1. Home
  2. »
  3. Serius
10 Agustus 2024 15:00

Pesawat jatuh di Brasil tewaskan 62 orang, begini 7 kondisi lokasi kejadian di pemukiman Sao Paulo

Warga sekitar tidak ada yang mengalami luka. Muhammad Rizki Yusrial

Sebuah pesawat jatuh di negara bagian Sao Paulo, Brasil. Dilansir dari antaranews, menurut pengumuman otoritas setempat pada Jumat (9/8), seluruh penumpang dan kru pesawat komersial yang berjumlah 62 orang tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut.

Menurut Osmir Cruz, sekretaris keamanan kota setempat, pesawat yang dikenal sebagai Voepass penerbangan 2283 jatuh di dekat sebuah rumah di Vinhedo, barat laut ibu kota negara bagian. Sementar itu, tidak ada yang terluka di area yang menjadi tempat jatuhnya pesawat.

BACA JUGA :
Pria asal Madiun ini dapat hadiah naik pesawat gratis seumur hidup, kisah di baliknya bikin iri


Pesawat tersebut lepas landas dari Kota Cascavel, di Negara Bagian Parana, dan menuju Bandara Internasional Guarulhos di Sao Paulo yang terletak lebih jauh ke timur laut. Berdasarkan laporan dari platform pelacakan pesawat Flightradar, penerbangan itu mengalami penurunan ketinggian sekitar 4.000 meter (sekitar 13.100 kaki) dalam waktu sekitar satu menit.

Berikut potret kondisi kejadian saat pesawat tersebut jatuh, brilio.net himpun dari berbagai sumber, Sabtu (10/8).

X/@_pabilaEsok_

Seorang warga sempat merekam detik-detik sebelum pesawat jatuh. Pesawat tersebut terlihat kehilangan kendali lalu berputar-putar di udara. Beberapa detik kemudian, pesawat pun jatuh di area pemukiman di Sao Paulo, Brasil.

X/@_pabilaEsok_

Setelah jatuh, pesawat langsung meledak dan mengeluarkan api.

X/@_pabilaEsok_

Pihak berwenang mengatakan pesawat mendarat di kawasan permukiman, tetapi tidak ada seorang pun warga setempat yang terluka.

X/@_pabilaEsok_

Imbas kecelakaan tersebut, ada satu rumah di kompleks kondominium setempat yang rusak.

X/@_pabilaEsok_

Salah seorang warga bernama Felipe menjadi saksi mata pada kejadian tersebut. Namun ia tidak bisa melakukan apa pun sebab pesawat sudah terbakar. Felipe berlari keluar dari rumahnya di kota Vinhedo untuk melihat tempat pesawat jatuh itu. "Karena takut dan tidak tahu harus berbuat apa, saya melompati tembok," katanya.

X/@pabilaEsok

Presiden Brasil, Luiz Inácio Lula da Silva, mengungkapkan rasa solidaritasnya kepada keluarga dan teman-teman para korban. Sementara itu, Gubernur negara bagian Sao Paulo, Tarcísio Gomes de Freitas, mengumumkan masa berkabung selama tiga hari.

X/@David Ordaz

Sampai saat ini pihak maskapai mengaku belum bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai penyebab jatuhnya pesawat beregistrasi PS-VPB tersebut.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags