1. Home
  2. ยป
  3. Politik
30 Agustus 2024 12:20

Sebelum gagal jadi cagub pernah jadi rektor selama 8 tahun, begini 11 potret lawas Anies Baswedan

Masa muda Anies dihabiskan untuk aktif berorganisasi. Syeny Wulandari

Nama Anies Baswedan belakangan ini ramai menghiasi pemberitaan. Seperti diketahui, seusai ditinggalkan oleh sejumlah partai pengusung, tiket Anies sebagai cagub pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 diprediksi hilang meski elektabilitasnya tinggi.

Gagal maju di Pilgub Jakarta, Anies pun sempat mendapat tawaran dari PDI Perjuangan (PDIP) untuk ikut di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024. Namun, dirinya menolak tawaran tersebut dengan alasan tak adanya aspirasi dari masyarakat Jabar untuk Anies.

BACA JUGA :
PDIP tetap akan daftarkan Anies Baswedan maju Pilgub Jakarta pakai putusan MK pada 27 Agustus


Meski demikian, perjalanan karier Anies Baswedan sebelum terjun ke dunia politik cukup panjang dan penuh prestasi. Anies dikenal sebagai akademisi yang cemerlang. Masa mudanya pun dihabiskan untuk aktif berorganisasi.

Lantas seperti apa potret lawas Anies Baswedan? Berikut rangkuman brilio.net dari Instagram @aniesbaswedan, Jumat (30/8).

BACA JUGA :
Hasil rapat Baleg DPR hari ini berpotensi memupuskan harapan Anies Baswedan ikut Pilkada 2024

Instagram @aniesbaswedan

Anies Baswedan tak hanya dikenal dalam dunia akademis, tetapi juga sebagai sosok aktivis sejak dini.

Instagram @aniesbaswedan

Saat masih di SMA, ia menjadi wakil ketua OSIS dan terpilih sebagai ketua OSIS se-Indonesia pada usia 16 tahun.

Instagram @aniesbaswedan

Usai terpilih menjadi ketua OSIS di tahun 1985, Anies bahkan sempat mengikuti program pertukaran pelajar AFS dan tinggal selama satu tahun di Milwaukee, Wisconsin, Ameriak Serikat.

Instagram @aniesbaswedan

Di tingkat perguruan tinggi, Anies aktif sebagai Ketua Senat UGM pada tahun 1992.

Instagram @aniesbaswedan

Masa kepemimpinannya Anies dengan dimulainya gerakan berbasis riset, sebuah tanggapan atas tereksposnya kasus Badan Penyangga dan Pemasaran Cengkeh yang menyangkut putra Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra.

Instagram @aniesbaswedan

Setelah lulus S1, Anies Baswedan melanjutkan S2 di bidang Internasional Security and Economic Policy di University of Maryland, College Park.

Instagram @aniesbaswedan

Tak butuh waktu yang lama bagi Anies untuk mendapatkan gelar doktoralnya, ia juga berhasil menyelesaikan program doktor ilmu politik di Northern Illinois University, Dekalb pada tahun 2001.

Instagram @aniesbaswedan

Pria kelahiran yang lahir pada 7 Mei 1969 ini diketahui memulai karier akademisnya sebagai dosen di Universitas Paramadina pada tahun 2001.

Instagram @aniesbaswedan

Ia kemudian terpilih menjadi Rektor termuda di Universitas Paramadina pada tahun 2007 dan menjabat hingga tahun 2015. Saat itu dirinya diketahui berusi 38 tahun.

Instagram @aniesbaswedan

Saat menjadi tenaga pendidik, Anies juga menggagas gerakan Indonesia Mengajar, sebuah program yang mengirimkan lulusan perguruan tinggi terbaik untuk mengajar di daerah-daerah terpencil selama satu tahun.

Instagram @aniesbaswedan

Anies sendiri terlibat dalam dunia politik sejak tahun 2013, ketika ia ikut serta dalam konvensi calon presiden yang diselenggarakan oleh Partai Demokrat. Waktu itu dirinya mendapatkan peringkat ketiga dalam konvensi tersebut.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags