1. Home
  2. ยป
  3. Ragam
29 Agustus 2023 00:02

Macam-macam rumus Excel dan penjelasannya, bikin pekerjaanmu cepat beres

Banyak orang mengandalkan rumus dalam Microsoft Excel untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi pekerjaan mereka. Ida Setyaningsih
1. Rumus Excel matematika dasar

1. Rumus Excel matematika dasar

foto: freepik.com

BACA JUGA :
11 Aplikasi Microsoft yang jarang diketahui tapi punya banyak fungsi


Rumus Excel matematika ini memuat penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian adalah dasar dari penggunaan Excel. Rumus-rumus ini memungkinkan kamu untuk melakukan perhitungan sederhana pada angka-angka di dalam sel. Misalnya, rumus penjumlahan "=A1+B1" akan menjumlahkan nilai dari sel A1 dan B1.

Contoh:

Penjumlahan: =A1 + B1

BACA JUGA :
9 Aplikasi perkantoran yang bantu permudah pekerjaan kamu

Pengurangan: =A2 - B2

Perkalian: =A3 * B3

Pembagian: =A4 / B4

2. Rumus Excel fungsi statistik

Excel memiliki berbagai rumus statistik yang mempermudah analisis data. Rumus-rumus ini meliputi rata-rata ("=AVERAGE"), median ("=MEDIAN"), dan standar deviasi ("=STDEV"). Dengan mengaplikasikan rumus ini pada kumpulan data, kamu bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pola dan karakteristik datanya.

Contoh:

Rata-rata: =AVERAGE(A1:A10)

Median: =MEDIAN(A1:A10)

Standar Deviasi: =STDEV(A1:A10)

3. Rumus Excel logika

Rumus Excel logika ini berupa IF, AND, dan OR yang memungkinkan kamu untuk membuat keputusan berdasarkan kondisi yang diberikan. Misalnya, rumus IF ("=IF") memungkinkan kamu untuk memberikan nilai berbeda tergantung pada apakah suatu kondisi terpenuhi atau tidak.

Contoh:

Fungsi IF: =IF(C2 > 50, "Lulus", "Gagal")

Fungsi AND: =IF(AND(A2 > 30, B2

foto: freepik.com

4. Rumus Excel teks

Rumus teks memungkinkanmu buat memanipulasi dan memformat data teks. Salah satu contoh adalah CONCATENATE ("=CONCATENATE") yang digunakan untuk menggabungkan beberapa teks menjadi satu string. Rumus LEFT ("=LEFT") dan RIGHT ("=RIGHT") dapat digunakan untuk mengambil bagian tertentu dari teks.

Contoh:

Fungsi CONCATENATE: =CONCATENATE("Nama: ", A2, " ", B2)

5. Rumus Excel pencarian dan referensi

Rumus-rumus seperti VLOOKUP ("=VLOOKUP") dan HLOOKUP ("=HLOOKUP") memungkinkan kamu untuk mencari nilai dalam tabel dan mengambil nilai terkait dari kolom atau baris yang sesuai. Rumus INDEX-MATCH merupakan alternatif yang lebih fleksibel untuk pencarian data.

Contoh:

Fungsi VLOOKUP: =VLOOKUP(A2, RentangData, 2, FALSE)

Kombinasi INDEX-MATCH: =INDEX(KolomB, MATCH(A2, KolomA, 0))

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags