1. Home
  2. »
  3. Ragam
10 Oktober 2024 05:30

Cara bikin catatan keuangan ala Kaluna ‘Home Sweet Loan’ di spreadsheet, pengeluaran lebih terkontrol

Catatan keuangan yang dibuat Kaluna di Home Sweat Loan dianggap bisa diadaptasikan dalam kehidupan nyata. Sri Jumiyarti Risno
foto: freepik.com

Brilio.net - Belum lama ini netizen tengah heboh membahas sebuah film fenomenal, sebab related dengan kehidupan masyarakat saat ini. Yup, apalagi kalau bukan film Home Sweet Loan. Film ini mengisahkan kehidupan seorang wanita generasi sandwich yang diadaptasi dari novel karya Almira Bastari.

Tak cuma akting para pemainnya yang bikin kagum, namun setiap aspek di dalamnya cukup menguras emosi para penonton. Bagaimana tidak, polemik kehidupan perempuan pekerja kantoran yang tinggal bersama orang tua dan kakak-kakaknya namun harus menanggung beban keluarga.

BACA JUGA :
7 Cara mengatur uang mingguan buat pelajar, masih cukup untuk jajan atau beli barang impian


Padahal si tokoh utama bernama Kaluna tengah berjuang keras menabung untuk membeli rumah impiannya sendiri. Namun, hal itu tak mudah sebab ia generasi sandwich yang dituntut untuk membiayai keluarga besarnya.

Namun nggak cuma itu yang menarik perhatian para penonton namun cara Kaluna dalam mengatur keuangan ramai dibincangkan netizen. Pasalnya catatan keuangan yang dibuatnya dianggap bisa diadaptasikan dalam kehidupan nyata.

Tak heran bila banyak yang penasaran bagaimana cara membuat Spreadsheet keuangan secara terperinci seperti milik Kaluna tersebut. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat catatan keuangan ala Kaluna Home Sweet Loan di spreadsheet, brilio.net sadur dari akun X @andreqve, Kamis (10/10).

BACA JUGA :
15 Cara menghasilkan uang dari rumah bagi pelajar, modal internet bisa cuan berkali-kali lipat

Cara membuat catatan keuangan di spreadsheet

1. Kamu bisa buka aplikasi Google Spreadsheet atau Microsoft Excel di laptop kamu. Sign-in dan buat akun sendiri supaya lebih mudah mengecek kembali. Pada catatan keuangan ini terdapat 4 sheet berbeda namun saling terhubung.

2. Buat annual budgeting sheet. Buatlah kolom sesuai gambar dengan jumlah pemasukan per bulan, kolom untuk saving, hingga total budgeting. Di sheet pertama ini ada 3 catatan sekaligus yakni income, tabungan dan budgeting pengeluaran.

foto: X/@andreqve

3. Monthly budgeting summary. Setelah membuat budgeting bulanan di sheet nomer 1, kemudia ringkasannya akan otomatis muncul di sheet budgeting summary. Selanjutnya, pilih menu list bulan, lalu menyesuaikan ulang rekening untuk masing-masing budgeting.

foto: X/@andreqve

4. Untuk akun yg bisa diatur di budgeting summary ini maksimal 3. Alasan efisiensi layout. Jadi flownya kurang lebih: Gaji masuk ke akun 1 > dipecah lagi ke 3 akun utama buat masing-masing penggunaan. Nah, pada akun turunannya, assign berdasarkan preferensi.

foto: X/@andreqve

5. Selanjutnya buatlah spending tracker sheet. Buatlah data terpisah untuk mencatat pengeluaran real. Data ini nantinya akan direkapitulasi setiap bulan lalu disandingkan dengan data budgeting.

foto: X/@andreqve

6. Kemudian ada monthly report dashboard. Data dari sheet budgeting (gaji, tabungan), hingga spending tadi diolah sedemikian rupa jadi report ini. Semua data dashboard ini otomatis berubah jika menu bulannya diganti.

foto: X/@andreqve

7. Terakhir, buatlah lifetime assets tracker yakni selain 4 sheet di atas yang terhubung satu sama lain, siapkan 1 sheet individual yang fungsinya untuk mencatat aset keuangan. Misal punya emas, saldo BPJS, saham, dll. Dicatat agar tahu total nilai seluruh aset yang kamu miliki

foto: X/@andreqve

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags