1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
19 September 2024 12:28

5 Petunjuk memilih skincare aman dan berkualitas untuk pemula

Panduan praktis untuk memilih produk skincare yang aman dan efektif. Editor
Ilustrasi Kosmetik Credit: pexels.com/Susan

Memilih produk skincare yang tepat bisa jadi seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami, terutama bagi kamu yang baru mulai merawat kulit. Dengan banyaknya pilihan yang ada, penting banget untuk memahami fungsi dari setiap produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pengetahuan ini bukan hanya membantu kamu memilih produk yang tepat, tapi juga memastikan produk tersebut aman dan efektif. Selain memahami fungsi utama dari produk skincare, kamu juga perlu tahu cara penggunaannya. Penggunaan yang benar bisa memaksimalkan manfaat produk dan mencegah efek samping yang tidak diinginkan.


Jadi, selalu perhatikan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan dan pastikan untuk mengikuti langkah-langkah tersebut dengan tepat. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk skincare. Bahan-bahan berbahaya bisa merusak kulit dan berdampak negatif terhadap kesehatan dalam jangka panjang.

Selalu periksa daftar bahan pada kemasan produk dan hindari bahan-bahan yang diketahui berbahaya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat memilih skincare:

1. Periksa Kemasan

Langkah pertama adalah memeriksa kondisi kemasan produk. Kemasan yang baik harus dalam kondisi utuh, dengan bentuk dan warna yang merata. Pastikan kemasan tidak penyok, rusak, atau pecah.

2. Cek Label

Menurut Perka BPOM Nomor 30 Tahun 2020, kosmetik wajib mencantumkan label yang lengkap. Label ini harus mencakup nama kosmetik, netto, kegunaan, cara penggunaan, komposisi, peringatan, 2D barcode, nama pemohon notifikasi, nomor notifikasi, nomor batch, dan tanggal kedaluwarsa.

3. Izin Edar

Pastikan kosmetik yang kamu pilih memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Nomor notifikasi biasanya diawali dengan kode 'N', diikuti satu huruf dan 11 digit angka.

4. Periksa Izin BPOM

Untuk memeriksa izin edar kosmetik, kamu bisa mengunjungi situs cekbpom.pom.go.id atau menggunakan aplikasi BPOM mobile dengan memindai barcode 2D.

5. Cek Tanggal Kadaluarsa

Setiap produk kosmetik memiliki masa kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa biasanya ditulis dalam format tanggal-bulan-tahun atau bulan-tahun. Selain itu, periksa juga peringatan publik di situs web BPOM untuk informasi mengenai kosmetik ilegal dan bahan berbahaya yang dilarang.

Source: liputan6.com / Novita Ayuningtyas
Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dengan bantuan Artificial Intelligence dengan pemeriksaan dan kurasi oleh Editorial.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags