false
  1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
22 Oktober 2024 08:10

6 Level persahabatan di kantor yang pasti kamu rasain

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, seberapa dalam sih hubunganmu dengan teman-teman di kantor? Dwiyana Pangesthi
freepik.com/pressfoto

Brilio.net - Ikatan persahabatan dengan rekan kerja adalah salah satu hal yang bisa membuat hari-hari jadi lebih menyenangkan di kantor. Dari sekadar ngobrol santai di ruang istirahat hingga berbagi cerita pribadi, hubungan dengan teman kerja punya level yang berbeda-beda. Ada yang hanya sebatas rekan kerja, ada juga yang jadi sahabat dekat sampai berlanjut di luar kantor.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, seberapa dalam sih hubunganmu dengan teman-teman di kantor? Apakah hanya formal karena pekerjaan, atau sudah bisa saling curhat tentang hal-hal pribadi. Menariknya, level persahabatan di tempat kerja sering kali tumbuh perlahan seiring berjalannya waktu.

BACA JUGA :
Bikin kerja jadi nyaman, ini 10 tanda kantor benar-benar kayak keluarga kedua


Setiap level punya keunikannya masing-masing dan nggak jarang juga ada tantangan tersendiri di tiap hubungan persahabatan ini. Penasaran seperti apa level persahabatan di kantor? Berikut penjelasan detailnya, brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Selasa (22/10).

1. Level rekan kerja yang hanya saling sapa.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
9 Budaya kerja kantor yang bikin kamu nggak mau resign cepat-cepat

Ini adalah level paling awal dari persahabatan di kantor. Kamu hanya sebatas tahu nama dan sering bertemu di koridor atau lift. Biasanya, obrolan hanya seputar pekerjaan atau basa-basi singkat seperti "Selamat pagi" atau "Sudah makan siang?". Di level ini, interaksi belum terlalu mendalam karena mungkin kamu baru saja bekerja di kantor tersebut atau belum banyak kesempatan untuk berbicara lebih jauh.

2. Level teman ngobrol di ruang istirahat.

Setelah beberapa kali bertemu di pantry atau ruang istirahat, percakapan mulai berkembang lebih luas. Kamu mulai berbicara tentang topik ringan seperti cuaca, makanan, atau film yang sedang populer. Hubungan ini belum tentu melibatkan curhat atau cerita pribadi, tapi sudah ada sedikit kenyamanan ketika mengobrol. Biasanya, teman di level ini yang menemani kamu minum kopi atau makan siang di jam istirahat.

3. Level teman kerja se-tim.

foto: freepik.com

Ketika bekerja dalam tim, hubunganmu dengan rekan kerja otomatis akan lebih dekat. Kamu sering berdiskusi tentang proyek, berbagi ide, dan bahkan menghadapi stres pekerjaan bersama. Di level ini, kamu mulai bisa saling mengandalkan dan sering berkomunikasi di luar urusan pekerjaan juga. Mungkin kamu mulai bertukar pesan di luar jam kantor atau saling memberi saran terkait pekerjaan.

4. Level teman yang bisa diajak curhat.

Setelah cukup lama bekerja bersama, ada satu atau dua orang yang mulai bisa menjadi tempat kamu bercerita lebih pribadi. Kamu tidak hanya bicara soal pekerjaan, tapi juga mulai membuka diri tentang masalah pribadi atau perasaan. Di level ini, persahabatan di kantor mulai terasa lebih dalam, dan ada kepercayaan yang terbangun. Kamu merasa nyaman untuk curhat.

5. Level teman jalan-jalan di luar kantor.

foto: freepik.com

Kamu dan teman kantor yang sudah mencapai level ini mulai sering menghabiskan waktu bersama di luar jam kerja. Entah itu makan malam bersama, nonton film, atau bahkan pergi liburan bareng. Hubungan ini sudah tidak lagi terbatas di lingkungan kerja saja, melainkan menjadi pertemanan yang lebih personal. Kamu dan rekanmu berbagi pengalaman hidup di luar pekerjaan, yang membuat persahabatan ini terasa semakin erat.

6. Level sahabat dekat yang jadi seperti keluarga.

Ini adalah level tertinggi dalam persahabatan di kantor. Teman kerja yang awalnya hanya rekan, kini sudah berubah menjadi sahabat dekat, seperti keluarga kedua. Kamu bisa berbicara tentang apa saja, dari masalah pribadi, pekerjaan, hingga mimpi, dan harapan masa depan. Kamu dan rekanmu saling mendukung dalam berbagai situasi, baik di dalam maupun di luar kantor. Tidak jarang, sahabat di level ini akan tetap menjadi teman dekat meskipun kamu atau dia sudah pindah kerja ke tempat lain.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags