false
  1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
15 Oktober 2024 15:30

Arti nama 6 cucu Presiden Joko Widodo, unik penuh unsur Jawa

Anak pertama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang bernama Bebingah Sang Tansahayu. Muhamad Ikhlas Alfaridzi

Brilio.net - Presiden Jokowi sudah punya enam cucu yang semuanya diberi nama-nama unik dengan sentuhan khas Jawa. Terbaru, adalah cucunya yang baru lahir yang merupakan anak pertama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang bernama Bebingah Sang Tansahayu.

Nama-nama cucunya ini nggak cuma terdengar indah, tapi juga punya makna filosofis yang dalam, yang pastinya terinspirasi dari tradisi dan budaya keluarga besar Presiden.

BACA JUGA :
Momen lucu Jan Ethes ngebut kejar Jokowi ngonthel di Jogja, tingkahnya bikin Paspampres kewalahan


foto: X/@bobbynasution_

Menariknya, nama-nama cucu Jokowi ini adalah perpaduan antara modern dan tradisional, tapi tetap kental dengan unsur-unsur Jawa. Kayaknya, keluarga Presiden memang ingin menanamkan rasa cinta pada budaya leluhur lewat nama-nama ini. Selain keren, nama-nama ini juga mengandung doa dan harapan besar untuk masa depan cucu-cucu kesayangannya.

BACA JUGA :
Interaksi Jan Ethes bikin video bareng Nikita Mirzani ini gemesin, sikapnya disebut duplikat sang ayah

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (15/10), berikut ini kita bakal bahas arti di balik nama keenam cucu Presiden Jokowi. Nggak cuma soal bagaimana nama itu terdengar, tapi juga makna-makna penting yang terkandung di dalamnya. Yuk, kita intip satu per satu artinya!

1. Jan Ethes Sri Narendra

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Jan Ethes Srinarendra cucu pertama Jokowi. Jan adalah anak pertama dari putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda. Jan Ethes lahir pada 10 Maret 2016.

Dalam bahasa Jawa, Jan artinya 'sangat', kemudian Ethes berarti 'cekatan'. Sementara Sri Narendra berarti 'pemimpin yang cerdas'.

2. Sedah Mirah Nasution

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Kedua ada cucu Jokowi yang bernama Sedah Mirah Nasution. Anak ini merupakan putri dari pasangan anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu dan menantunya Bobby Nasution. Sedah Mirah lahir pada Rabu, 1 Agustus 2018 di Jakarta.

Berasal dari bahasa Jawa, nama Sedah Mirah mengandung sebuah harapan agar putrinya menjadi anak menawan, soleha dan dermawan bagi orang-orang sekitar. Adapun Nasution merupakan marga dari pihak sang ayah yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Medan.

3. La Lembah Manah

foto: Instagram/@selvie_ananda_

Anak perempuan Gibran dan Selvi ini memang tak seterkenal sang kakaknya. Adik Jan Ethes ini lahir pada 16 November 2019.

La Lembah lahir di RS PKU Muhammadiyah Solo. Pada saat kelahirannya, Iriana Jokowi sendiri yang menjemputnya di rumah sakit dan terlihat menyorot perhatian karena menggendong La Lembah dengan menggunakan jarik.

Menurut Gibran, La Lembah merupakan nama yang diambil dari gabungan Bahasa Jawa. Harapannya sang anak perempuan akan tumbuh menjadi pribadi yang rendah hati.

La diambil dari singkatan Bahasa Jawa yang berarti luwes anakku, lomo anakku. Luwes dan lomo yang merupakan sifat berarti fleksibel, cepat beradaptasi, dan senang berbagi.

4. Panembahan Al Nahyan

foto: YouTube/Sekretariat Presiden

Selanjutnya ada Panembahan Al Nahyan Nasution. Ia merupakan anak kedua dari Kahiyang dan Bobby. Cucu keempat Jokowi ini lahir pada 3 Agustus 2020 lalu di RS YPK Mandiri.

Namanya sendiri spesial punya makna yang spesial. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Panembahan adalah orang yang dijunjung atau levelnya berada di bawah gelar Sultan atau Raja Besar.

Sedangkan, untuk Al Nahyan adalah kata yang berasal dari bahasa Arab yang artinya seorang yang bijak. Nama ini juga menjadi salah satu marga paling terhormat untuk keluarga di Uni Emirat Arab. Sementara, Nasution merupakan marga dari sang ayah, yakni Bobby Nasution.

5. Panembahan Al Saud

foto: Instagram/@ayanggkahiyang

Cucu Jokowi yang selanjutnya diberi nama Panembahan Al Saud Nasution. Nama tersebut mirip dengan kakaknya yang dipanggil Nahyan.

Anak bungsu pasangan Kahiyang dan Bobby ini lahir melalui operasi caesar di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Kamis (25/8/2022) pagi.

Diketahui, Saud merupakan salah satu nama raja di Arab Saudi. Selain itu, dalam Bahasa Arab, saud atau su'ud juga memiliki arti keberuntungan dan seseorang yang diberkahi. Sementara nama depannya 'Panembahan' adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti orang yang dijunjung tinggi selevel sultan atau raja.

6. Bebingah Sang Tansahayu

foto: Instagram/@erinagudono

Anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep baru saja dikaruniai buah hati. Anak pertamanya yang bernama Bebingah Sang Tansahayu ini lahir pada Senin 14 Oktober 2024 pukul 07.02 pagi dengan berat 3.4 kg dan panjang 50 cm. Sang ibu, Erina Gudono sendiri menjalani proses persalinan di RSIA Bunda Menteng, Jakarta Pusat.

"Alhamdulillah lancar dan sehat ibu dan bayinya," kata Aryo Bimmo selaku juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menerangkan kabar baik tersebut pada wak media, Selasa (15/10).

Kaesang sendiri belum mengungkap makna dari nama anaknya tersebut. Meski begitu, menelusuri dari berbagai sumber, Bebingah sendiri dalam bahasa Jawa punya arti "senang". Sedangkan Tansahayu artinya "selamanya".

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags