1. Home
  2. ยป
  3. Serius
15 Agustus 2024 12:26

Diminta lepas hijab demi keseragaman, intip 9 potret anggota Paskibraka 2024 saat pengukuhan di IKN

Pengukuhan dilakukan dalam sebuah upacara dengan Presiden Jokowi bertindak selaku pembina upacara. Muhammad Rizki Yusrial
foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Viral di media sosial soal anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) putri yang dilarang mengenakan jilbab. Momen ini terjadi saat pengukuhan 76 anggota Paskibraka yang disiarkan langsung lewat YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa 13 Agustus 2024.

Presiden Joko Widodo melantik Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Pengukuhan dilakukan dalam sebuah upacara dengan Kepala Negara bertindak selaku pembina upacara.

BACA JUGA :
Paskibraka putri lepas jilbab demi keseragaman, ini aturan seragam anggota paskib perempuan


Namun, sebanyak 18 anggota Paskibraka putri yang berhijab harus melepas jilbabnya dengan alasan keseragaman. Netizen geram dan menyayangkan tindakan tersebut karena dianggap melanggar hak individu dan prinsip kebebasan beragama.

Berikut merupakan kumpulan potret anggota Paskibraka yang melepas hijabnya saat pengukuhan. Semuanya dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (15/8).

BACA JUGA :
Momen detik-detik paskibraka ambruk saat penyerahan duplikat bendera dan teks proklamasi tiba di IKN

YouTube/@Sekretariat Presiden

Isu terkait pelarangan anggota paskibraka mengenakan jilbab saat pengukuhan ini mendapat sejumlah kritik. Tidak hanya netizen, tapi juga politisi, akademisi dan berbagai kalangan.

YouTube/@Sekretariat Presiden

Banyak yang menyebut, aturan ini berasal dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

YouTube/@Sekretariat Presiden

Setelah berita ini viral, Yudian Wahyudi kepada BPIP langsung menyampaikan permohonan maaf.

YouTube/@Sekretariat Presiden

Namun, Yudian menegaskan bahwa BPIP sama sekali tidak melakukan pemaksaan terhadap anggota paskibraka untuk melepas jilbabnya.

YouTube/@Sekretariat Presiden

BPIP menegaskan bahwa pakaian, atribut, dan sikap Paskibraka saat pengukuhan dan pengibaran Sang Merah Putih pada upacara kenegaraan adalah bentuk kesukarelaan mereka untuk mematuhi peraturan yang berlaku, dan hanya diterapkan pada acara tersebut.

YouTube/@Sekretariat Presiden

Lebih lanjut Yudian menyampaikan bahwa Paskibraka sebaiknya seragam untuk menjaga kebhinekaan dan kesatuan Indonesia saat Proklamasi.

YouTube/@Sekretariat Presiden

Saat pendaftaran, setiap calon Paskibraka Tahun 2024 secara sukarela menyampaikan surat pernyataan di atas materai Rp10.000 yang menyatakan kesediaan mematuhi peraturan serta persyaratan terkait pakaian dan sikap sesuai Surat Edaran Deputi Diklat Nomor 1 Tahun 2024.

YouTube/@Sekretariat Presiden

Selain di YouTube Kesekretariatan Negara, dugaan tersebut menguat sekali Jokowi mengunggah foto sesuai pengukuhan. Memang terlihat tidak ada anggota Paskibraka wanita yang mengenakan jilbab.

YouTube/@Sekretariat Presiden

Padahal sebelumnya, tidak sedikit dari mereka yang tampil berhijab. Hal ini terlihat saat mereka menjalani masa latihan.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags