1. Home
  2. »
  3. Ragam
13 Mei 2024 07:28

Bukan diolesi pasta gigi atau minyak, ini 7 cara ampuh untuk pertolongan pertama luka bakar

Nyatanya, pasta gigi dan minyak dapat memperparah luka bakar. Brilio.net
Jangan mengupas kulit yang mengelupas.

5. Konsumsi obat pereda sakit atau nyeri.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
5 Cara sederhana dan ampuh mengobati luka bakar, kamu bisa buktikan!


Jika korban merasakan sakit dan nyeri yang begitu kuat, kamu bisa memberikan obat pereda sakit dan rasa nyeri untuk membantu meredakan rasa nyeri tersebut. Obat pereda nyeri yang bisa dengan mudah kamu jumpai yaitu seperti Parasetamol atau Ibuprofen. Namun, perhatikan dosis mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Bila korban sudah tidak merasakan nyeri berlebih, maka segeralah hentikan konsumsi obat-obatan tersebut. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai obat tambahan yang diperlukan korban jika dibutuhkan untuk membantu penanganannya lebih optimal.

6. Jangan mengupas kulit yang mengelupas.

BACA JUGA :
10 Cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami

foto: freepik.com

Biasanya setelah proses mendinginkan luka bakar, akan muncul area di sekitar luka yang mengelupas. Akan tetapi, janganlah kamu mengupas area yang mengelupas itu. Dikarenakan kulit yang mengelupas itu adalah jaringan kulit baru yang berfungsi sebagai lapisan pelindung kulit yang juga berguna dalam proses perbaikan jaringan kulit selanjutnya.

Tetaplah tenang dalam menangani efek luka bakar yang terjadi. Jika kamu merasakan rasa sakit yang semakin parah, segeralah konsultasikan hal itu ke dokter terkait.

7. Segera lakukan tindakan medis dan berkonsultasi dengan dokter ahli.

foto: freepik.com

Langkah final dalam memberikan pertolongan pertama luka bakar yaitu dengan merujuk korban agar melakukan tindakan medis. Konsultasi dengan dokter dapat memberikan penanganan yang lebih tepat ketimbang orang awam. Tindakan medis juga berguna sebagai langkah pengecekan apakah luka bakar yang telah ditangani sudah membaik atau malah semakin buruk.

Perawatan lebih lanjut secara intensif akan dilakukan bilamana korban memerlukannya. Patuhi segala instruksi yang disampaikan oleh dokter. Hal itu berguna bagi korban dan pendamping agar mampu memberikan penanganan yang lebih baik setelah usai melalukan tindakan medis.

Perlu diingat bahwa cara di atas adalah tindakan pertolongan pertama, alangkah lebih baik jika korban segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut agar luka bakar lekas sembuh. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

(Mgg/Zidan Fajri)

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags