1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
15 Juni 2024 10:00

6 Cara mudah mendekorasi teras dengan prinsip feng shui, mendatangkan rezeki dan kedamaian di rumah

Menata perabotan dengan teknik feng shui dipercaya bisa menciptakan energi positif di rumah. Sri Jumiyarti Risno

Brilio.net - Bagi sebagian orang menata rumah tidak asal begitu saja, ada perhitungan yang tepat hingga menelisik dari kepercayaan tertentu. Salah satunya menata rumah dengan prinsip feng shui. Nah, ilmu feng shui menjadi kepercayaan orang Tionghoa kuno yang berfokus pada penempatan elemen-elemen dasar feng shui dalam suatu ruangan.

Prinsip dasar ilmu feng shui yaitu elemen kayu, api, bumi, logam dan air untuk menciptakan keseimbangan dalam suatu ruangan. Elemen ini bertujuan mengalirkan energi positif dan negatif secara seimbang yang berimbas pada kesejahteraan hidup para penghuninya.

BACA JUGA :
8 Cara menata kamar tidur menurut feng shui, tidur lebih nyenyak dan cuan tetap ngalir


Misalnya menata perabotan dengan teknik feng shui dipercaya bisa membantu menciptakan energi positif seperti meja yang diletakkan pada area tengah atau bahkan pilihan warna ruangan. Nah, begitu juga dengan dekorasi teras rumah.

Mendekorasi teras rumah nggak asal sembarang lho, menurut ilmu feng shui dekorasi teras rumah harus sebaik mungkin supaya mendatangkan rezeki sekaligus memberikan kedamaian bagi anggota penghuni rumah tersebut.

Lebih jauh mengulik cara dekorasi teras rumah ala prinsip feng shui, yuk simak 6 cara mudah mendekorasi teras dengan prinsip feng shui. Disadur brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (15/6)

BACA JUGA :
8 Cara menata ruang tamu ala feng shui, alirkan energi positif dalam rumah

Cara mudah mendekorasi teras dengan prinsip feng shui.

foto: freepik.com

1. Tata meja bentuk bundar di area teras.

Teras rumah jadi tempat untuk bersantai penghuni rumah, karena itu penting untuk ditata sebaik mungkin. Termasuk dalam menata meja di teras, dalam ilmu feng shui meja teras sebaiknya berbentuk bundar agar menarik energi positif ke dalam rumah. Pasalnya sisi bulat pada meja terkesan lebih lembut sehingga dipercaya membawa ketenangan bagi anggota penghuni rumah.

Sementara jika meja berbentuk persegi mempunyai sisi siku yang tampak lebih tajam, sehingga ada rasa tidak nyaman sekaligus tidak aman bagi penghuni rumah.Selain itu, sisi tajam itu juga dianggap menghambat energi positif yang masuk ke rumah.

2. Pilih furniture teras dengan bahan logam.

foto: Istimewa

Nah, bahan logam identik dengan elemen dasar feng shui. Untuk menyeimbangkan energi yang ada di rumah maka di area teras perlu menempatkan furniture atau benda yang bernuansa logam.

Contohnya pot bunga atau hiasan lampu dengan unsur tersebut. Opsi lainnya kamu bisa menggunakan lonceng angin yang terbuat dari logam lalu letakkan di arah barat atau barat laut. Tujuannya memberikan kekuatan pada masa dengan yang penuh kreativitas dan ambisi untuk sukses.

3. Rapikan teras dengan menata taman.

foto: freepik.com

Umumnya area teras tidak terlepas dari halaman depan rumah yang dihiasi dengan taman. Menurut ilmu feng shui teras yang rapi dan bersih bisa mengalirkan energi positif dengan lancar pada penghuni rumah.

Oleh karena itu, pastikan area teras maupun halaman rumah selalu bersih. Tak lupa pula, merapikan semua barang-barang termasuk pot bunga, sampah yang berserakan, tumpukan barang dan sejenis dari teras rumah.

Usahakan teras rumah selalu bersih dan rapi, kebersihan rumah terutama di area teras menunjang kelancaran energi positif untuk terus masuk ke rumah.

4. Beri sedikit hiasan bunga cantik di area teras.

foto: freepik.com

Sebaiknya menempatkan bunga di beberapa sudut teras, nggak cuma terlihat estetik nan cantik namun memberikan kesan menyejukkan. Tanaman area teras dipercaya menjadi simbol kesehatan dan karunia dari Sang Maha Kuasa, oleh karena itu penting banget menghiasi teras dengan bunga-bunga.

Penempatan bunganya jangan sembarangan ya, sebab bukan membawa keberuntungan justru mengalirkan energi negatif secara masif. Untuk menata bunga, perhatikan warna bunganya. Warna orange perlu ditempatkan di arah selatan, sedangkan bunga dengan warna gelap atau hitam sebaiknya ditempatkan di arah utara.

Kemudian, untuk bunga yang berwarna putih di arah barat. Selanjutnya untuk bunga dengan warna pink, kuning muda, dan krem diletakkan pada arah timur. Penempatan ini bertujuan mengalirkan energi positif yang mendatangkan rezeki sekaligus kedamian pada penghuni rumah.

5. Hindari meletakkan tempat sampah dan septic tank di teras.

foto: freepik.com

Tong sampah maupun septic tank di area teras rumah. Pasalnya kedua benda memiliki sifat negatif, terlebih di area teras menjadi pintu utama untuk masuk ke dalam rumah. Kemudian, ketika tempat sampah dan septic tank berada di halaman depan atau teras dikhawatirkan energi negatif ikut masuk ketika penghuni rumah masuk ke rumahnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari energi negatif tadi maka harus menempatkan tong sampah dan septic tank di belakang rumah, sehingga teras akan tetap terasa sejuk dan membawa energi positif.

6. Menata tempat air di arah utara dan alat barbeque di arah selatan.

foto: freepik.com

Penataan selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah tempat air maupun alat barbeque. Misalnya jika teras rumah kamu luas maka sebaiknya buat air mancur di arah utara. Penataan ini dipercaya untuk menjernihkan pikiran yang stres usai seharian beraktivitas di luar.

Selanjutnya, alat barbeque identik dengan elemen api yang melambangkan kemakmuran, sehingga lebih cocok ditempatkan pada area selatan. Nah, jika kamu ingin menambah alat barbeque di area teras sebaiknya tempat di sisi selatan.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags