1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
1 Juli 2024 16:45

4 Contoh teks MC lomba pidato Bahasa Arab, lengkap dengan terjemahannya

Referensi yang bisa kamu gunakan untuk latihan sebagai MC dalam Bahasa Arab. Sri Jumiyarti Risno
foto: freepik.com

Brilio.net - Contoh teks MC lomba pidato Bahasa Arab ini jadi salah satu referensi yang bisa kamu gunakan untuk latihan sebagai MC. Sebelum itu, kamu perlu tahu apa itu MC. Master of ceremony atau sering disingkat MC yakni seseorang yang bertanggung jawab dalam memandu jalannya sebuah acara mulai dari awal hingga akhir.

Menilik artinya, MC memegang tanggung jawab penting untuk memastikan agar acara berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Terdapat beberapa tanggung jawab yang perlu diketahui seorang MC, yaitu menyambut para audiens, menguasai urutan acara, hingga mampu mengontrol suasana acara agar lebih hidup dan menyenangkan.

BACA JUGA :
30 Contoh teks biografi berbagai tokoh terkenal, dijamin makin semangat menggapai cita-cita


Meski bukan permintaan yang sering dijumpai, namun ada kalanya sebuah acara harus menggunakan berbagai bahasa, termasuk Bahasa Arab. Nah, contoh teks MC lomba pidato Bahasa Arab dan terjemahannya ini jadi pembelajaran yang tepat untuk menguasai jalannya acara dalam Bahasa Arab. Lantas apa saja contohnya?

Yuk simak ulasan lengkap contoh teks MC lomba pidato Bahasa Arab dan terjemahannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (1/7).

1. Contoh teks MC lomba pidato Bahasa Arab tentang pendidikan, lengkap dengan artinya.

Teks Bahasa Arab:

BACA JUGA :
9 Kata sambutan tuan rumah singkat, sederhana, dan bikin tamu merasa dihargai

foto: Istimewa

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Para hadirin yang terhormat, selamat datang di tempat yang berkah ini. Hari ini kita dengan bangga menyelenggarakan kompetisi pidato dalam bahasa Arab yang mengangkat tema pendidikan. Pendidikan dan pembelajaran adalah dua pilar utama dalam membangun masyarakat yang berlandaskan pengetahuan dan moralitas. Oleh karena itu, dialog dan diskusi mengenai pendidikan memiliki peran penting dalam semua aspek kehidupan sosial.

Kami mengundang para peserta yang berbakat untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk mengikuti kompetisi ini, dengan tujuan menyampaikan suara mereka dengan aturan yang baik dan gagasan yang bermanfaat kepada dunia. Mari kita sambut setiap pembicara dengan bangga, dan mari kita jadikan pengalaman ini bermanfaat dan menyenangkan bagi semua orang.

2. Contoh teks MC lomba pidato Bahasa Arab tentang kelestarian lingkungan, lengkap dengan artinya.

Teks Bahasa Arab:

foto: Istimewa

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Para hadirin yang terhormat, selamat datang di tempat yang berkah ini. Hari ini kita berkumpul di bawah atap kompetisi pidato dalam bahasa Arab yang memfokuskan pada lingkungan dan upaya pelestariannya. Lingkungan adalah tema yang harus ada dalam pemikiran setiap individu, karena itu merupakan dasar kelangsungan hidup dan masa depan generasi mendatang.

Kita hadir di sini hari ini untuk menyoroti masalah-masalah lingkungan yang mengancam planet kita, dan untuk mencari solusi efektif dalam melestarikan dan meningkatkan kondisinya. Kompetisi hari ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengemukakan ide-ide dan pandangan mereka dalam bahasa Arab, serta untuk bersama-sama membahas masa depan lingkungan dan tindakan yang dapat kita ambil untuk melindunginya.

3. Contoh teks MC susunan acara lomba pidato Bahasa Arab kebersihan lingkungan sekolah, lengkap dengan artinya.

Teks Bahasa Arab:

foto: Istimewa

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Para hadirin yang terhormat, selamat datang di tempat yang baik ini, di mana diadakan kompetisi pidato dalam bahasa Arab mengenai kebersihan di sekolah. Hari ini kita akan bertukar informasi dan pengalaman antara peserta, untuk melihat bagaimana kita semua dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

1. Pembukaan acara.

Kami memulai acara ini dengan membacakan ayat dari Al-Quran yang mengingatkan kita akan pentingnya kebersihan dan keteraturan dalam kehidupan sehari-hari kita.

2. Sambutan.

Kami menyambut hadirin dan para peserta, dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi mereka dalam kompetisi penting ini.

3. Peluncuran kompetisi.

Kami memperkenalkan para peserta dan menjelaskan tentang topik dan pentingnya kebersihan dalam kehidupan sehari-hari kita, serta mengundang mereka untuk menyampaikan pidato mereka dengan ide yang jelas dan meyakinkan.

4. Sesi diskusi.

Kami membuka sesi untuk diskusi dan pertukaran pendapat antara peserta, dan mendorong mereka untuk berbagi ide tentang bagaimana meningkatkan kebersihan di sekolah.

5. Penutup.

Sebagai penutup, kami mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi, dan mengumumkan penutupan kompetisi dengan harapan kesuksesan bagi semua peserta.

4. Contoh teks MC lomba puisi Bahasa Arab tentang pendidikan, lengkap dengan artinya.

Teks Bahasa Arab:

foto: Istimewa

Terjemahan Bahasa Indonesia:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Para hadirin yang terhormat, selamat datang di tempat yang indah ini, di mana kita berbagi keindahan dan kehalusan dengan kata-kata puitis dalam kompetisi puisi Bahasa Arab. Hari ini kita merayakan keindahan puisi dan menyampaikan cahaya tentang seni ekspresi yang halus dalam bahasa Arab, yang memenuhi hati dengan keindahan dan inspirasi.

1. Pembukaan acara.

Kami memulai acara ini dengan membacakan puisi yang indah, yang mengekspresikan kegembiraan kami atas pertemuan dengan Anda semua dan atas puisi Arab yang elegan.

2. Sambutan

Kami menyambut hadirin dan para peserta, memuji usaha mereka dalam menyajikan puisi Arab yang luar biasa, dan mengumumkan dimulainya kompetisi.

3. Penyampaian puisi.

Kami memberi kesempatan kepada peserta untuk menyajikan puisi mereka yang luar biasa, yang mencerminkan keindahan dan emosi dalam bahasa Arab.

4. Sesi diskusi.

Kami membuka diskusi dan pertukaran pendapat tentang puisi dan kesan yang dihasilkannya.

5. Penyerahan hadiah.

Setelah selesai dengan puisi, kami akan menyerahkan hadiah kepada para pemenang dengan bangga dan kebanggaan, dan kami mengakhiri dengan mengucapkan selamat kepada semua atas partisipasi mereka yang luar biasa.

6. Penutup.

Sebagai penutup, kami mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah hadir dan berpartisipasi, dan mengundang Anda untuk berkumpul di acara berikutnya untuk melanjutkan perjalanan keindahan dan ekspresi dalam bahasa Arab.

Skill yang dibutuhkan sebagai MC.

1. Punya kemampuan publik speaking yang baik, yakni cerdas dalam bertutur kata, humoris, hingga memiliki penampilan yang rapi sekaligus menarik.

2. Menguasai jalannya acara, di mana sebagai master of ceremony tentu saja kamu wajib menguasai jadwal acara. Tujuannya agar tidak linglung atau bingung rangkaian acara yang berlangsung. Terpenting agar acara bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

3. Peka terhadap situasi apapun. Kemampuan ini penting untuk MC agar bisa memahami situasi yang kondusif, kurang kondusif, audiens mulai bosan dan sejenisnya. Terlebih, MC juga perlu memahami kebutuhan audiens maupun narasumber sehingga bisa memberikan pengalaman yang terbaik bagi seluruh orang yang hadir dalam acara tersebut.

Tips menjadi MC.

1. Latihan berbicara depan publik. Contohnya ketika di depan kelas jangan ragu untuk tunjukkan kemampuan berbicara. Jika diminta bernyanyi, membaca, atau apapun di depan kelas lakukanlah. Hal ini melatih rasa kepercayaan diri sekaligus pembawaan yang lebih berani untuk tampil di depan umum.

2. Kembangkan berpikir logis dan pembawaan yang tenang. Nah, untuk sampai ke tahap MC profesional memang butuh waktu tetapi harus dilatih sejak dini. Misalnya melatih rasa percaya diri, berpikir logis dengan membaca maupun berdiskusi, serta melatih kesabaran untuk berbicara lebih tenang dan tertawa. Tentu dengan gaya bicara yang jelas, lugas, serta mudah dipahami.

3. Berani tampil jadi MC di acara kecil. Misalnya jadi MC di acara sekolah, upacara setiap hari Senin, dan beragam kesempatan lainnya. Learning by doing dapat membuat kamu jauh lebih berpengalaman, sebab secara langsung bisa menganalisis mana hal yang perlu dikembangkan sebagai MC.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags