1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
7 Mei 2023 23:03

15 Contoh kegiatan gotong royong di sekolah, lengkap dengan penjelasannya

Gotong royong adalah suatu bentuk kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mengerjakan tugas-tugas. Sri Jumiyarti Risno
Contoh kegiatan gotong royong di sekolah.

Contoh kegiatan gotong royong di sekolah.

foto: pexels.com

BACA JUGA :
Cara mendaftar sekolah kedinasan 2021 dan kuota yang tersedia


1. Membersihkan lingkungan sekolah.

Kegiatan gotong royong yang paling umum adalah membersihkan lingkungan sekolah. Siswa dapat berpartisipasi dalam membersihkan kelas, ruang makan, lapangan olahraga, atau bahkan taman sekolah. Kegiatan ini dapat membantu membangun rasa tanggung jawab dan kerjasama di antara siswa, serta memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.

2. Merapikan perpustakaan.

BACA JUGA :
8 Instansi buka sekolah kedinasan per April, begini cara daftarnya

Siswa juga dapat berpartisipasi dalam merapikan perpustakaan sekolah. Kegiatan ini meliputi menata buku-buku, menghapus debu, dan memeriksa kembali ketersediaan buku. Melalui kegiatan ini, siswa dapat memahami pentingnya menjaga kerapian dan ketersediaan sumber belajar di sekolah.

3. Menanam pohon atau tanaman.

Menanam pohon atau tanaman dapat menjadi kegiatan gotong royong yang bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang lingkungan dan ekosistem. Selain itu, siswa dapat belajar tentang teknik penanaman dan perawatan tanaman, dan juga memperbaiki kualitas udara di sekitar lingkungan sekolah.

4. Membuat karya seni atau dekorasi.

Siswa dapat bekerja sama untuk membuat karya seni atau dekorasi untuk lingkungan sekolah. Kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas siswa, mengembangkan keterampilan seni, dan memperindah lingkungan sekolah.

5. Gotong royong dalam membuat jalan setapak.

Siswa dapat berpartisipasi dalam membuat jalan setapak untuk memudahkan akses ke area tertentu di sekolah. Kegiatan ini meliputi menggali dan menata batu atau bata, dan dapat membantu memperbaiki infrastruktur sekolah serta memperbaiki keamanan siswa.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags