1. Home
  2. »
  3. Sosok
1 Juli 2024 18:45

Wanita asal Solo ini pernah tolak lamaran Sri Sultan Hamengku IX, begini 11 potretnya yang memesona

Bukan hanya Sri Sultan Hamengku IX, wanita asal Solo ini beberapa kali dilamar oleh tokoh-tokoh nasional. Muhammad Rizki Yusrial
foto: Instagram/@Lokraofficieel

Indonesia sejak dulu telah banyak mencetak tokoh-tokoh wanita. Selain Kartini, nama yang tak kalah populer adalah Gusti Noeroel, salah satu Pura Mangkunegaran dari K.G.P.A.A. Mangkoenagoro. Wanita yang memiliki paras ayu ini memiliki nama lengkap Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Kusumawardhani.

Pada masanya, beliau merupakan seorang putri yang punya pikiran maju. Hal ini bertolak belakang dengan kehidupannya di dalam Pura yang penuh layanan abdi dalem. Sebagai seorang putri, hari-harinya selalu dipenuhi dengan suara klenengan dan gamelan. Akan tetapi, Gusti Noeroel tidak menolak mendengarkan lagu-lagu barat, menunggang kuda dan bermain tenis. hal ini sekaligus menunjukkan bahwa beliau merupakan orang yang modern.

BACA JUGA :
Pria WNI ini bagikan penampakan pulau Jawa yang ada di Belanda, 9 potretnya perlihatkan becak Jepara


Karena kecerdasannya tersebut, Gusti Noeroel digandrungi oleh banyak pria. Dalam buku yang berjudul "Gusti Noeroel: Streven Naar Geluk (Mengejar Kebahagiaan)" disebutkan bahwa dia beberapa kali dilamar oleh tokoh-tokoh nasional. Salah satunya adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Saat itu, Gusti Noeroel dipanggil oleh ayahnya untuk membicarakan sesuatu. Ternyata saat itu telah datang utusan Hamengku Buwono IX dari Yogyakarta yang menanyakan kabarnya. Tak cuma itu, tujuannya tentu ingin meminang Gusti Noeroel sebagai istri. Lantas, Gusti Noeroel terkejut dengan pernyataan ayahnya itu.

Awalnya, dia berpikir bahwa menjadi permaisuri sultan bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali tanggung jawab dalam kedudukan itu. Meski demikian, tentu banyak wanita yang mengidamkan posisi tersebut. Namun, hal ini justru menjadi pertimbangan bagi Gusti Noeroel.

BACA JUGA :
15 Contoh bela negara di lingkungan sekolah memupuk jiwa nasionalisme

Dia juga teringat pada wajah yang ibu yang dianggapnya telah menderita. Setiap hari, raut wajahnya selalu menunjukkan ekspresi duka. Ibunya yang merupakan putri keraton Yogyakarta telah menjalani kehidupan pernikahan dengan seorang ningrat Solo yang memiliki wanita lain di luar dirinya. Karena itu, Gusti Noeroel sering mendapat pesan agar dirinya jangan sampai dimadu.

Akhirnya dia memberanikan diri mengangkat wajah sembari menatap sang ayah. Gusti Noeroel menyampaikan keberatannya untuk menjadi istri Hamengku Buwono IX. Syukurnya ayahnya mengerti dan memenuhi permohonan Gusti Noeroel.

Sri Sultan HB IX pun merupakan tokoh yang punya hati besar. Meski telah ditolak oleh Gusti Noeroel, dia tetap menjalin hubungan baik dengan keluarga Gusti Noeroel. Pernah suatu ketika, mereka bertatap muka dan Sultan mendesak untuk mengetahui alasan, mengapa dirinya ditolak. Gusti Noeroel lantas menjawab bahwa dia benar-benar tidak bisa tidur karena dimadu. Mendengar jawaban itu sultan hanya memberi reaksi senyum.

Lalu seperti apa sih potret Gusti Noeroel yang berhasil memikat hati para tokoh nasional? Berikut potretnya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (1/7).

foto: Instagram/@Javaunique

1. Seperti putri-putri kerajaan Jawa pada umumnya, penampilan Gusti Noeroel selalu mengenakan kain, berkebaya, dan menggulung rambut.

foto: Instagram/@Lokraofficieel

2. Semasa dirinya hidup, dimadu merupakan hal yang sangat wajar di lingkungannya.

foto: Instagram/@goto.gotogether

3. Meski demikian, Gusti Noeroel punya tekad begitu kuat ingin menjadi satu-satunya istri bagi pasangannya nanti.

foto: Instagram/@Oldies_in_color

4. Penampilannya yang menawan dan kecerdasan yang dipunya, membuatnya dipinang oleh berbagai pria. Tak cuma Sri Sultan HB IX, ada juga G.P.H Djatikusumo seorang panglima saat itu.

foto: Instagram/@Potolawas

5. Setelah itu, ada lagi sosok yang mencoba mendekatinya, kali ini bukan berasal dari suku Jawa. Siapa sangka, Sutan Sjahrir ternyata juga pernah mencoba meminangnya. Sayang sekali hubungan mereka tidak bisa berlanjut. Bukan karena Sjahrir sudah punya istri, melainkan persoalan orientasi politik. Sjahrir merupakan tokoh Partai Sosialis Indonesia, yang tidak mungkin menikahi putri bangsawan feodal.

foto: Instagram/@Rumisiddharta

6. Bung Karno pun masuk dalam daftar panjang pria yang terpikat dengan Gusti Noeroel. Namun, dia mengaku tak pernah mendengar pernyataan itu langsung dari tokoh revolusi tersebut. Gusti Noeroel justru mendengar dari istrinya Bu Hartini yang mengatakan bahwa Bung Karno hanya sebatas mengagumi saja.

foto: Facebook/@Indonesia Tempo Doeloe

7. Setelah didekati oleh banyak pria, akhirnya hati Gusti Noeroel terpikat pada sosok pria bernama R.M Soejarsoejarso Soerjosoerarso. Pria tersebut merupakan duda beranak satu. Mereka menikah pada 24 Maret 1954.

foto: Instagram/@Potolawasofficial

8. Gusti Noeroel mengaku saat bertemu dengan suaminya itu, ada perasaan deg-degan yang tak biasa yang kemudian dinamakan dengan cinta.

foto: Instagram/@Irawangregorius

9. Dari pernikahan tersebut dia dikarunia tujuh orang anak.

foto: Instagram/@Irawangregorius

10. Gusti Noeroel mengatakan bahwa suaminya merupakan seorang muslim yang taat. Dia kerap melihat sang suami mengajak anak-anaknya sholat. Makanya, wanita idaman tokoh nasional tersebut mengaku beruntung mendapat suami Mas Jarso.

foto: Instagram/@Oldies_in_color

11. Gusti Noeroel Tutup usia Selasa 11 November 2015 di usianya yang 94 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Solo.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags