1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
15 Juni 2024 22:00

Liburan wajib mampir, ini 8 soto legendaris di Jogja yang tak pernah sepi pengunjung

Dijamin nggak bakal nyesel deh~ Niko Sulpriyono
Headline: Instagram/@sotopakmarto & Brilio/@Muhammad Riski Yusrial

Brilio.net - Ketika liburan, hal pertama yang terpikirkan adalah wisata kulinernya. Ngomong-ngomong soal kuliner, Jogja menjadi salah satu tempat wisata yang kaya akan kuliner makanannya. Berbagai makanan tersedia di Jogja, salah satunya adalah soto.

Soto di Jogja seolah-olah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sudut kota. Soto merupakan makanan yang Hampir ada di seluruh Indonesia. Namun jika kamu sedang berkunjung ke Jogja wajib mampir ke soto legendaris di kota pelajar ini.

BACA JUGA :
13 Resep soto daging untuk buka puasa, lezat, enak, segar, dan bikin nagih


Soto legendaris di Jogja telah lama berdiri dan sangat diminati oleh banyak orang, bahkan jarang sekali sepi pengunjung. Penasaran kan, dimana aja soto legendaris Jogja recomended dan patut dicoba ketika melancong kesini? Berikut 8 soto legendaris di Jogja yang tak pernah sepi pengunjung.

1. Soto Pak Marto

foto: Instagram/@sotopakmarto

BACA JUGA :
15 Resep soto daging sapi kuah bening ala rumahan, gurih, segar, dan sederhana

Soto Pak Marto merupakan salah satu warung soto yang sangat terkenal di Jogja. Soto Pak Marto menawarkan kesegaran dan keunikan rasa yang dicampur dengan perasan jeruk nipis di kuahnya. Ciri khas Soto Pak Marto yaitu kuah soto yang bening pasti menggugah selera. Soto tak lengkap jika tak ditemani oleh lauk tambahan, Soto Pak Marto menyediakan hati hingga lidah. Berikut harga satu porsi Soto Pak Marto:

Soto Pak Marto
Harga : Rp 12.000 ribu
Alamat : Jalan Letjen S.Parman Nomor 44, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta.
Sate : Rp 4.000 ribu

2. Soto Kadipiro

foto: Brilio/@Muhammad Riski Yusrial

Soto Kadipiro merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang sangat diburu oleh wisatawan yang berkunjung. Soto legendaris ini berdiri sejak 1928. Soto Kadipiro memiliki aneka pilihan lauk.

Satu porsi Soto Kadipiro berisi kubis, seledri, daging ayam, tauge, perkedel dan bawang goreng. Lauk yang disediakan seperti ceker, tahu, tempe hingga kerupuk rambak siap menanti para pengunjung soto kadipiro. Adapun harga yang harus dibandrol dari Soto Kadipiro sebagai berikut:

Soto Kadipiro
Harga : Rp 20.000 ribu
Alamat: Jalan Wates No.33, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jogja.

3. Soto Sampah

foto: Brilio/@Muhammad Riski Yusrial

Soto Sampah Jogja sudah populer sejak tahun 1970 an. Nama awal dari soto sampah ini adalah Soto Simak atau Soto Becak. Dahulu disebut demikian karena rata-rata orang yang membeli berprofesi sebagai tukang becak.

Usut punya usut soto ini disebut sampah karen penampakan nya yang terkesan berantakan. Namun jangan salah, meski tidak tertata rapi, soto sampah ini menjadi idaman banyak pengunjung karena rasanya yang sangat enak dan menggugah selera. Adapun harga dari soto sampah sebagai berikut:

Soto Sampah
Harga : Rp 6.000-10.000 ribu
Alamat: Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Soto Pak Sholeh

foto: Instagram/@sotopaksholehyk

Soto pak sholeh telah lama berdiri, yaitu sekitar 1959. Dahulu soto pak Sholeh dijual secara berkeliling dengan dipikul di skeitar alun-alun Yogyakarta, dan pada tahun 1982 pemiliknya Muhammad Sholeh membuat warung soto di jalan Wiratama hingga kini.

Soto Pak Sholeh terkenal dengan dagingnya yang melimpah, sehingga tak heran Soto Pak Sholeh tidak pernah sepi pengunjung. Resep yang dipakai juga sudah turun temurun yang terdiri dari isian nasi putih, potongan kubis, taoge, daun seledri, taburan bawang goreng dan potongan daging sapi segar.

Perlu diketahui daging yang digunakan adalah daging segar bukan daging beku sehingga menghasilkan soto yang gurih dengan aroma yang khas. Adapun alamat dan harga dari Soto Pak Sholeh sebagai berikut.

Harga : Rp20.000 ribu
Alamat: Jalan Wiratama, Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

5. Soto Bathok Mbah Katro

foto: Instagram/@sotobathokmbahkatro

Sesuai dengan namanya Soto Bathok Mbah Katro menggunakan bathok kelapa. Uap hangat yang mengepul dari soto dengan taoge dan irisan daging sapi ini menggugah selera. Soto ini telah menjadi idaman para pengunjung karena kemasan yang unik dan tentunya menyegarkan. Adapun alamat dan harga Soto Bathok Mbah Katro sebagai berikut:

Harga : Rp 6.000 ribu
Alamat: Jalan Candi Sambisari, Yogyakarta, Indonesia.

6. Soto Pites

foto: Brilio/@Muhammad Riski Yusrial

Soto Pites adalah soto daging sapi dan kuah bening yang siap menggoyang lidah para pengunjung. Soto Pites yang membedakan dari soto lainnya adalah cabai rawit yang dipites (dipencet) menggunakan ibu jari. Dari situlah Soto Pites dikenal oleh orang banyak. Rasa nya yang gurih dan segar menjadi hidangan khas Soto Pites. Adapun harga yang dibandrol dari Soto Pites sebagai berikut:

Harga : Rp. 10.000 ribu
Alamat: Ps. Beringharjo, Lantai 1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

7. Soto Pak Dalbe

foto: Brilio/@Muhammad Riski Yusrial

Soto ayam Pak Dalbe memiliki kuah yang gurih dan kaya akan rempah. Dilengkapi dengan toping ayam kampung yang jarang dipakai di tempat soto lainnya. Dijamin bikin lidahmu bergoyang karena kesegaran Soto Pak Dalbe. Adapun harga dan alamat Soto Pak Dalbe sebagai berikut:

Soto Pak Dalbe

Harga : Rp 12.000 ribu
Alamat: Jalan Jend. Sudirman, Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

8. Soto Mbah Marmo

foto: Brilio/@Muhammad Riski Yusrial

Soto Mbah Marmo menawarkan kesegaran soto bening dan wangi karena aroma harum bawang goreng ketika dihirup baunya. Dilengkapi dengan jeruk menambah kesegaran yang tiada tara. Soto Mbah Marmo dilengkapi dengan lauk pendamping seperti tempe, sayap, dan kepala ayam. Adapun harga dan alamat yang harus dibandrol Soto Mbah Marmo sebagai berikut:

Harga : Rp 5.000 ribu
Alamat: Jl. Laksda Adi Sucipto di samping Hotel New Saphir Yogyakarta.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags