1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
19 September 2024 04:30

25 Bahasa gaul Gen Alpha yang viral di medsos, lengkap dengan artinya

Penting untuk memahami bahasa gaul ini agar tidak ketinggalan tren Dwiyana Pangesthi
foto: freepik.com

Brilio.net - Bahasa gaul selalu berkembang seiring dengan zaman, dan setiap generasi punya istilah khasnya sendiri. Gen Alpha, generasi yang tumbuh dengan akses penuh ke teknologi dan media sosial, telah menciptakan banyak istilah baru yang sering terdengar di platform seperti TikTok, Instagram, dan Twitter.

Bahasa-bahasa ini digunakan untuk mengekspresikan diri, mengomentari sesuatu, atau hanya sekadar menambah humor di percakapan sehari-hari. Meskipun sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, tidak semua orang paham dengan makna sebenarnya dari istilah-istilah tersebut.

BACA JUGA :
Arti kata tantrum dalam bahasa gaul, pahami pengertian dan cara menanganinya


Beberapa kata mungkin terdengar asing atau aneh bagi mereka yang tidak familiar dengan dunia digital. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahasa gaul ini agar tidak ketinggalan tren dan bisa berkomunikasi dengan lebih baik dengan generasi muda.

Jika ingin berkomunikasi lebih lancar dengan Gen Alpha, daftar istilah ini bisa menjadi panduan. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (18/9), 25 istilah gaul dari Gen Alpha yang sedang viral beserta artinya.

1. Sigma

BACA JUGA :
Apa arti crush dalam bahasa gaul? Lengkap dengan cara mudah menarik perhatian gebetan

foto: freepik.com

Sigma merujuk pada seseorang yang mandiri dan tidak mudah dipengaruhi orang lain. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan individu yang kuat dan memiliki karakter dominan. Sigma juga bisa diartikan sebagai pemimpin yang tidak membutuhkan validasi dari orang lain.

2. Simp

Simp digunakan untuk menyebut seseorang yang terlalu mengagumi seseorang, hingga mengabaikan kebutuhan diri sendiri. Biasanya istilah ini digunakan untuk merujuk pada mereka yang berlebihan dalam memberikan perhatian kepada orang yang disukai.

3. Clout

Clout berarti pengaruh atau kekuatan yang dimiliki seseorang di media sosial. Seseorang dengan banyak clout biasanya memiliki banyak pengikut dan dianggap berpengaruh dalam membentuk opini atau tren.

4. ATE.

ATE merupakan singkatan dari "amazing" atau "great." Kata ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang luar biasa atau memukau, seperti penampilan seseorang atau kejadian yang mengesankan.

5. Ohio.

Kata Ohio menjadi sinonim untuk segala hal yang aneh dan absurd. Biasanya digunakan untuk menggambarkan kejadian atau hal yang tidak biasa atau terlalu aneh untuk dijelaskan.

6. Sheesh.

foto: freepik.com

Ekspresi ini digunakan untuk menyampaikan keterkejutan atau kekaguman yang sangat besar. "Sheesh" sering diucapkan dengan nada panjang untuk menekankan perasaan tersebut.

7. Cap.

Cap artinya berbohong atau mengada-ngada. Sebaliknya, "no cap" digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu itu benar atau jujur.

8. Gyatt.

Gyatt adalah istilah pujian yang biasanya ditujukan pada perempuan dengan bentuk tubuh yang menarik. Istilah ini sering digunakan dalam konteks yang memuji secara fisik.

9. Delulu.

Delulu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang hidup dalam khayalan atau ilusi yang tidak realistis. Biasanya ini digunakan dalam konteks seseorang yang terlalu percaya pada sesuatu yang tidak masuk akal.

10. Flex.

Flex merujuk pada tindakan memamerkan sesuatu, seperti kekayaan, prestasi, atau barang mahal, dengan cara yang mencolok. Seseorang yang suka flexing sering menunjukkan gaya hidupnya di media sosial.

11. Mad Lit.

Mad Lit digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat keren atau menarik. Istilah ini sering dikaitkan dengan musik atau gaya hidup yang dianggap luar biasa.

12. Rizz.

Rizz adalah istilah yang menggambarkan seseorang dengan pesona atau karisma luar biasa. Biasanya, seseorang dengan rizz mudah menarik perhatian dalam pergaulan sosial.

13. Ratio'd.

Ratio'd adalah istilah ketika balasan pada suatu konten jauh lebih banyak daripada jumlah suka atau bagikan. Ini biasanya menunjukkan bahwa konten tersebut mendapatkan banyak kritik.

14. Sikibidi.

foto: freepik.com

Sikibidi adalah istilah viral dari media sosial yang tidak memiliki makna khusus, tetapi sering digunakan dalam konteks humor atau keanehan. Istilah ini menambah unsur lucu pada video atau meme.

15. Negative Aura.

Negative aura menggambarkan seseorang yang membawa suasana atau energi yang buruk. Biasanya digunakan untuk menilai seseorang yang dianggap tidak menyenangkan atau selalu berpikiran negatif.

16. Slay.

Slay berarti seseorang yang tampil atau beraksi dengan sangat baik. Kata ini sering digunakan sebagai pujian atas penampilan yang luar biasa.

17. Sus.

Singkatan dari suspicious, Sus digunakan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang yang mencurigakan. Biasanya dipakai dalam konteks situasi yang tidak jelas atau meragukan.

18. Bet.

Bet digunakan sebagai ungkapan persetujuan atau konfirmasi. Biasanya diartikan sebagai "oke" atau "setuju" dalam sebuah percakapan.

19. Lore.

Lore adalah istilah yang merujuk pada latar belakang atau cerita suatu hal, sering kali terkait dengan dunia fiksi seperti video game atau acara TV.

20. Fanum Tax.

foto: freepik.com

Istilah ini digunakan secara humoris untuk menggambarkan biaya tidak resmi atau hal-hal yang harus dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu, terutama dalam konteks konten media sosial.

21. Cringe.

Cringe digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang membuat seseorang merasa canggung, malu, atau tidak nyaman. Biasanya ini terjadi ketika seseorang bertindak aneh atau berlebihan.

22. Brainrot.

Brainrot adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketertarikan berlebihan pada suatu topik sampai mengganggu pikiran. Biasanya digunakan untuk merujuk pada kecanduan konten yang tidak bermakna. Istilah ini dipopulerkan melalui TikTok.

23. Goat.

Singkatan dari Greatest of All Time, Goat digunakan untuk menyebut seseorang yang dianggap terbaik dalam bidangnya, seperti olahraga atau seni.

24. Basic.

Basic adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang yang dianggap standar atau tidak unik. Biasanya digunakan dalam konteks negatif untuk merujuk pada hal-hal yang tidak istimewa.

25. Mog dan Looksmaxxing.

Mog berarti membandingkan penampilan fisik dengan orang lain. Sementara Looksmaxxing adalah usaha untuk memaksimalkan penampilan fisik melalui berbagai cara, seperti perawatan kulit, diet, atau operasi.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags