1. Home
  2. »
  3. Ragam
24 September 2024 05:15

10 Buku yang menjadi inspirasi hidup Elon Musk, ada Lord of The Rings

Kecintaan Elon Musk pada membaca juga sangat mempengaruhi perjalanan kariernya. Annisa Endriyati Utami

Brilio.net - Elon Musk, seorang pengusaha terkenal, tumbuh besar di Afrika Selatan. Masa kecilnya penuh tantangan, termasuk perundungan di sekolah yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit setelah dilempar dari tangga oleh sekelompok anak laki-laki, menurut The Guardian.

Di usia remaja, Musk meninggalkan Afrika Selatan menuju Kanada dan berkuliah di Queen's University di Kingston, Ontario. Kemudian, ia pindah ke University of Pennsylvania, namun menghadapi kesulitan finansial. Untuk membayar sewa, Musk dan teman-teman sekamarnya mengubah rumah mereka yang memiliki 10 kamar menjadi klub malam.

BACA JUGA :
Ulasan buku What I Talk About When I Talk About Running oleh Haruki Murakami, refleksi mendalam


Setelah lulus, Musk memulai program PhD di Stanford tetapi keluar hanya dalam dua hari untuk mengejar karir di bidang wirausaha. Usaha pertamanya, sebuah perusahaan perangkat lunak bernama Zip2 yang didirikan bersama saudaranya Kimbal, menghadapi tantangan awal. Dalam pidato tahun 2014, Musk berbagi bahwa ia tidur di sofa kecil di kantor karena tidak mampu menyewa apartemen. Ia juga memiliki utang sebagai mahasiswa yang signifikan saat bekerja di Zip2.

"Ketika kami memulai perusahaan pertama kami (Zip2) pada tahun 1995, saya memiliki hutang mahasiswa lebih dari USD 100 ribu, sebuah komputer yang saya rakit sendiri, dan beberapa ribu dolar," tulis Musk dalam sebuah tweet. Tantangan awal ini membentuk kesuksesan Musk di kemudian hari. Kecintaannya pada membaca juga sangat mempengaruhi perjalanan kariernya.

Berikut adalah 10 buku yang direkomendasikan oleh Elon Musk yang mengubah hidupnya dan bisa mengubah hidup Anda juga:

BACA JUGA :
Ulasan buku Spare oleh Pangeran Harry, kisah kehidupan di balik istana

  1. Foundation Series oleh Isaac Asimov

    Seri Foundation oleh Isaac Asimov adalah kumpulan buku fiksi ilmiah terkenal. Ceritanya tentang seorang matematikawan bernama Hari Seldon yang menemukan cara untuk memprediksi masa depan galaksi menggunakan matematika. Seri ini mengeksplorasi bagaimana masyarakat berubah dalam jangka waktu yang sangat lama dan pentingnya ilmu pengetahuan.

    The Lord of the Rings oleh J.R.R. Tolkien

    The Lord of the Rings adalah buku fantasi tentang Frodo, seorang hobbit, yang berusaha menghancurkan cincin jahat untuk menyelamatkan dunianya dari seorang penguasa gelap. Sekelompok teman membantunya dalam petualangan yang mendebarkan. Ini adalah kisah tentang keberanian dan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. "Pahlawan dalam buku yang saya baca, The Lord of the Rings dan seri Foundation, selalu merasa memiliki kewajiban untuk menyelamatkan dunia," kata Musk dalam sebuah wawancara dengan The New Yorker.

    The Moon Is a Harsh Mistress oleh Robert Heinlein

    Novel fiksi ilmiah lainnya dalam perpustakaan Musk adalah The Moon Is a Harsh Mistress oleh penulis fiksi ilmiah Amerika, Robert Heinlein. Ceritanya berlatar di Bulan dan berputar di sekitar perjuangan koloni lunar untuk merdeka dari Bumi. Dalam sebuah wawancara di MIT's Aero/Astro Centennial, Elon Musk memuji The Moon Is A Harsh Mistress sebagai salah satu karya terbaik Heinlein, menurut TOI.

    Structures: Or Why Things Dont Fall oleh J.E. Gordon

    Buku ini menjelaskan bagaimana berbagai objek sehari-hari tidak runtuh. Menggunakan contoh dunia nyata, buku ini mengeksplorasi ilmu dan teknik di balik stabilitas struktur. Penulis J.E. Gordon adalah salah satu pendiri ilmu material dan biomekanika. "Ini bagus jika Anda ingin pengantar tentang desain struktural," kata Musk dalam sebuah wawancara dengan KCRW, sebuah stasiun radio di Amerika.

    Benjamin Franklin: An American Life oleh Walter Isaacson

    Benjamin Franklin: An American Life oleh Walter Isaacson adalah biografi tentang bapak pendiri Amerika, penulis, ilmuwan, dan penemu, Benjamin Franklin. Buku ini menceritakan kisah tahun-tahun awalnya sebagai magang saudaranya di sebuah toko percetakan dan pencapaiannya sebagai ilmuwan dan penemu. Menurut Business Insider, Musk berbicara sangat baik tentang Franklin dalam sebuah wawancara dengan Kevin Rose. "Dia (Benjamin Franklin) adalah seorang pengusaha. Dia memulai dari nol. Dia hanya seorang anak pelarian. Franklin sangat luar biasa," kata Musk.

    Einstein: His Life and Universe oleh Walter Isaacson

    Einstein: His Life and Universe oleh sejarawan dan jurnalis Amerika, Walter Isaacson, adalah biografi yang menceritakan kisah Albert Einstein, salah satu ilmuwan paling luar biasa dalam sejarah. Buku ini mengeksplorasi kehidupan Einstein, dari tahun-tahun awalnya hingga penemuan-penemuan revolusionernya dalam fisika.

    Zero to One: Notes on Startups, or How to Build the Future oleh Peter Thiel

    Zero to One adalah buku oleh pengusaha dan penulis Amerika, Peter Thiel, tentang membangun startup yang sukses dan menciptakan sesuatu yang baru. Buku Thiel menawarkan wawasan tentang inovasi, persaingan, dan rahasia membangun bisnis. "Peter Thiel telah membangun beberapa perusahaan terobosan, dan Zero to One menunjukkan caranya," kata Musk, menurut Amazon.com.

    Superintelligence: Paths, Dangers, Strategies oleh Nick Bostrom

    Buku ini mengeksplorasi konsekuensi potensial dari menciptakan mesin atau kecerdasan buatan yang dapat melampaui kecerdasan manusia. Penulis Nick Bostrom, seorang filsuf Swedia, juga membahas strategi untuk memastikan AI bermanfaat bagi umat manusia daripada merugikannya.

    Ignition!: An Informal History of Liquid Rocket Propellants oleh John D. Clark

    Buku ini oleh ilmuwan dan penulis fiksi ilmiah John D. Clark menjelaskan pengembangan propelan roket yang dapat berhasil membawa manusia ke luar angkasa. Buku ini mendalami ilmu dan sejarah bagaimana para ilmuwan dan insinyur menciptakan bahan bakar eksplosif yang dibutuhkan untuk roket. "Ada buku bagus tentang roket yang disebut Ignition! oleh John Clark yang menyenangkan," kata Musk dalam salah satu wawancaranya, menurut TOI.

    Life 3.0 oleh Max Tegmark

    Sebuah buku terlaris New York Times, Life 3.0 oleh fisikawan Swedia-Amerika Max Tegmark adalah buku lain tentang kecerdasan buatan yang direkomendasikan oleh Musk. Penulis mengeksplorasi masa depan kecerdasan buatan dan implikasi sosialnya, yang dapat mengarah pada bentuk kehidupan baru (Life 3.0).

Dengan membaca buku-buku ini, bisa memahami lebih dalam tentang pemikiran dan inspirasi yang membentuk perjalanan hidup Elon Musk.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags