false
  1. Home
  2. »
  3. Serius
23 Oktober 2024 20:43

9 Potret rapat perdana Kabinet Merah Putih, momen Prabowo izin ngopi di tengah acara curi atensi

Momen santai sempat tercipta saat Prabowo meminta izin untuk minum kopi di tengah acara. Khansa Nabilah
foto: Instagram/@sekretariat.kabinet; Instagram/@erickthohir

Presiden Prabowo Subianto menggelar sidang kabinet paripurna perdana bersama Kabinet Merah Putih di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10). Rapat tersebut dihadiri Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka beserta 48 menteri dan 12 pejabat setingkat menteri.

Suasana sidang berlangsung serius dengan arahan tegas dari Presiden untuk bekerja keras melayani rakyat. Prabowo juga tak segan mengancam akan mencopot menteri yang memiliki kinerja buruk.

BACA JUGA :
Imbas surat resmi kementerian untuk keperluan pribadi, Presiden Prabowo beri imbauan ke para menteri


"Tidak ada orang di sini yang kebal. Yang tidak patuh, tidak bekerja keras untuk bangsa dan negara dan rakyat, saudara saya beri wewenang, copot, suruh tinggal di rumah saja daripada bikin susah kita," tegasnya, dikutip dari Merdeka pada Rabu (23/10).

Momen santai sempat tercipta saat Prabowo meminta izin untuk minum kopi di tengah acara. Suasana ruangan langsung mencair dengan gelak tawa setelah pernyataan tersebut dilontarkan sang Presiden.

"Saya minta izin minum kopi dulu," kata Prabowo disambut dengan gelak tawa. Momen ini muncul saat Prabowo menunggu awak media keluar dari ruangan.

BACA JUGA :
Potret gaya 9 wakil menteri perempuan saat dilantik Prabowo, anggun berkebaya

Sidang kabinet perdana ini menampilkan sejumlah perbedaan dibanding era sebelumnya, mulai dari formasi tempat duduk hingga seragam batik yang dikenakan para peserta. Susunan meja berbentuk kotak melebar dengan posisi strategis tujuh Menteri Koordinator mengapit Presiden dan Wakil Presiden.

Berikut potret momen rapat perdana Kabinet Merah Putih, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (23/10).

© 2024 Instagram/@sekretariat.kabinet

Presiden Prabowo memimpin langsung rapat perdana di Istana Kepresidenan Jakarta. Total 48 menteri dan 12 pejabat setingkat menteri hadir dalam pertemuan tersebut.

© 2024 Instagram/@sekretariat.kabinet

Format rapat menunjukkan gaya kepemimpinan baru dengan susunan meja kotak melebar. Tujuh Menteri Koordinator ditempatkan strategis mengapit Presiden Prabowo dan Wapres Gibran.

© 2024 Instagram/@sekretariat.kabinet

Di sebelah kanan Prabowo, terdapat tiga Menteri Koordinator yang terdiri dari Budi Gunawan, Airlangga Hartarto, dan Zulkifli Hasan. Sementara itu, di sisi kiri Wakil Presiden Gibran, duduk empat Menteri Koordinator lainnya yaitu Pratikno, Yusril Ihza Mahendra, Muhaimin Iskandar, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

© 2024 Instagram/@sekretariat.kabinet

Susunan meja ini berbeda dari saat rapat kabinet ala Jokowi. Biasanya, para menteri Jokowi akan duduk melingkar dalam meja besar lantaran jumlah menteri Prabowo lebih "gendut".

© 2024 Instagram/@sekretariat.kabinet

Para menteri dan jajarannya terlihat kompak memakai batik sebagai busana perdana dalam rapat kabinet tersebut.

© 2024 Instagram/@erickthohir

Dalam rapat ini, Prabowo menekankan pentingnya program kerja terukur dan sinergi antar kementerian. Program swasembada pangan dan energi menjadi prioritas utama pemerintahan.

© 2024 Instagram/@erickthohir

Menteri diminta mengurangi kegiatan seremonial dan perjalanan luar negeri. Fokus utama kabinet adalah program kerja efektif yang berdampak langsung bagi masyarakat.

© 2024 Instagram/@erickthohir

Selama rapat, Prabowo bersikap tegas dengan memberikan peringatan-peringatan. Ia tidak akan segan mencopot pejabat yang memiliki kinerja buruk.

© 2024 Instagram/@sekretariat.kabinet

Prabowo juga mengarahkan para menteri untuk segera menyiapkan program kerjanya masing-masing. Pasalnya, sewaktu-waktu mereka akan dipanggil untuk melakukan koordinasi.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags