

Salah satu keputusan paling kontroversial dari wasit Al Kaf di laga ini adalah ia menambah masa injury time babak kedua.

Saat pertandingan memasuki menit ke-90, tambahan waktu pertandingan ini ditetapkan selama enam menit. Namun pada prakteknya, tambahan waktu di atas lapangan berlangsung hingga 10 menit.

Keputusan ini cenderung aneh, karena selama masa injury time tidak ada kejadian yang berpotensi memanjangkan masa injury time. Akibat keputusan ini, Timnas Indonesia dirugikan karena Bahrain mampu menyamakan kedudukan di menit 90+9, di mana seharusnya laga sudah berakhir sebelum itu.

Langsung Hentikan Laga

Keputusan kontroversial terakhir sang wasit adalah ia langsung menghentikan laga seusai kick off gol kedua Bahrain.

Usai Bahrain mencetak gol, pertandingan sempat tertunda beberapa menit. Pasalnya VAR masih memeriksa gol kedua Mohamed Marhoon itu karena terindikasi offside.

Namun sang wasit bukannya memberikan waktu tambahan untuk mengkompensasi pemeriksaan VAR itu, namun alih-alih ia langsung menghentikan laga usai kick off.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags