1. Home
  2. ยป
  3. Olahraga
14 Juni 2024 12:41

Nasibnya kini duduk di tribun saat nonton timnas, deretan prestasi Cristian Gonzales saat berkarier

Nonton pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina, kehadiran Cristian Gonzale di kursi tribun jadi perhatian. Muhammad Rizki Yusrial

Brilio.net - Baru-baru mantan penyerang Timnas Indonesia Cristian Gonzles menuai sorotan publik. Ia tampak terharu dan mengenang masa lalunya ketika masih menjadi pemain saat menyaksikan Timnas Indonesia melawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (11/6).

Saat itu, Thom Haye hadir sebagai pemecah pebuntuan Timnas. Haye mencetak gol dengan cantik melalui teknik plecing yang membuat Indonesia unggul 1-0 atas Filipina. Gonzales lantas mengingat gol jarak jauhnya yang juga membobol gawang Filipina di semifinal leg kedua Piala AFF 2010.

BACA JUGA :
Jadi suami Amanda Gonzales, 7 potret kedekatan Christian Rontini dan ortu istri ini bak anak kandung


"Jadi ingat... Sekarang di tribun dan tetap mendukung Timnas Indonesia kita," tulisnya Gonzales dalam video yang diposting lewat Instagram pribadinya dengan username @el_locogoliadorcf_.

Namun, netizen justru menyoroti nasibnya yang harus duduk di tribun penonton. Hal ini jomplang dengan artis yang dianggap tidak berkontribusi dalam sepak bola, namun duduk di kursi VIP GBK. Bahkan Ibnu Jamil lewat sosial medianya dengan terang memberikan kritik kepada PSSI, bahwa legenda seperti Gonzales selayaknya duduk di kursi VIP.

BACA JUGA :
Pergoki Christian Gonzales nonton timnas di kursi tribun, Ibnu Jamil beri kritikan menohok ke PSSI

foto: Instagram/@el_locogoliadorcf_

Sosok Gonzales memang sudah dikenal sebagai mesin gol dalam dunia persepak bolaan Indonesia. Bahkan, sepanjang perjalanan kariernya di Indonesia, Gonzales telah 4 kali menyabet gelar pencetak gol terbanyak liga Indonesia. Bahkan hanya dalam rentan waktu 3 tahun tinggal di Indonesia, legenda timnas itu sudah menjadi pemain bola termahal dengan bayaran Rp1,2 Miliar.

Lantas seperti apa prestasi Gonzales selama di Indonesia? Simak ula dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/6).

Karier di Klub

Cristian Gonzales merupakan pemain yang lahir di Uruguay pada 30 Agustus 1976. Sebelum membela Indonesia, ia sempat bermain untuk Timnas Uruguay U-20. Gonzales mengawali karier dengan bergabung dengan Sud America, sebuah klub di Uruguay pada tahun 1995. Namun selama 28 bulan ia main di sana, Gonzales hanya tampil sekali dan tidak mencetak gol.

PSM Makassar adalah klub yang pertama kali jadi tempat Gonzales berlabuh untuk berkarier di Indonesia. Bergabung pada 2023, Gonzales langsung tampil produktif dengan mencetak 27 gol dan membuat klubnya menjadi juara kedua Liga Indonesia.

foto: Instagram/@el_locogoliadorcf_

Meski pernah di skorsing oleh PSSI, Gonzales melanjutkan langkahnya dengan bergabung ke Persik Kediri. Bersama klubnya, Gonzales menjadi juara Liga Indonesia pada 2006. Ia juga sempat mencetak 3 gol di ajang Asian Champions League pada 2007.

Kemudian, Gonzales pindah ke Persib Bandung dengan status sebagai pinjaman. Ia bermain sebanyak 16 kali di klub tersebut dan mencetak sebanyak 14 gol. Torehan tersebut menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Super bersama Boaz Solossa. Dimana mereka sama-sama mencetak 28 gol. 14 Gol lainnya diraih oleh Gonzales saat masih berkarier di Persik Kediri.

Musim berikutnya, Gonzales dikontrak sebagai pemain tetap Persib Bandung. Gonzales kemudian melanjutkan kariernya dengan bermain untuk berbagai klub di Indonesia, termasuk Persisam, Arema FC, Madura United, PSS Sleman, PSIM Yogyakarta, dan terakhir di RANS Cilegon FC.

Kariernya di Timnas Indonesia

foto: Instagram/@el_locogoliadorcf_

Diketahui, Gonzales resmi dinaturalisasi dan memegang paspor Indonesia pada 2010. Saat itu, ia juga masuk ke dalam skuad piala AFF 2010. Namanya masuk dalam pemain yang dipanggil oleh Alfred Riedl. Bersama timnas, Gonzales keluar sebagai runner-up pada kejuaraan tersebut.

Meski debutnya bersama timnas di usia yang lebih dari 30 tahun, Gonzales beberapa kali tetap menjadi andalan. Tercatat selama lima tahun (2010-2015) membela Timnas Indonesia, Cristian Gonzales mengemas 12 gol dari 29 pertandingan.

Hingga saat ini, Gonzales sebenarnya belum secara resmi mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari dunia sepak bola. Hanya saja, ia belum mendapat tawaran dari klub manapun. Tercatat, Gonzales masih menjadi satu-satunya pemain yang berhasil meraih prestasi sebagai tip skor sebanyak 4 kali dan mencetak 249 gol.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags