Teks berita bahasa Jawa 8.
Kecelakaan neng Pantai Parangtritis
Kecelakan segara bali kedadean neng pantai Parangtritis, dina Minggu (19/11/2021), sekitar gebug 13.00 WIB. Kecelakaan iki nimpa telu bocah wadon yaiku Nicky Fitriani (15), Marini (38), lan Sunarti (39), ketelune warga Sragen, Jawa tengah. Kronologi kedaden kawitan pas rombongan keluarga saka Sragen Tengah plesiran neng Yogyakarta lan adus neng pantai Parangtritis.
BACA JUGA :
25 Contoh krama inggil beserta artinya, sangat mudah
Saking dolanan banyu, ketelu korban ora eling nglangi menyang tengah nganti palung laut. Wektu adus dumadakan ketelu korban keseret ombak menyang kidul, ujar Brigadir Sunarto, anggota SAR Polairud Polda DIY, dikutip saka laman resmi Polda DIY. Untunge , korban cepet bisa dievakuasi dadine ora ana korban jiwa jero kadadean iki. Brigadir Suharto ngelengeke kanggo para wisatawan pantai supaya bisa nggatekake tanda lan ngutamakne kaslametan wektu nglangi.
Artinya:
Kecelakaan di Pantai Parangtritis
BACA JUGA :
9 Contoh pidato bahasa Jawa, mudah dan ringkas
Kecelakaan di laut terjadi di Pantai Parangtritis, Minggu (19/11/2021), sekitar pukul 13.00 WIB. Kecelakaan ini menimpa tiga gadis, Nicky Fitriani (15), Marini (38), dan Sunarti (39), ketiganya asal Sragen, Jawa Tengah. Kronologisnya pertama kali terjadi ketika sekelompok keluarga dari Sragen Tengah berlibur ke Yogyakarta dan mandi di pantai Parangtritis.
Dari bermain di air, ketiga korban tidak ingat berenang ke tengah laut. "Saat mandi, korban ketiga tiba-tiba terseret ombak ke selatan," kata Brigadir Sunarto, anggota SAR Polsek Polairud DIY, dikutip dari laman resmi Polda DIY. Beruntung para korban cepat dievakuasi sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Brigjen Suharto mengingatkan para pengunjung pantai untuk memperhatikan rambu-rambu dan mengutamakan keselamatan saat berenang.
Teks berita bahasa Jawa 9.
Kecelakaan maun ning Dalan Sriwijaya.
Polrestabes Semarang isih nyelidiki sebab saka kecelakaan maut neng dalan Sriwijaya, ngarep TBRS, dina Rabu (6/1) nuli sing ngakibatake loro (2) wong mati. Nganti wingi, polisi durung bisa mriksa Hanif, korban slamet kecelakaan amarga isih nglakoni perawatan neng Rumah sakit.
Kita butuh korban sing slamet kanggo dijaluki katrangan awal marang kedadean kecelakaan kesebut. Mengko yen wis dipriksa bisa meruhi amergane apa, Tembung Panit Laka Lakantas Polrestabes Semarang Iptu Jumantri marang Wartawan, dina Kamis tanggal 7 januari kepengker.
Jenasah pengendara Honda Vario putih umur sekitar telung puluh (30) taun, nduwe awak kurus, kulit werna sawo mateng, ngrambut cendhak kanthi nggunakne klambi putih kembang-kembang wektu iki isih neng kamar mayit RSUP dr Kariadi. Saka pakoleh penelusuran ing TKP, korban ngrupakne bakul pitik potong neng pasar Karangayu. Nanging kanggo mestekne kita arep nglakoke penelusuran lan panggolekan identitas amarga dheweke ora nggawa identitas arepa SIM utawa STNK, tambahe.
Artinya:
Kecelakaan itu terjadi di Dalan Sriwijaya.
Polsek Semarang masih menyelidiki penyebab kecelakaan maut di Jalan Sriwijaya, depan TBRS, Rabu (6/1) yang mengakibatkan 2 (dua) orang meninggal dunia. Hingga kemarin, polisi belum bisa memeriksa Hanif yang selamat dari kecelakaan tersebut karena masih menjalani perawatan di rumah sakit.
"Kami membutuhkan para penyintas untuk dimintai keterangan awal tentang kecelakaan itu. Nanti kalau sudah kita cek, bisa diketahui apa penyebabnya," kata Panit Laka Lakalantas Polsek Semarang Iptu Jumantri kepada wartawan, Kamis 7 Januari lalu.
Jenazah pengendara Honda Vario berwarna putih berusia sekitar tiga puluh (30) tahun, berbadan kurus, kulit sawo matang, berambut pendek dan berbaju putih bermotif bunga masih berada di kamar jenazah RSUP dr Kariadi. Dari hasil penggeledahan di TKP, korban merupakan penjual ayam potong di pasar Karangayu. Namun untuk memastikan kami akan mencari dan menemukan identitas mereka karena mereka tidak membawa identitas mereka seperti SIM atau STNK, tambahnya.
Teks berita bahasa Jawa 10.
Bahasa Jawa Kebudayaan Rasulan
Umume, rasulan utawa resik desa dilakoke saentek masa panen, ning neng desa Salam, Kecamatan Patuk beda, upacara rasulan dilakoke justru ing ngarep musim tanem.
Dudu siji penyimpangan, iki hal sing logis lan mlebu nalar. Substansi resik desa tetep padha. Rasulan sakwise masa panen kuwi manifestasi ucapan syukur, samentara resik desa jelang musim tandur yaiku wujud donga neng awal kemempengan tandur. Rujuane, ben produksi pertanian ningkat, tembung Ngadiyo, Kabag pamerentahan desa Salam neng balai desa sapanggon, Minggu (15/11/2015).
Resik desa kuwi uga diisi saka kemempengan wayang lulang karo dalang Ki Kuwat Hadi Samono, dalang kondang saka Kanigoro sing panitaya menggelar pementasan. dheweke mileh lakon Tumuruning Wahyu Sekar Slogoimo sing jebulna sealur karo kekarepan warga.
Dalang iki nyeritoke, negeri Amarta sing dikomandani Prabu Yudhistira lagi diuji saka alam.
Produksi pangan jeblok alias wurung total. pamburine, kawula diguncang paceklik. larang pangan bisa neng dhuwuri sadawa pandawa nyaka wahyu sekar slogoimo. Padmanaba, raja Dwarawati menehi saran supaya keluarga Pandawa nyedhaki gedung penyimpanan pusaka kerajan. digamblangna, sacacah pusaka bakal bergeser.
Dekne kabeh ngobah menyang karang kabolotan, panggon tinggal wulu cumbu Amarta, Semar Bodronoyo. Berdoa bareng punokawan, pandawa kedadeyan nyaka sekar slogoimo. kuwi gambaran kebarengan neng jero donya pakeliran. neng alam yekti, ora adoh beda. pangarep arep meraih sukses manakala dheweke tandhang gawe bareng rakyat. kekedadeyanan tentu kudu diawali karo doa. kuwi amergane rasul desa awake dhewe lakoke neng awal cocok tandur, gamblang Ngadiyo.
Artinya:
Budaya Jawa Rasulan
Pada umumnya rasulan atau pembersihan desa dilakukan pada saat musim panen, di desa Salam, Kecamatan Patuk berbeda, upacara rasulan dilakukan tepat sebelum musim tanam.
Ini bukan penyimpangan, ini hal yang logis dan wajar. Substansi bersih desa tetap sama. Rasulan setelah musim panen merupakan wujud rasa syukur, sedangkan membersihkan kampung sebelum musim tanam merupakan bentuk doa di awal musim tanam. Alasannya agar produksi pertanian meningkat," kata Ngadiyo, Kepala Desa Salam di balai desa Sapanggon, Minggu (15/11/2015).
Kebersihan desa juga diisi dengan pertunjukan wayang golek dengan dalang Ki Kuwat Hadi Samono, dalang terkenal dari Kanigoro yang menyelenggarakan pertunjukan tersebut. Ia memilih lakon "Tumuruning Wahyu Sekar Slogoimo" yang ternyata sejalan dengan keinginan masyarakat.
Dalang mengatakan bahwa negeri Amarta yang dipimpin oleh Raja Yudhistira sedang diuji oleh alam.
Total produksi makanan. pada akhirnya, saya diguncang oleh kelaparan. makanan mahal bisa tinggi sepanjang waktu Anda ingin melihat visi slogoimo. Padmanaba, raja Dwarawati menyarankan agar keluarga Pandawa mendekati bangunan penyimpanan pusaka kerajaan. dijelaskan, warisan akan bergeser.
Semuanya pindah ke karang kabolotan, tempat tinggal bulu cumbu Amarta, Semar Bodronoyo. Berdoa bersama dengan teman-teman, ketika sesuatu terjadi, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal. itulah gambaran kebersamaan dalam dunia kebingungan. dalam kehidupan nyata, tidak jauh berbeda. berharap untuk mencapai kesuksesan ketika dia bekerja dengan orang-orang. Acara harus diawali dengan doa. itu karena rasul desa sendiri yang melakukannya di awal agar cocok untuk ditanami, jelas Ngadiyo.
Teks berita bahasa Jawa 11.
Budaya Jogja Dados Warisan Nasional
Siji meneh sing dadekne kebudayaan Jogja tambah patut kanggo diapresiasi. Papat barang lan kemempengan asli Yogyakarta dimestekne mlebu dadi warisan budaya nasional ora benda saka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, yaiku: Mubeng Beteng, Masakan Gudeg, Omah Joglo lan Saparan Bekakak.
Kepala Bidang Sejarah, Purbakala, lan Museum Dinas Kebudayaan DIY Erlina Hidayati ngomongke, proses nganti kapapate ditetepke dadi warisan budaya nasional nyat cukup suwe kawet taun 2014 nuli. Rencanane, sertifikat penetapan arep diserahkan nang tanggal 20 Oktober sing badhe dateng. Penetapane wis bulan September nuli, yen penyerahan sertifikate durung, turene, Kamis (15/10/2015).
Salah siji warisan budaya sing wis ditetepke dadi asset nasional yakni tapa bisu Mubeng Beteng nduweni aji filosofis amarga bersifat komunitas utawa ngundang akeh masyarakat kanggo terlibat neng jerone. Mawa mengandung unsur tunggal gilig utawa gotong royong sing kuwat, saiki nggak mung dadi warisan Jogja, ning uga warisan budaya Indonesia, tambahe.
Artinya:
Budaya Jogja Jadi Warisan Nasional
Satu hal lagi yang membuat budaya Jogja lebih layak untuk diapresiasi. Empat benda dan tradisi asli Yogyakarta yang diharapkan menjadi warisan budaya takbenda nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, yaitu: Mubeng Beteng, Masakan Gudeg, Omah Joglo dan Saparan Bekakak.
Kepala Bidang Sejarah, Purbakala, dan Museum Dinas Kebudayaan DIY Erlina Hidayati mengatakan, proses hingga pepaya ditetapkan sebagai cagar budaya nasional memakan waktu cukup lama hingga 2014. Rencananya, sertifikat persetujuan akan diserahkan pada 20 Oktober mendatang. "Keputusannya sudah September, tapi sertifikatnya belum diserahkan," katanya, Kamis (15/10/2015).
Salah satu warisan budaya yang telah ditetapkan sebagai aset nasional adalah Silaturahmi Mubeng Beteng yang memiliki nilai filosofis karena merupakan komunitas atau mengajak banyak orang untuk terlibat di dalamnya. Mawa mengandung unsur tunggal yang kuat atau gotong royong, sekarang bukan hanya warisan Jogja, tetapi juga warisan budaya Indonesia, tambahnya.