1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
19 Juni 2024 09:25

Bantu turunkan berat badan dan perut rata, ini 12 minuman alami penghancur lemak perut

Banyak sekali resiko yang harus diambil jika obesitas, bahkan menyebabkan kematian. Niko Sulpriyono
Headline: freepik.com

Brilio.net - Berat badan yang tidak ideal atau obesitas seringkali menyiksa. Bukan hanya sulit melakukan aktivitas saja, obesitas juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Banyak sekali resiko yang harus diambil jika obesitas, bahkan menyebabkan kematian.

Melansir dari p2ptm. kemkes.go.id menyatakan bahwa jumlah penduduk dewasa (usia di atas 18 tahun) di Indonesia yang mengalami obesitas mengalami peningkatan. Berdasarkan Pemantauan Status Gizi (PSG) Kementerian Kesehatan, sekitar 25,8 persen penduduk dewasa tergolong obesitas pada 2017. Jumlah itu melonjak dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 10,6 persen.

BACA JUGA :
Cegah obesitas sejak dini, ini 8 superfoods yang wajib dikonsumsi anak selama masa pertumbuhan


Menurut penelitian Cut Novianti Rachmi dan Alison Baur, perempuan yang tinggal di daerah perkotaan memiliki peluang obesitas lebih tinggi sebesar 1,26 kali dibandingkan dengan yang tinggal di pedesaan. Ini sejalan dengan hasil survei Kemenkes yang menyebutkan sekitar 29,7 persen perempuan tergolong obesitas.

Sementara pada laki-laki jumlahnya hanya 11,4 persen. Adapun Jakarta merupakan provinsi yang penduduk dewasanya paling banyak mengalami obesitas, disusul Aceh, Jawa Timur, dan Riau. Resiko yang harus ditanggung tidak main-main, karena obesitas berpotensi menjadi penyakit seperti jantung, darah tinggi dan diabetes.

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa obesitas erat kaitannya dengan penyakit. Namun kamu jangan khawatir, ada beberapa minuman yang bisa kamu coba untuk meratakan perut dan menghempas lemak jauh dari tubuh kamu. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (18/6) inilah 12 minuman alami penghancur lemak perut.

BACA JUGA :
Membentuk kebiasaan sehat, ini 7 strategi cegah obesitas anak sejak dini

Minuman alami penghancur lemak perut

Lemak perut harus segera diatasi. Selain berolahraga secara rutin kamu juga bisa mencoba minuman yang secara alami menghancurkan lemak perut. Adapun 12 minuman alami penghancur lemak perut sebagai berikut:

1. Teh hijau

foto: freepik.com

Melansir dari healthline.com, teh hijau dapat membantu menghilangkan lemak di perut secara alami. Senyawa antioksidan katekin yang terkandung dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu mengurangi berat badan dan menghilangkan lemak di perut. Selain itu, teh hijau juga tidak mengandung kalori dan tidak memerlukan gula tambahan, sehingga menjadi minuman yang seimbang dan efektif untuk membantu menghilangkan lemak di perut

2. Teh hitam

Teh hitam memiliki kandungan polifenol, senyawa antioksidan yang berfungsi merangsang pemecahan lemak. Jadi minuman teh hitam juga bisa menjadi alternatif untuk menghancurkan lemak di dalam perut.

3. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat, senyawa yang berfungsi untuk menurunkan kadar insulin di dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, dan menekan nafsu makan. Cuka apel menjadi alternatif yang baik untuk kamu, agar mampu melangsingkan dan meratakan perut dan bebas dari lemak tubuh.

4. Air putih

foto: freepik.com

Air putih juga membantu kamu untuk menurunkan berat badan . Air putih tidak memiliki kalori alias nol kalori. Bahkan ketika minum air putih dalam jumlah yang banyak bisa menekan nafsu makan dan bisa menurunkan porsi makan akibat lapar.

5. Teh jahe

Minuman herbal ini kaya akan antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membantu kamu membakar lemak dan mengatur gula darah di dalam tubuh. Selain itu, teh jahe bisa menjaga gula darah agar tetap stabil dan menjadi alternatif yang pas untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan gingerol pada jahe bisa meningkatkan pengeluaran kalori. Manfaat lainnya, teh jahe juga bisa membantu mengurangi nafsu makan, meredakan flu, mual, atau pegal-pegal.

6. Air lemon

foto: freepik.com

Alternatif lainnya yang bisa kamu coba adalah air lemon. Mengonsumsi air lemon di pagi hari dapat meningkatkan hidrasi sekaligus merangsang kerja metabolisme sehingga tubuh kamu siap untuk membakar kalori. Selain itu, air lemon tanpa tambahan gula juga mengandung nol kalori, sehingga mengganti minuman berkalori seperti jus jeruk atau soda lemon dengan air lemon murni adalah cara terbaik untuk mengurangi asupan kalori harian.

7. Infused water

Infused water dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu mengurangi berat badan dan menghilangkan lemak di perut. Selain itu, Infused water dapat menekan nafsu makan, sehingga membantu mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan dan menghilangkan lemak di perut.

8. Jus sayur

Jus sayur mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu mengurangi berat badan dan menghilangkan lemak di perut. Jus sayur juga dapat menekan nafsu makan, sehingga membantu mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan dan menghilangkan lemak di perut.

9. Jus buah

foto: freepik.com

Jus buah mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu mengurangi berat badan dan menghilangkan lemak di perut. Selain itu, Jus buah dapat melepaskan lemak jahat dari tubuh, sehingga membantu menghilangkan lemak di perut.

10. Minuman tinggi protein

Minuman tinggi protein dapat menguntungkan bagi tubuh seperti bubuk whey. Protein whey yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme dna melancarkan pencernaan. Selain itu, minuman tinggi protein dapat berkontribusi membangun massa otot jika melakukan olahraga rutin.

11. Kopi

Kopi juga bisa menjadi alternatif yang jarang diketahui. Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak bisa terjadi. Perlu digarisbawahi, jangan mencampurkan gula atau pemanis untuk minuman kopi.

12. Susu rendah lemak

Jika kamu gemar mengonsumsi susu, maka usahakan minum susu yang rendah lemak. Kandungan minuman susu rendah lemak hanya sekitar 1-2 persen sehingga kamu tidak takut akan berat badan.



SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags