false
  1. Home
  2. »
  3. Ragam
25 Oktober 2024 17:10

Biar makin semangat berangkat kerja, ini cara tingkatin motivasi meski kerjaan numpuk

Motivasi sangat penting untuk menjaga produktivitas, terutama saat beban kerja terasa berat. Sri Jumiyarti Risno
freepik.com/tirachardz; jcomp

Brilio.net - Bangun pagi untuk berangkat kerja memang nggak selalu mudah, apalagi kalau pekerjaan sudah menumpuk. Terkadang, semangat berangkat kerja bisa hilang karena tekanan yang datang dari banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan motivasi agar lebih bersemangat.

Motivasi sangat penting untuk menjaga produktivitas, terutama saat beban kerja terasa berat. Kalau rasa malas sudah mulai muncul, kinerja bisa ikut menurun dan pekerjaan malah makin nggak selesai-selesai. Dengan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa menemukan kembali semangat untuk menjalani hari kerja dengan lebih ringan.

BACA JUGA :
8 Kegiatan seru di kantor setelah jam kerja yang bikin kamu nggak mau cepat pulang


Mengelola motivasi bisa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti merapikan meja kerja atau membuat daftar prioritas tugas. Aktivitas kecil ini dapat membantu meringankan pikiran dan memberi rasa kontrol atas pekerjaan yang menumpuk. Semakin kamu terorganisir, semakin mudah untuk menghadapi pekerjaan dengan lebih percaya diri.

Nah, berikut ini cara tingkatin motivasi meski kerjaan menumpuk yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (25/10).

Cara tingkatin motivasi meski kerjaan numpuk

BACA JUGA :
Nggak cuma laptop, ini 7 barang yang selalu ada di meja karyawan produktif

cara tingkatin motivasi meski kerjaan numpuk
freepik.com/freepik

1. Buat daftar prioritas

Kalau kerjaan lagi numpuk, bikin daftar prioritas bisa jadi penyelamat. Kadang kamu bingung mau mulai dari mana, tapi dengan bikin daftar, kamu bisa lihat mana yang paling penting dan harus dikerjakan duluan. Dengan begitu, kamu nggak merasa terlalu kewalahan karena udah punya panduan yang jelas. Selain itu, bikin daftar ini juga bikin kamu nggak gampang terdistraksi buat multitasking yang kadang malah bikin ribet sendiri.

2. Pecah kerjaan jadi tugas-tugas kecil

Ngelihat satu tugas besar sering bikin kamu langsung malas, karena kelihatan berat banget. Tapi, coba deh pecah tugas besar itu jadi langkah-langkah kecil. Dengan cara ini, setiap kali berhasil nyelesain satu tugas kecil, kamu bakal merasa lebih puas dan termotivasi buat lanjut. Rasanya kayak dapet progres yang nyata dan pekerjaan jadi lebih mudah diatur.

3. Kasih reward buat diri sendiri

Siapa sih yang nggak suka dikasih hadiah? Nah, kamu bisa lho kasih reward buat diri sendiri setelah nyelesain tugas. Nggak perlu yang mahal atau mewah, cukup istirahat sejenak, ngemil, ataupun nonton video lucu sebentar. Reward kecil ini bikin otak kamu tetap semangat karena ada hal menyenangkan yang nunggu di akhir tugas. Selain itu, hal ini juga bisa bantu kamu jaga keseimbangan antara kerja keras dan enjoy hidup.

4. Jangan lupa istirahat yang cukup

Seringnya, motivasi hilang bukan karena kerjaan numpuk, tapi karena badan dan pikiran udah capek banget. Jadi, kalau udah mulai nggak fokus atau ngerasa lelah, nggak ada salahnya buat istirahat sebentar. Tidur yang cukup di malam hari juga penting banget buat nge-recharge tenaga. Setelah istirahat, kamu bakal lebih siap serta semangat lagi buat ngerjain tugas-tugas yang ada.

5. Ubah suasana kerja

Kadang motivasi turun karena bosen sama suasana kerja yang gitu-gitu aja. Coba deh ubah suasana dengan tata ulang meja kerja maupun kerja di tempat yang beda, misalnya di kafe atau coworking space. Suasana baru bisa bikin mood kamu jadi lebih baik dan semangat kerja pun balik lagi. Lingkungan yang nyaman dan fresh bakal bikin kamu lebih betah buat nyelesain tugas.

6. Inget tujuan jangka panjang

Pas kerjaan lagi berat-beratnya, coba deh ingat lagi apa sih tujuan besar kamu dalam karier. Entah itu pengen naik jabatan, belajar skill baru, atau ngejar target tertentu, ingat tujuan ini bisa jadi motivasi ekstra. Dengan begitu, kamu bisa lihat tumpukan tugas sebagai bagian dari proses menuju kesuksesan yang lebih besar. Setiap tugas jadi terasa punya arti lebih besar dari sekedar nyelesain pekerjaan aja.

7. Cari dukungan dari teman kerja

Nggak ada salahnya buat curhat atau minta dukungan dari teman kerja saat lagi ngerasa kewalahan. Kadang ngobrol sama orang lain bisa bikin pikiran lebih ringan dan dapat sudut pandang baru buat nyelesain tugas. Kamu juga bisa minta bantuan serta diskusi bareng buat cari solusi yang lebih gampang. Dukungan dari teman kerja juga bikin kamu ngerasa nggak sendirian, serta itu bisa ningkatin semangat.

8. Bikin rutinitas yang teratur

Punya rutinitas harian yang teratur bikin hidup lebih gampang. Dengan pola kerja yang jelas, kayak kapan mulai, kapan istirahat, hingga kapan selesai, kamu jadi lebih fokus sekaligus nggak gampang kebingungan. Rutinitas yang baik bantu tubuh dan pikiran lebih terbiasa kerja di waktu tertentu, jadi energi kamu lebih maksimal. Selain itu, kerjaan pun jadi lebih gampang diatur sehingga nggak terasa terlalu berat.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags