false
  1. Home
  2. ยป
  3. Sosok
17 Oktober 2024 10:10

9 Momen Bahlil Lahadalia raih gelar doktor dari UI, lulus cumlaude dalam waktu 1,5 tahun

Disertasinya berjudul "Kebijakan, Kelembagaan, dan Tata Kelola Hilirisasi Nikel yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia" Khansa Nabilah
foto: Instagram/@bahlillahadalia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia kembali mencatatkan prestasi gemilang dalam dunia akademis. Pria kelahiran Sofifi, Maluku Utara ini berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Indonesia dengan predikat cumlaude.

Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen Bahlil dalam mengembangkan diri di tengah kesibukan sebagai pejabat negara. Disertasinya yang berjudul "Kebijakan, Kelembagaan, dan Tata Kelola Hilirisasi Nikel yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia" memberikan sumbangsih penting bagi perkembangan industri pertambangan tanah air.

BACA JUGA :
4 Tokoh ini santer disebut-sebut bakal jadi calon menteri Jokowi


Hasil penelitiannya mengungkap empat masalah utama dampak hilirisasi yang membutuhkan penyesuaian kebijakan. Sidang promosi doktor Bahlil dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin.

Meski cukup kontroversial lantaran hanya menyelesaikan S3 selama 1,5 tahun, berikut 9 momen Bahlil meraih gelar doktor dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (17/10).

BACA JUGA :
Kini jadi Menteri ESDM, 7 potret rumah lawas Bahlil yang terbengkalai ini jadi saksi perjuangannya

YouTube/MerdekaDotCom

Bahlil Lahadalia berhasil menyelesaikan studi S3 di Universitas Indonesia dalam waktu kurang dari dua tahun. Pencapaian ini menunjukkan dedikasi dan kerja keras Bahlil dalam mengejar pendidikan tinggi di tengah kesibukannya sebagai menteri.

YouTube/MerdekaDotCom

Sidang promosi doktor Bahlil digelar di Gedung Makara Art Center, Kampus Universitas Indonesia, Depok.

YouTube/MerdekaDotCom

Bahlil meraih gelar Doktor Bidang Kajian Stratejik dan Global dengan predikat cumlaude. Prestasi ini membuktikan kualitas akademis Bahlil yang luar biasa.

Instagram/@bahlillahadalia

Disertasi Bahlil berjudul "Kebijakan, Kelembagaan, dan Tata Kelola Hilirisasi Nikel yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia". Topik ini sangat relevan dengan posisinya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Instagram/@bahlillahadalia

Sejumlah pejabat tampak menghadiri sidang untuk promosi gelar
doktornya.

Instagram/@bahlillahadalia

Tampak mantan wakil presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin duduk bersebelahan dalam acara tersebut.

YouTube/MerdekaDotCom

Setelah sidang, terlihat Bahlil berdiri di hadapan para guru besar yang menguji untuk mendapatkan masukan dalam penelitiannya.

Instagram/@bahlillahadalia

Bahlil diketahui mendapatkan predikat cumlaude saat lulus S3 untuk program studinya di Kajian Stratejik dan Global hanya dalam waktu 1,5 tahun saja.

Instagram/@bahlillahadalia

Gelar doktor yang diraih Bahlil diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar bagi kemajuan bangsa Indonesia.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags