1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
27 September 2022 22:42

25 Contoh ide pokok paragraf beserta penjelasannya, simpel dan mudah

Sebuah ide pokok letaknya pada kalimat utama dari suatu paragraf. Brilio.net
Ciri-ciri ide pokok paragraf

B. Ciri-ciri ide pokok paragraf.

Ciri-ciri ide pokok berikut ini akan sangat membantu kamu dalam menentukan ide pokok pada saat membaca contoh soal ide pokok. Beberapa ciri-ciri ide pokok di antaranya :

1. Memuat persoalan pokok atau permasalahan inti
2. Permasalahan inti disampaikan secara eksplisit pada kalimat utama
3. Ide pokok mempunyai kalimat penjelas atau kalimat pendukung dari kalimat utamanya
4. Kalimat penjelas atau kalimat pendukung disampaikan secara lebih khusus atau penjelas.

BACA JUGA :
Contoh kalimat langsung dan tidak langsung, perbedaan dan ciri-cirinya


C. Cara menentukan ide pokok dalam paragraf.

Cara menentukan ide pokok sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja kamu perlu fokus dan teliti pada saat membaca setiap paragrafnya. Berikut adalah cara lengkap yang dapat kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dalam paragraf.

1. Baca seluruh paragraf dengan cermat.
Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan membaca paragraf secara cermat dan teliti. Namun, apabila kamu sedang mengerjakan sebuah soal, alangkah baiknya kamu membaca terlebih dahulu pertanyaan atau perintah dari soal tersebut.

2. Cermati kalimat pertama hingga akhir.
Cara kedua yang dapat kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan mencermati kalimat pertama sampai kalimat terakhir. Paragraf sendiri biasanya memiliki susunan kalimat yang terdiri dari beberapa kalimat yang perlu kamu cermati pada saat membacanya. Hal ini dilakukan agar kamu dapat meminimalisir kalimat dalam paragraf yang terlewat atau bisa juga lupa untuk dibaca.

BACA JUGA :
Kalimat imperatif adalah: ini pengertian, ciri-ciri, dan jenisnya

3. Bacalah setiap kalimat.
Cara ketiga yang dapat kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan membaca setiap kalimatnya. Dalam beberapa contoh paragraf yang ada, ide pokok biasanya terletak di awal, di akhir, atau bisa juga berada di awal dan akhir dari suatu paragraf. Dengan membaca secara cermat dan teliti keseluruhan teks, maka akan dapat mencegah adanya kalimat yang terlewat.

4. Menandai ide pokok dalam kalimat utama.
Cara ketiga yang dapat kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan menandai ide pokok. Ide pokok kerap kali berada dalam kalimat utama. Kalimat utama sendiri dapat dipahami sebagai kalimat yang memuat deskripsi atau mewakili isi dari keseluruhan paragraf.

Selain itu, kalimat utama terdiri dari pernyataan umum yang rinci dan detail serta diikuti dengan kalimat yang lain. Salah satu tanda kalimat yang memiliki ide pokok yaitu kalimat yang tidak memuat kata acuan seperti itu, tersebut, dan akhiran-nya. Kalimat utama lebih sering menggunakan kata kunci, mulai dari seperti adalah, intinya, jadi, yang terpenting, pada prinsipnya, sebagai kesimpulannya, dengan demikian, dan lain sebagainya.

5. Tandai informasi penting dalam paragraf.
Cara terakhir yang dapat kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dalam suatu paragraf adalah dengan menandai informasi penting dalam paragraf. Informasi penting dari suatu paragraf pada dasarnya mengandung tentang kata kunci.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags