1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
24 September 2024 08:30

Dipengaruhi kebiasaan manusia saat naik kapal, ini alasan kenapa pintu masuk pesawat ada di sisi kiri

Penasaran nggak sih, kenapa pintu masuk penumpang kapal ada di sebelah kiri? Editor
foto: Freepik.com/wirtock

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa penumpangnaik pesawatdari sisi kiri? Seorang TikToker bernama Dougie Sharpe menjelaskan bahwa ini ada hubungannya dengan kebiasaan manusia saat menggunakan perahu. Menurutnya, sejak zaman dahulu, sisi kiri perahu adalah tempat yang digunakan untuk memuat dan menurunkan penumpang.

Haltersebutmembuat logistik lebih mudah dibawa dan memungkinkan kapal untuk berlayar dari pelabuhan ke pelabuhan dengan efisien. Seiring berjalannya waktu, muncul kesepakatan tidak tertulis bahwa sisi kiri digunakan untuk bongkar muat kapal. Ini memudahkan banyak orang dalam membangun pelabuhan dan menjelaskan mengapa sisi kiri kapal dalam bahasa Inggris disebut 'port side', sedangkan sisi kanan disebut 'starboard'.


Ketika manusia beralih dari perahu ke pesawat, para insinyur mempertahankan konsep ini dan merancang bandara serta pesawat agar penumpang selalu memuat dan menurunkan dari sisi kiri. Michael Oakley, seorang redaktur pelaksana The Aviation Historian, juga menambahkan bahwa banyak praktik penerbangan yang berasal dari tradisi maritim.

Misalnya, banyak istilah penerbangan yang diambil dari pengetahuan tentang kapal, seperti kemudi, kokpit, dan kabin. Hal ini menunjukkan bahwa cara penerbangan banyak dipengaruhi oleh pelayaran. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa pintu penumpang pesawat selalu berada di sisi kiri. Menurut akun Instagram @pesawatr80, penempatan pintu di sebelah kiri bertujuan untuk memisahkan aktivitas penumpang dari kru di luar pesawat.

foto: Pexels/Asad Photo Maldives

Pintu di sisi kiri juga membantu agar pekerjaan kru tidak terganggu, sementara bagasi dikelola di sisi kanan. Penggunaan sisi kiri sebagai pintu masuk juga berlaku di maskapai internasional lainnya. Pabrik pesawat merancang pesawat dengan standar ini. Dari segi keamanan, bandara dirancang agar pesawat bisa berhenti di depan terminal untuk mengeluarkan penumpang, dengan pilot yang mengontrol jarak sayap pesawat dari gedung terminal.

Alasan lain mengapa pintu pesawat berada di sisi kiri adalah karena di sisi kanan terdapat tangki bahan bakar. Pemisahan ini mengurangi risiko cedera akibat kendaraan yang bergerak di sekitar pesawat. Otoritas Penerbangan Sipil Inggris juga menegaskan bahwa akses masuk pesawat selalu dibuat di sisi kiri untuk menghindari pergerakan kendaraan di sisi kanan.

Dengan semua alasan ini, jelas bahwa penempatan pintu masuk pesawat di sisi kiri bukan tanpa alasan. Ini adalah hasil dari sejarah panjang yang menghubungkan penerbangan dengan tradisi maritim.

Source: liputan6.com / Dinny Mutiah
Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang dengan bantuan Artificial Intelligence dengan pemeriksaan dan kurasi oleh Editorial.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
MOST POPULAR
Today Tags