Contoh kewajiban siswa di sekolah dasar supaya timbul budaya saling menghormati

Contoh kewajiban siswa di sekolah © berbagai sumber

foto: unsplash.com

6. Menjaga kerukunan antar teman

Selain kepada guru, sikap rukun dan saling menghormati serta menghargai juga harus ditujukan kepada sesama teman sebaya. Baik yang sudah duduk di kelas tinggi, maupun dengan para murid yang masih duduk di kelas pertama. Menjaga kerukunan antar teman dapat ditunjukkan dengan beberapa pola perilaku, seperti membantu teman yang kesulitan, saling aktif bekerja sama, tidak berkelahi, dan juga saling menghibur satu sama lain.

Jika ada konflik diantara teman, kamu harus berupaya merelai keduanya agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Para guru juga dapat menerapkan beberapa poin tersebut dengan pelatihan atau penugasan personan terhadap para siswa di sekolah dasar.

7. Menjaga dan merawat fasilitas sekolah

Contoh kewajiban siswa selanjutnya ialah dengan menjaga serta merawat fasilitas sekolah dengan baik. Seluruh sarana dan fasilitas sekolah harus dirawat secara bersama-sama dari seluruh tingkatan murid hingga guru. Jika tidak ada peraturan yang mengatur hal ini, akibatnya banyak sarana atau fasilitas sekolah yang menjadi rusak hingga terbengkalai.

Alhasil jika sudah terjadi demikian, beberapa rangkaian kegiatan belajar mengajar akan mengalami kendala. Adapun fasilitas sekolah yang dimaksud yakni sepeti, buku pelajaran, alat peraga pembelajaran, toilet, dan masih banyak lagi. Perlu adanya kesadaran tingkat tinggi agar semuanya semakin sadar dan memiliki jiwa memiliki.

8. Patuh terhadap seluruh peraturan sekolah yang berlaku

Mematuhi aturan adalah bukti kedisiplinan paling dasar. Jika siswa dan guru melakukan pelanggaran, maka ia berhak mendapatkan hukuman yang sesuai agar ia jera. Beberapa peraturan dasar yang harus dipatuhi seluruh siswa dan tenaga pendidik yakni tidak boleh terlambat datang ke sekolah, tidak boleh mencontek saat ujian, tidak boleh berlaku kasar baik secara verbal maupun non-verbal, dan masih banyak lagi.

Dengan mematuhi peraturan-peraturan sekolah, dan melakoni kewajiban sebagai siswa sekolah dasar, maka para siswa akan terus ditempa sebagai seorang manusia yang memiliki sifat kedisiplinan yang tinggi.

9. Menyelesaikan tugas dengan tepat waktu

Penugasan ataupun pengarahan dari para guru terhadap siswa haruslah dikerjakan dengan tepat waktu. Jika dikerjakan tepat waktu akan semakin memupuk jiwa kedisipilinan yang tinggi dalam jiwa para siswa. Biasanya para guru akan memberikan tenggat waktu terhadap pengerjaan tugas materi pembelajaran di luar kelas. Jika ada siswa yang tidak mengerjakan ataupun mengerjakan tugas tersebut diluar jam yang telah disepakati, maka ia berhak mendapat hukuman yang sesuai.

10. Berprilaku sopan dan santun kepada semua orang

Contoh kewajiban siswa di sekolah dasar yang terakhir adalah berprilaku sopan dan santun kepada semua orang. Perilaku sopan dan santun tersebut ditunjukkan seperti halnya, menghormati teman, tidak mencela atau menghina teman, salim dan hormat kepada guru, serta berprilaku baik terhadap semua orang, termasuk para tenaga petugas sekolah seperti satpam, ataupun pengurus kebersihan.

Jika hal ini diteruskan akan menumbuhkan rasa respect dalam jiwa sang murid terhadap siapapun. Begitu pula bagi siswa yang melakukan aksi dan tindak pelanggaran, perlu diarahkan dan dibina dengan sebaik-baiknya.

Itulah 10 contoh kewajiban siswa di sekolah dasar, bikin kegiatan belajar di sekolah semakin rukun. Harapannya, kamu mampu melakukan seluruh kewajiban-kewajiban itu agar kamu menjadi seorang siswa yang berkarakter mulia. Semoga informasi ini bermanfaat ya!