1. Home
  2. ยป
  3. Sosok
24 Agustus 2024 14:00

9 Transformasi Iriana Jokowi dari awal menikah hingga jadi ibu negara, perubahannya kini tuai atensi

Dari anggun berkebaya sederhana, kini penampilan ibu negara lebih elegan dengan untaian perhiasan. Muhammad Rizki Yusrial

Terhitung 10 tahun sudah Iriana Jokowi menjadi ibu negara mendampingi suaminya, Presiden Joko Widodo memimpin Indonesia. Wanita kelahiran 1 Oktober 1963 ini mengemban jabatan sebagai ibu negara sejak 20 Oktober 2014. Selain sebagai ibu negara, sejak dulu, Iriana juga sudah memegang beberapa jabatan, salah satunya ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Surakarta dari tahun 2005 hingga 2012.

Iriana selalu setia menemani sang suami dalam berbagai kondisi, baik suka maupun duka. Ia dikenal sebagai pribadi yang cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Dari mendampingi suaminya sebagai pegawai, pengusaha, hingga pejabat publik, hingga akhirnya mencapai posisi sebagai ibu negara. Ibu tiga anak ini menjalani perannya dengan penuh dedikasi.

BACA JUGA :
Momen Iriana Jokowi joget di Makassar saat ramai protes tolak revisi UU Pilkada, aksinya tuai kecaman


Sebagai ibu negara, kehidupan Iriana Jokowi tak pernah lepas dari sorotan. Termasuk soal penampilannya sejak dulu hingga sudah dua periode menjadi ibu negara Republik Indonesia. Iriana Jokowi dikenal sebagai sosok yang sederhana dengan penampilan yang nggak neko-neko. Iriana lebih memilih tampil sederhana, dengan riasan dan tatanan rambut yang tidak mencolok seperti istri pejabat lainnya. Dia sangat menyayangi keluarganya dan tetap merasa nyaman melakukan pekerjaan rumah sendiri meskipun ada asisten rumah tangga yang siap membantu.

Namun di akhir masa jabatan sang suami, perubahan pada penampilan Iriana Jokowi menuai sorotan. Dulunya, tak ada aksesori mewah yang mengalung di lehernya, maupun deretan gelang di lengannya. Kini, sang ibu negara tampil lebih stylish dan modis dengan busana rancangan hingga aksesori dan makeup yang lebih berani. Hal ini pun bikin publik menilai penampilan Iriana Jokowi berubah dari yang dulunya lebih sederhana dan natural, menjadi lebih tertata dan elegan.

Berikut merupakan kumpulan transformasi dari Iriana Jokowi yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (24/8).

BACA JUGA :
Jadi tamu istimewa, 11 potret momen Presiden Joko Widodo jadi saksi di pernikahan Thariq dan Aaliyah

berbagai sumber

Iriana menikah dengan Presiden Joko Widodo pada tanggal 24 Desember 1986. Keduanya dikaruniai 3 orang anak yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

berbagai sumber

Diketahui, Jokowi menikahi Iriana hanya dengan cincin kawin seharga Rp24 ribu.

berbagai sumber

Ia sudah menjadi istri pejabat sejak sang suami terpilih menjadi Walikota Solo pada 2005 hingga 2012.

berbagai sumber

Karir suami menanjak hingga hijrah ke DKI Jakarta dan terpilih menjadi gubernur. Saat itu, Iriana masih menjadi sosok yang berpenampilan sederhana.

berbagai sumber

Bahkan, dalam sebuah kesempatan ia mengaku tidak mendapatkan coklat dari sang suami ketika perayaan hari Valentine. "Weleh weleh, saya enggak pernah dikasih coklat, enggak doyan maklum wong ndeso," kata Iriana dikutip dari merdeka.com yang terbit pada tahun 2013.

berbagai sumber

Saat sang suami, Jokowi terpilih menjadi Presiden RI di tahun 2014, Iriana hanya tampil dengan kebaya sederhana saat mendampingi sang suami menghadiri berbagai acara.

berbagai sumber

Kini penampilannya lebih stylish dengan makeup yang menyala.

berbagai sumber

Bahkan dalam sebuah foto bersama menantunya Erina, ibu tiga anak ini juga mengenakan perhiasan yang mencolok.

berbagai sumber

Tidak seperti dulu, pilihan warna lipstik Iriana juga tampak berubah. Ia kerap menggunakan warna-warna cerah, alih-alih natural.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags