1. Home
  2. ยป
  3. Duh!
22 Agustus 2024 18:21

7 Potret ricuhnya demo kawal putusan MK, pagar gedung DPR berakhir jebol

Selain di Jakarta, kericuhan juga terjadi di Semarang. Muhammad Rizki Yusrial

Ribuan pendemo dari Gerakan Darurat Indonesia memadati halaman depan Gedung DPR RI. Massa yang mengenakan atribut dan membawa spandukini terdiri dari berbagai elemen masyarakat sipil, termasuk buruh, mahasiswa, dan aktivis. Mereka menggelar aksi untuk menolak pengesahan Revisi UU Pilkada. Demonstrasi ini merupakan bagian dari gerakan 'peringatan darurat Indonesia' yang viral di media sosial setelah DPR dianggap mengabaikan putusan Mahkamah Konstitusi.

Bahkan artis Tanah Air juga turut melakukan protes dan terjun bersama masyarakat lainnya. Salah satunya aktor ternama Tanah Air, Reza Rahadian yang juga turut menyampaikan orasi. Selain itu, sejumlah komedian juga terlihat menyampaikan tuntutan kepada DPR. Mereka termasuk Abdel Achrian, Abdur Arsyad, Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra atau Bintang Emon, Andovi Da Lopez, Ahmad Najmi Hidayat atau Ebel Cobra, Muhammad Rizki Rakelna atau Rigen, Arie Kriting, dan Mamat Alkatiri.

BACA JUGA :
Beda MK dan DPR soal UU Pilkada, begini perbedaan kedudukan MK dan DPR dalam sistem hukum Indonesia


Di hari yang sama, DPR RI membatalkan rapat pengesahan RUU Pilkada yang dijadwalkan pada hari ini Kamis (22/8). Hal tersebut diputuskan karena peserta rapat yang hadir tidak memenuhi kuorum.

Selain di Jakarta, elemen masyarakat juga melakukan demonstrasi dengan tuntutan serupa di berbagai kota. Namun ada beberapa yang berakhir ricuh, seperti di Jakarta dan Semarang. Berikut merupakan kumpulan potret kericuhan demo kawal putusan MK, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/8).

BACA JUGA :
11 Potret kocak poster demonstrasi #KawalPutusanMK, cuitan lawas Ridwan Kamil ternyata relate abis

foto: Liputan6

Aksi demo menolak revisi Undang-Undang Pilkada di Gedung DPR RI berujung ricuh. Massa demo menjebol pagar gedung DPR.

foto: X/@merdekadotcom

Mereka menggoyang-goyang pagar hingga terbuka dan memaksa masuk. Polisi yang berjaga terpaksa mundur beberapa meter dari massa.

foto: X/@merdekadotcom

Kericuhan terjadi di gerbang bagian kanan Gedung DPR RI. Sejumlah massa langsung diamankan oleh aparat.

foto: X/@Jumianto_RK

Polisi juga menyemprotkan water cannon. Akibatnya, seorang mahasiswa pingsan terkena semburan air tersebut.

foto: X/@adultdiv3rsion

Selain di Jakarta, kota lain seperti Semarang juga melakukan aksi serupa. Diketahui, aksi di Semarang juga berujung ricuh.

foto: X/@gusdurians

Massa aksi memaksa masuk gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah dengan mendobrak pagar. Akibatnya, polisi menembakkan gas air mata dan water cannon.

foto: X/@gusdurians

Momen ini membuat massa aksi terpaksa berlarian menghindari gas air mata tersebut.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags