false
  1. Home
  2. ยป
  3. Personal Finance
17 Oktober 2024 20:11

Panduan menabung deposito bagi pemula, apa saja sih yang harus disiapkan?

Cocok tidak ya untuk investasi bagi anak muda? Azizta Laksa Mahardikengrat

Brilio.net - Jika baru pertama kali mendengar tentang deposito berjangka, mungkin muncul pertanyaan mengenai pengertian dan cara kerjanya. Deposito berjangka adalah produk perbankan yang menawarkan pinjaman dengan bunga tetap selama jangka waktu tertentu.

Selama periode tersebut, uang yang telah disetorkan tidak bisa ditarik tanpa terkena penalti. Produk ini dirancang untuk memberikan keuntungan lebih tinggi dibandingkan jenis tabungan lainnya.

BACA JUGA :
Membawa pesona 'Ephemeral Gaze', TAEMIN siap tour dunia ke Jakarta


Bagi pemula yang ingin memulai deposito, penting untuk memahami beberapa hal berikut terlebih dahulu.

Apa Itu Deposito Berjangka?

foto: Shutterstock.com

BACA JUGA :
New Era kolab bareng Transformers One, luncurkan koleksi headwear dan apparel ekslusif yang ikonik

Deposito berjangka merupakan jenis simpanan di bank dengan suku bunga yang tetap dalam periode waktu tertentu. Jangka waktu deposito bisa bervariasi tergantung lembaga perbankan, mulai dari berbulan-bulan atau hingga bertahun-tahun.

Selama jangka waktu ini, uang tidak dapat ditarik sebelum jatuh tempo. Jika ditarik, nantinya akan ada pinalti. Deposito berjangka ini biasanya menawarkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa, hal ini yang menarik minat banyak orang untuk berinvestasi baik jangka pendek hingga menengah.

Keuntungan Deposito Berjangka

Salah satu keuntungan dari deposito berjangka adalah tingkat bunga yang ditawarkan lebih tinggi daripada rekening tabungan biasa. Bunga ini dibayar secara periodik dan cenderung stabil, sehingga ada kepastian memperoleh keuntungan selama periode deposito.

Selain itu, deposito berjangka juga memberikan rasa nyaman dan aman karena selama periode deposito dana akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga hal ini mengurangi risiko dana hilang selama jangka waktu deposito.

Jangka Waktu dan Suku Bunga

Dalam melakukan deposito berjangka, penting untuk memastikan suku bunga dan jangka waktu yang ditawarkan. Deposito berjangka merupakan produk yang memiliki berbagai opsi jangka waktu. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan finansial. Selain itu, bandingkan suku bunga dari berbagai bank, pastikan untuk mendapatkan tawaran terbaik.

Cara Membuka Deposito Berjangka

Membuka deposito berjangka adalah hal yang relatif sederhana. Namun untuk memastikan agar investasi berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Lakukan riset dan bandingkan penawaran dari berbagai bank, hal yang harus diperhatikan adalah bunga, jangka waktu dan syarat-syarat lainnya yang ditawarkan.

Setelah memilih bank dan jenis deposito yang sesuai dengan kebutuhan, mulailah mendatangi cabang bank tersebut atau buka aplikasi perbankan secara online jika tersedia. Bank nantinya akan meminta untuk mengisi formulir yang berisikan soal identitas diri. Pastikan membawa dokumen penting seperti KTP atau SIM sebagai identifikasi diri.

Setelah mengisi formulir, setorkan sejumlah dana yang sudah ditentukan ke dalam deposito berjangka. Setoran ini biasanya dilakukan secara tunai atau transfer bank. Setelah selesai akan ada tanda bukti deposito sebagai tanda bahwa investasi telah diterima.

Deposito WOW, Sebuah Layanan Simpanan Berjangka untuk Masa Depan

Aplikasi neobank dari Bank Neo Commerce telah berhasil meraih kepercayaan lebih dari 27 juta pengguna. PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Berbagai layanan tersedia di aplikasi neobank, mulai dari tabungan, deposito, hingga pinjaman.

Salah satu produk unggulannya adalah Deposito WOW yang menawarkan keuntungan menarik, jangka waktu yang beragam mulai dari 7 hari hingga 12 bulan, serta bebas biaya administrasi. Seluruh transaksi dilakukan dengan transparan, memberikan keamanan bagi para pengguna. Didukung dengan teknologi enkripsi data terbaru yang dapat memastikan keamanan transaksi nasabah.

Suku bunga yang ditawarkan mulai dari 5,50% sampai dengan 8,00% per tahun dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Deposito WOW 7 Hari: 5,50% per tahun
  • Deposito WOW 1 Bulan: 6,25% per tahun
  • Deposito WOW 3 Bulan: 6,75% per tahun
  • Deposito WOW 6 Bulan: 7,50% per tahun
  • Deposito WOW 12 Bulan: 8,00% per tahun

Pastinya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan Deposito WOW ini, namun pahami betul mengenai risiko terkait penarikan deposito sebelum jatuh tempo. Hal tersebut dapat berdampak pada denda atau pengurangan bunga. Mulai menabung di Deposito WOW di aplikasi neobank dan nikmati kemudahannya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags