false
  1. Home
  2. ยป
  3. Serius
20 Oktober 2024 11:59

Jadi Presiden tertua-Wapres termuda, 11 momen khidmat pelantikan Prabowo dan Gibran Rakabuming

Prabowo dilantik di usia ke-73 tahun, sementara Gibran di usia 37 tahun Sri Jumiyarti Risno

Tepat pada 20 Oktober 2024, sejarah baru tercipta di Indonesia dengan pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden. Pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029, dilaksanakan dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat di Gedung MPR.

Sidang pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB hingga selesai yang dihadiri oleh mantan Presiden Jokowi, Presiden-Wapres terpilih Prabowo-Gibran, mantan wapres Ma'ruf Amin, mantan presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, anggota DPR, MPR, hingga kepala negara maupun kepala pemerintah negara sahabat sekaligus tamu khusus lainnya.


Pelantikan yang berlangsung penuh khidmat ini menjadi titik balik penting dalam perjalanan politik Prabowo dan Gibran. Dengan Prabowo membawa segudang pengalaman sebagai tokoh militer dan politik, serta Gibran yang dikenal sebagai sosok muda yang inovatif, kolaborasi ini diharapkan mampu membawa dinamika baru dalam pemerintahan.

Sah menjabat Presiden, Prabowo Subianto tercatat sebagai Presiden tertua Indonesia. Ia dilantik di usia ke-73 tahun, menggantikan BJ Habibie yang sebelumnya menjadi presiden tertua Indonesia pada usia 61 tahun. Semetara, Gibran Rakabuming sebagai wakil presiden (wapres) termuda yang dilantik pada usia 37 tahun.

Penasaran seperti apa momen pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI masa jabatan 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, dilansir brilio.net dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (20/10).

YouTube/Sekretariat Presiden

Begini momen saat menjelang pelantikan Prabowo-Gibran, disini presiden Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo sekaligus para wakilnya melangkah menuju ruang Sidang Paripurna MPR.

YouTube/Sekretariat Presiden

Awal pelantikan, presiden Jokowi duduk di sebelah kiri sedangkan Prabowo sebelah kanan. Jokowi kenakan beskap hitam sedangkan Prabowo kenakan beskap dongker dengan bawahan kain adat serta songkok.

YouTube/Sekretariat Presiden

Sementara itu, di sisi lain ada Gibran Rakabuming dan Ma'ruf Amin yang kenakan beskap hitam beserta songkok.

YouTube/Sekretariat Presiden

Tak hanya itu, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ke-8 ini, Prabowo didampingi anaknya Didit Prabowo, sedangkan Gibran didampingi sang istri Silvia.

YouTube/Sekretariat Presiden

Usai ketua MPR, H. Ahmad Muzani membacakan sambutan, dilanjutkan dengan sumpah Presiden dan Wapres, begini saat Prabowo Subianto mengucapkan sumpah janji jabatan.

YouTube/Sekretariat Presiden

Selanjutnya, Gibran Rakabuming Raka selaku wakil presiden terpilih membacakan sumpah jabatan.

YouTube/Sekretariat Presiden

Setelah itu, dilanjutkan dengan proses penandatangan berita acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ke-8.

YouTube/Sekretariat Presiden

Beginilah momen penandatangan berita acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo-Gibran yang penuh khidmat sebagai tanda sah menjadi Pemimpin Indonesia periode 2024-2029.

YouTube/Sekretariat Presiden

Selanjutnya, penyerahan berita acara pelantikan oleh Ketua MPR kepada Presiden-Wapres, Prabowo-Gibran.

YouTube/Sekretariat Presiden

Setelah resmi dilantik, Prabowo-Gibran langsung menduduki kursi presiden-wapres yang sebelumnya diduduki oleh Jokowi-Ma'ruf Amin.

YouTube/Sekretariat Presiden

Terakhir, tak lupa momen pidato pertama Prabowo Subianto setelah sah didapuk menjadi Presiden ke-8 Indonesia.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags