1. Home
  2. ยป
  3. Politik
22 Agustus 2024 08:19

9 Momen Jokowi hadir bersama Prabowo-Gibran di Munas Golkar, singgung soal sosok tukang kayu

Jokowi menyapa para tamu kehormatan di penutupan Munas Partai Golkar XI 2024 pada Rabu (21/8) malam. Syeny Wulandari

Presiden Jokowi semakin memperlihatkan kedekatannya dengan Partai Golkar setelah Bahlil Lahadalia terpilih menjadi ketua umum partai tersebut. Seperti baru-baru ini ia terlihat menghadiri acara penutupan Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu, (21/8).

Di momen tersebut, Jokowi didampingi para ketua umum partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Selain itu, presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga ikut menemani.

BACA JUGA :
8 Potret pakaian adat Jokowi HUT RI dari tahun ke tahun, HUT RI ke-79 pakai adat Kustin Kaltim


Munas Golkar ini memutuskan untuk memilih Bahlil sebagai ketua umum partai berlambang pohon beringin periode 2024-2029. Bahlil menggantikan Airlangga Hartarto yang mundur dari jabatan ketua umum Golkar pada Sabtu, dua pekan lalu.

Saat menyampaikan pidato penutupan Munas Golkar, Jokowi mengenakan kemeja kuning. Dalam pidatonya, ayah Kaesang ini juga sempat menyinggung soal 'si tukang kayu'.

Berikut lebih lengkap momennya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/8).

BACA JUGA :
Pidato Presiden HUT RI ke-79, Jokowi pamer prestasi selama 10 tahun menjabat jadi Presiden

foto: YouTube/Liputan6.com

Sebelum berpidato, Jokowi menyapa para tamu kehormatan di penutupan Munas Partai Golkar XI 2024 pada Rabu (21/8) malam.

foto: YouTube/Liputan6.com

Mula-mula, Jokowi mengucapkan salam dan menyapa Presiden terpilih Prabowo Subianto. Lalu, ia menyapa Wakil Presiden terpilih tanpa menyebut nama Gibran Rakabuming Raka.

foto: YouTube/Liputan6.com

Hadir menggunakan kemeja kuning, Jokowi meminta publik untuk tidak mensalahartikannya. Pasalnya, ia menghargai hajatan besar Partai Golkar yang secara aklamasi punya Ketua Umum baru Bahlil Lahadalia.

foto: YouTube/Liputan6.com

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebut bahwa Partai Golkar membawa kesejukan. Mantan Wali Kota Solo itu pun merasa nyaman berada bersama Golkar.

foto: YouTube/Liputan6.com

Jokowi juga berujar senang Golkar merupakan partai yang terbuka bagi siapa saja. Hal tersebut terlihat dari riwayat ketua umum Partai Golkar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

foto: YouTube/Liputan6.com

Selanjutnya, Jokowi menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan rapat DPR RI tentang UU Pilkada. Jokowi menyebut, keriuhan yang terjadi di media, si tukang kayulah yang disorot.

Instagram/@sianiparsulung29_official

Seperti diketahui, si tukang kayu yang dimaksud adalah analogi sebagai dirinya lantaran sebelumnya Jokowi berprofesi sebagai pengusaha furnitur.

Instagram/@sianiparsulung29_official

Jokowi mengaku tidak mempermasalahkan hal itu lantaran merupakan warna-warni demokrasi.

Instagram/@sianiparsulung29_official

Ia pun mengatakan bahwa semua keputusan maupun kebijakan diserahkan sepenuhnya ke pemegang wewenang seperti di yudikatif maupun legislatif.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags